Misteri Megelli 250


megelli-125m_guide

Selalu ada alternatif di tengah stagnasi model. Terus terang saya bosan dengan model motor pabrikan Indonesia yang itu-itu saja. Kalau AISI (Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia) bilang, sih, cuma ada tiga golongan:underbone, scooter, dan sport.

Underbone alias bebek, meski sayap dan body semakin runcing, tetap begitu saja bentuknya. Scooter (otomatic/skutik), yang lagi nge-trend, modelnya, menurut saya juga nggak istimewa. Sedangkan sport ala AISI, tetep telanjang konvensional. Yang berbaju (fairing) cuma diwakili Ninja 250R.

megelli-sports-125cc-g

Nah, alternatif itu ada di tangan PT Minerva Motor Indonesia (MMI) yang berani menggandeng Megelli untuk memasarkan tiga model sport: supermoto, naked, dan sport (fairing). Sejatinya, Megelli yang berpusat di Inggris itu hanya memproduksi mesin berkapasitas 125 cc, baik yang sport, naked, maupun supermoto. Sebanyak 75 persen komponen motor 125 cc itu diproduksi di Taiwan. Sementara sebagian yang lain dirakit di Cina.

Sementara Megelli yang rencananya diluncurkan Minerva akhir April ini menggotong mesin 250 cc. Lalu darimana mesin seperempat liter itu berasal?

megelli-125-mesin
Mesin Megelli 125 buatan Taiwan. Lihat di blok mesin.

Menurut Eddy Susanto, Marketing Manager MMI, mesin 250 cc itu diambil dari pengembangan Sachs Bikes, Jerman. “Sejak awal khan kami sudah menjalin kerjasama dengan Sachs,” kata Eddy melalui pesan singkat, Selasa (24/4).

Jika begitu lalu apa “sumbangan” Megelli? Khusus untuk produk baru ini, lanjut Eddy, Megelli “menyumbang” sektor model – yang menurut saya out of the box, dan saya pikir menjadi selling point utama produk ini.

megelli-speedometer

Intinya, Minerva Indonesia, Eddy memaparkan, telah menjalin global aliansi dengan produk Jerman dan Inggris. Tepat seperti yang dipaparkan rekan saya Bro Taufik di sini.

Dengan aliansi dua merek itu lalu apa nama yang akan diperkenalkan? Jagad biker, terutama biker pengarung dunia maya sudah “terlanjur akrab” dengan merek Megelli. Mungkinkah nama ini yang akan disandingkan dengan Minerva?

megelli-naked-125cc-yellow

Ternyata tidak! Eddy menegaskan, nama motor sport 250 cc terbaru itu akan menggunakan merek Minerva Sachs 250. Nama itu akan menempel di ketiga varian: supermoto (M), naked (S), dan sport (R). Hayooo pilih yang mana?

54 pemikiran pada “Misteri Megelli 250

Tinggalkan komentar