Mesin Minerva-Sachs Megelli 250 dari Thailand


tiga-direktur-tiga-bangsa
Kiri-Kanan : Kristianto Goenadi, Presiden Direktur PT Minerva Motor Indonesia, Hartmun Huhn, Direktur Sachs Bikes, Jerman, dan Barry Hall, Managing Director Megelli, UK, saat meluncurkan tiga model motor Minerva, di Jakarta, Selasa (28/4).

Terjawab sudah rasa ingin tahu saya dari mana mesin 250 cc yang dicantolkan di sangkar Megelli dari Inggris itu. Mesin dipercayakan pada Tigermotor Thailand untuk dikembangkan dan diproduksi. Tigermotor Thailand selama ini memproduksi mesin 135 cc dan 250 cc. Mesin 250 cc itu dipakai untuk sepeda motor merek Tiger.

mesin-minerva-250m
Mesin Minerva Sachs, bodi Megelli.

Selain memproduksi sepeda motor sendiri, Tigermotor juga memproduksi dan merakit Sachs MadAss 125 maupun KikAss 125. Tigermotor juga memproduksi motor komersil beroda tiga dan sepeda motor listrik.

Lalu apakah mesin Tiger 250 itu yang dipasang di Minerva 250? Menurut Piti Manomaiphibul, President Tigermotorcycle Thailand, karakter kedua mesin motor itu berbeda. “Yang ini (Minerva 250) lebih bagus,” katanya ketika berbincang kepada saya di sela-sela peluncuran Minerva Sachs 250, di Hotel Sultan, Selasa (28/4).

piti-director-tiger-motor-thailand
Piti Manomaiphibul, President Tigermotorcycle Thailand

Apa sudah diuji durabilitinya tanya saya? Secara garis besar Piti menjawab begini :

“Kami hanya mengembangkan sektor mesin. Pengujian keseluruhan bukan kami yang melakukan. Karena ini mesin baru yang dipasang pada model Megelli. Tapi saya lihat cukup bagus.”

Hartmun Huhn, Direktur Sachs Bikes, dalam acara yang sama, menegaskan, mesin yang dibuat Tigermotor Thailand merupakan strategi global perusahaan. Menurut saya tentu ini terkait dengan efisiensi produksi. Seperti yang biasa dilakukan pabrikan otomotif besar seperti GM, Mercedes-Benz, BMW, Toyota, Honda, dan sebagainya.

Soalnya, kata Huhn, di tengah situasi krisis ini pasar motor di Eropa menurun hingga 30 persen. “Kami melihat pasar motor di Indonesia besar pertumbuhannya. Kerjasama dengan Minerva akan meluaskan pasar kami,” kata Huhn.

minerva-250-r

Meski dikembangkan di Thailand, perakitan dilakukan di Indonesia. “Semua proses produksi dilakukan di Indonesia,” tegas Kristianto Goenadi, Presiden Direktur PT Minerva Motor Indonesia (MMI) di tempat yang sama. Kandungan lokalnya, Kristianto melanjutkan, mencapai 15 persen. “Itulah kenapa harga jual di Indonesia lebih murah dibandingkan di negara lain.”

MMI memasarkan Minerva 250 S (naked bike) seharga Rp 25,9 juta, sementara tipe 250 M (supermoto) dijual Rp 26,9 juta, dan tipe sport fairing (250 R) diniagakan Rp 28,9 juta. Semuanya harga on the road Jakarta.

minerva-250-s

Bagaimana peluang ketiga model ini di pasar Tanah Air? Bro Stephen Langitan, biker blogger yang saya temui di sela-sela peluncuran yakin bahwa harga yang dipatok MMI masuk akal. “Saya yakin laris dengan harga dan model seperti ini,” ujar Stephen.

Bagaimana dengan sektor rangka yang bermerek Megelli itu?

Penjelasan datang dari Simon Brown, Global Sales Director Megelli, Ltd, UK. ”Sejak awal kami mendesain motor untuk dapat dipasarkan di seluruh dunia. Rangka Megelli dapat dipasang mesin berbagai ukuran. Dari 50 cc sampai 250 cc. Hanya perlu penyesuaian penempatan,” papar Brown.

minerva-250-m

Jadi, inilah motor peranakan tiga bangsa: Indonesia, Inggris, dan Jerman. Anda pilih yang mana?

233 pemikiran pada “Mesin Minerva-Sachs Megelli 250 dari Thailand

  1. kdang sperty mtor cina kn ada peru han warna tmpat lampu n body bila sudah beberapa tahun. mungkin karna bhan untuk pembuatan kurang baguz.
    kalau minerva sep
    erty itu tidak??

  2. k0q profil blok nya bergerigi gtu ya??
    Pnya sodara ku, bntuk blok mesinya halus mcam kya vixi ato cbr150r gtu??
    Truz jga ada liquid cooled nya??

  3. buat kawan2 fans minerva magelli250…ane mau nanya ni…
    spare part magelli250 bisa di dapat di mana ya…???
    soalx rencana mau beli minerva magelli250…
    oh ya di makassar ada g dialer minerva magelli250

    thanks…..

Tinggalkan komentar