Kanzen Hybrid : Bahan Bakar Gas 3 Kg


Kanzen Hybrid berbahan bakar gas. Basisnya dari Kanzen Ultima.

Kanzen Hybrid berbahan bakar gas. Basisnya dari Kanzen Ultima.

Kanzen, produk lokal buatan PT Inti Kanzen Motor (IKM) tampil inovatif di Jakarta Motorcycle Show (JMS) 2008. Berbasis Taurus Ultima, IKM membuat sepeda motor pertama di Indonesia dengan bahan bakar gas dan bensin (hybrid/hibrida).

Tabung gas mengadopsi tabung 3 kg mirip keluaran Pertamina.
Ditambah konverter di dekat tangki gas dan perangkat tambahan di karburator, motor pun bisa melaju normal.

Kanzen Hybrid. Sepeda motor pertama di Indonesia dengan bahan bakar gas dan bensin.

Kanzen Hybrid. Sepeda motor pertama di Indonesia dengan bahan bakar gas dan bensin.

Secara teori, kata salah satu penjaga stan Kanzen, tabung gas 3 kg itu dapat digunakan menempuh jarak hingga 250 kilometer.

Menurut Nono Sumarno, Product Desain IKM, gas yang digunakan adalah liquid petroleum gas (LPG), seperti yang biasa dipakai sehari-hari di dapur rumah tangga.

Karburator dilengkapi perangkat khusus agar bisa mengkabutkan gas LPG. Sudah dipatentan oleh Kanzen.

Karburator dilengkapi perangkat khusus agar bisa mengkabutkan gas LPG. Sudah dipatentan oleh Kanzen.

Bagaimana kalo gas habis? Secara otomatis mikro elektronic control unit (ECU) memerintahkan klep bensin untuk membuka. “Begitu pula jika bensin habis, dan mau berganti gas, akan berpindah secara otomatis.”

Indikator gas dan bensin di panel spidometer. Lihat lingkaran kuning.

Indikator gas dan bensin di panel spidometer. Lihat lingkaran kuning.

Lalu ngisi gasnya dimana? Nah, ini yang masih menjadi kendala. SPBU gas saat ini masih terbatas di Jakarta saja. Namun, lanjut Nono, tabung gas itu dapat diganti dengan tabung 3 kg yang ada di pasaran. “Jadi selain refill juga bisa replace.”

Konverter gas LPG yang terpasang di bawah jok Kanzen Hybrid.

Konverter gas LPG yang terpasang di bawah jok Kanzen Hybrid.

Untuk sementara, kata Nono Sumarno, Kanzen Hybrid, ini masih dalam bentuk prototype (purwarupa). “Masih terus diuji.”

Sebuah terobosan inovatif yang patut diacungi jempol. Hidup Kanzen!

About these ads

36 responses to “Kanzen Hybrid : Bahan Bakar Gas 3 Kg

  1. Wow, superb blog layout! How long have you been blogging for? you make blogging look easy. The overall look of your site is magnificent, as well as the content!. Thanks For Your article about Kanzen Hybrid : Bahan Bakar Gas 3 Kg | alonrider .

  2. Wow, awesome blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look easy. The overall look of your web site is wonderful, let alone the content!. Thanks For Your article about Kanzen Hybrid : Bahan Bakar Gas 3 Kg | alonrider .

  3. harganya berapa, trus bahaya ngga kalau ada jalan yang berlubang…maksudnya bocor ga gasnya…

  4. soal tiru meniru produsen kita cepet banget…, saran saya sih kalau memang sudah aman cepet saja patenkan dan luncurkan … tinggal nanti muncul varian lagi yang lebih oke
    kalau SMK bisa tentunya kazen juga bisa
    selamat untuk kazen indonesia

  5. santai mas bro,,urusan per lpg an gampang,,konverter itu fungsinya menurunkan tekanan dari tabung lpg,,bisa di akali,,switch dan macem2 nya klo ngerti elektronik juga bukan hal yg baru,biar aman,,tepat dekat tabung lpg pasangi selenoid,,saya lagi kutak katik,,buat motor berhasil,,lagi ngarah ke mobil bensin 2300 cc,,mohon dukungan do a nya,,,akan sy desain se aman mungkin,,,tapi fokus mobi,motor ber carburator saja,,karena sy masih tinggal di luar negri,,,pulang tentu ingin membawa perubahan ke otomotif kita,,

  6. sekarang sudah saatnya kanzen produksi motor hybrid, pasti laku asal dengan harga ekonomis, hidup kanzen pelopor motor hybrid ( sekalian dong untuk mobil).

  7. saya Dio, mahasiswa desain produk industri Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.
    saya mengamati produk dan inovasi Kanzen yang satu ini dan saya berniat ingin mendesain body dan tampilan dari Kanzen hybrid ini untuk riset tugas akhir saya..kalo dari segi teknis dan permesinan serta struktur rangka, saya tidak utik2 karena pasti itu sudah melalui riset dari pihak pabrikan. hanya body luar dari Kanzen Ultima yg menurut saya pribadi masih kurang menarik..karena itu saya berniat mendesain motor ini.
    saya sudah mengirimkan proposal dan portofolio ke pihak pengembangan produk Kanzen. semoga bisa terealisasi dan dapat menjadi kerjasama yg baik bagi kedua belah pihak.

  8. di daera kediri /nganjuk denger2 ada pompa air motor bensin/diesel yang asalnya pke bb minyak tanah ganti degn gas LPG 3 kg, bener gk ya???? tolng infonya

  9. Nah ini yang ptut diacungi jempol…
    selain kualitasnya bagus, buatan anak pribumi pula..
    semangat kanzen….!!!

  10. hidup produk dalam negeri….., ngomong-ngomong design
    yang inovatif kaya punyanya minerva suchs yg baru

  11. hidup kanzen

    eh kalo bisa model motornya jgn cuma trail, yg bebek biasa jg.ntar kalo ada cewek yg mo bli gmn?

    kan banyak parkiran motor di surabaya yg gak ada atapnya trus kalo motor diparkir dan dijemur seharian gmn tuh?

    apa gak meledak tuh sitabung gasnya?

  12. Inovasi yang menarik dan menjanjikan. keep up the good work.

    Tinggal masalah promo, purna jual yang baik, dan design motor yang asik.

  13. bye bye pom bensin…..
    welcome warung warung
    mo ngisi bensin…eh gas, ada gas 3 kiloannya bu? hehehe..ini percakapan yang sering dipakai pemilik kanzen ini ntar. tapi kerennn banget aplikatif dan sangat berguna

    hidup kanzen, pesan buat mang no : tolong desainin motor kanzen yang lebih keren donkkk, biar makin laku

  14. inovasi yang baguz! lanjudkan! tapi jangan lupain safety,,gas 3kiloan banyak kasus.. trus kalo 3kg gas bisa buat 250km, berarti sktr 80km/kg donk,,gas 3kg 15rebuan, lumayan irit..
    tinggal tampilan aja yang masih haruz lebih berinovasi lagi..

  15. bro mo nanya klo dua2nya (gas & bensin) penuh yg dipakek bahan bakar mana dulu?

    Bro Bagas, kalo bensin dan gas penuh, tergantung ridernya. mau pilih jalan pakai gas atau bensin. Ada saklar manualnya bro. Misal, jalan pertama pilih gas, terus di tengah jalan gas habis. Nah, secara otomatis switch akan berpindah ke mode bensin. Kata Mang No, di dalam Kanzen Hybrid itu ada mikro electronic control unit (ECU). Lumayan canggih to?

  16. waduh,,..
    pokoknya kalo tabung harus kudu yg kuat dan bagus bahan nya..
    sayang P***t euy..
    bisa gosong kalo bocor trus meledak.. hehehehe

    btw Hidup Kanzen..!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s