Tentang Knalpot Byson


Knalpot Byson tampil lain dari pada yang lain. Model midship muffler dengan catalytic converter. Menurut Muhammad Abidin, Asisten GM Servis PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) di dalamnya terdapat material semacam platinum dan paladium yang fungsinya dapat mengurangi CO dan HC. Tak heran jika ongkos produksinya lumayan mahal. “Sekitar 10 persen dari harga motor,” kata dia di sela-sela test ride Byson, di Sentul International Karting Cirkuit (SIKC), pekan lalu.

Berat total knalpot Bson mencapai 5 kilogram. “Oleh sebab itulah penempatannya khusus di center of gravity motor, agar balancing sempurna,” ujarnya. Midship Muffler Byson terdiri dari tiga bagian: kataliser, primary chamber, dan silencer.

Tak hanya Byson, motor produksi terkini pun rata-rata sudah mengadopsi catalyctic converter. Karena berfungsi menyaring polutan dari pembakaran mesin bensin. Soal copot-mencopot atau ganti knalpot itu tergantung masing-masing individu. Pengen berperilaku hijau atau tidak. Toh, hidup itu memang pilihan. Saya pikir brother semua cukup bijak dalam memilih. Betul?

*Cara kerja Catalyctic Converter di sini

**Apa itu catalyctic converter ada di sini

33 pemikiran pada “Tentang Knalpot Byson

  1. wah gak hijau dong, baru ganti siijo pake knalpot racing nih. tapi gimana lagi dengan berat segini ditambah anak istri, tarikan siijo berat banget rasanya.

  2. Di situs daytona global jg ada kan perbandingan berat total knalpot mereka denga knlapot byson
    daggrex 1.9kg vs std 5.3 kg.

  3. “Pengen berperilaku hijau atau tidak. Toh, hidup itu memang pilihan. Saya pikir brother semua cukup bijak dalam memilih. Betul?”
    ==================================================
    Salah satu pertimbanganku klo mau beli suatu produk, termasuk disini R2, ya yang ramah lingkungan, salah satunya penggunaan catalytic converter selain penyempurnaan ruang bakar

  4. Setuju!!! Apapun Mtornya, yang terpenting jg mengutamakan keramahan thd lingkungan..hindari polusi bung, Hijau itu indah,,

  5. di sebutkan diatas harga knalpot bisa sampai 10% dari cost produksi motor,seandai saya ke dealer yamaha dan beli byson tanpa knalpot bisa dapet kortingan 10% juga dong cash 18.9 jt tanpa knalpot jadi 17.01 jt wih bakalan laris ini

  6. mank ada jg baiknya ketentuan EURO2 bg pabrikan motor yah…….
    buktinya saat ini catalityc converter menjadi pilihan utama pabrikan motor…..
    tp utk pasar motor nasional,
    pabrikan motor apa yah yg pertama kali pake ????
    saluuuttttt dech……….

  7. jelas sudah tentang knalpot byson, semoga tidak ada bakar2an dan black cammpaign terkait knlapot dan CC byson.

    @ shu enk :
    mungkin sengan ditambah AIS saja bis lulus euroII, tapi inget FZ 16 adalah produk global yamaha..dengan tambahan CC jelas tingkat polusinya lebih rendah jika dibanding dengan hanya memakai AIS saja..So, green motor lah

    tambahan info untuk AIS

    The Air Induction System mixes air into exhaust gas; the Yamaha AIS is directing air into the engine for exhaust cooling. This also aids the catalytic converter & meeting emissions. Valve deposits are insignificant when AIS is part of the EFI (Electronic Fuel Injection), proving it does aid proper combustion in a stock system.

    any question?

  8. Dari awal saya gak yakin kalo berat catalis sampai 5 kg, kalo berat kenalpot total 5 kg saya rasa lebih masuk akal…

    tapi mboh laghh… rung tau mbedah kenalpot’e isuzu bison sehhh… 😀

  9. Ooooo ini nih yang bikin lemot si Byson

    ya ibarat Banteng kena sembelit…………makanya serudukannya tidak maksimal……..karena terganggu sembelitnya
    wkwkwkwkwkw
    mungkin nggak hewan herbivora kena sembelit, kana makanannya serat semua

Tinggalkan Balasan ke Awakku Batalkan balasan