Masa Pakai Kartu SIM Kian Pendek?


Konon, ponsel cerdas memicu usia pakai kartu SIM semakin pendek.

image

Ini kali kedua saya mengganti kartu subscriber identity modul (SIM, SIM card) Telkom Flash yang ada di sabak klasik Galaxy Tab 7.0 terhitung sejak akhir 2011.

Pergantian pertama pada 2012 silam. Saya lupa bulan apa. Yang saya ingat, kartu SIM Flash saat itu, tiba-tiba mejen, bengong, terlongong-longong.

Sudah diutak-atik di setingan sabak, tak kunjung mangkus. Akhirnya menyerahkan diri ke Gerai Halo di Cibubur Point. Usai dicek, solusinya ya ganti kartu SIM๐Ÿ™‚

Prosesnya gampang. Serahin KTP atau identitas diri lainnya, tunggu sekitar 15 menit, dan kartu SIM baru siap dipasang. Tak dipungut biaya apapun untuk penggantian kartu SIM baru tersebut.

Nah, kejadian itulah yang berulang pada Jumat pekan lalu. Kartu SIM sekonyong-konyong mandul sinyal. Dari pengalaman tahun lalu, akhirnya kartu SIM pun diganti baru di Gerai Halo Cibubur Point. Gratis๐Ÿ™‚

Jika dirata-rata, hampir tiap tahun kartu SIM Flash minta upgrade. Padahal kartu SIM Indosat Matrix yang saya gunakan sejak 2003 hanya pernah berganti sekali saja, karena aus.

Bagian pelayanan pelanggan Gerai Halo Cibubur menjelaskan, bahwa kartu SIM yang digunakan untuk ponsel cerdas maupun tablet, dari Blackberry, Android, sampai iOS, rata-rata berumur setahun.

“Hampir tiap hari para pengguna ponsel pintar dan tablet yang mengganti kartu SIMnya,” kata mbak pelayan pelanggan – yang lupa saya tanya namanya karena kurang cantik:mrgreen:

Masuk akal juga.
Kartu SIM Indosat Matrix yang saya gunakan selama ini hampir tak pernah ‘bersetubuh’ dengan ponsel pintar atau sabak digital. Ponsel yang saya gunakan, tanpa OS, hanya berfungsi untuk berkirim sandek atau menelepon.

Seingat saya, kartu SIM Matrix ini hanya pernah ‘one night stand’ di sabak klasik ketika berada di Singapura, Oktober lalu. Itu pun karena, Matrix langsung memberikan promo paket murah ketika berada di luar negeri, berkaitan dengan operator jejaring mereka di manca negara.

Soal masa pakai kartu SIM, saya teringat obrolan dengan Sarwoto Atmosutarno pada 2012 lalu. Saat itu, beliau masih menjabat sebagai orang nomor satu di Telkomsel, anak usaha Telkom.

Saat itu, di ruangan kerjanya, Pak Sarwoto mengatakan, kurang lebih sebagai berikut: Kartu SIM itu dirancang untuk tahan sekitar 5 juta ‘hit’.

‘Hit’ yang dimaksud yaitu ‘sentuhan’ atau akses ke kartu SIM secara elektrik. Bisa saat mengetik sandek, memencet nomor telepon, menelepon, meramban, dan semacamnya.

Jadi, mungkin ada benarnya, jika ponsel pintar dan gawai sejenisnya memperpendek usia kartu SIM๐Ÿ™‚

Eh, mas bro udah ganti kartu SIM berapa kali?

Posted from WordPress for Android

29 responses to “Masa Pakai Kartu SIM Kian Pendek?

  1. dari 2009 ini XL masih awet.. dipake di smartphone terus.. dari Symbian UIQ, Windows Mobile 6.1 ama Android sampe sekarang itu juga gonta-ganti terus handset yg android..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s