(Komstir Vixion-2) : Ini Protolannya…


Komstir (race ball) Vixion ada dua, atas dan bawah. Yang paling mahal merek Koyo dengan kode SAC 3048-1 dan SAC 3048. Penempatannya ada bawah. Di situs Yamaha Indonesia, nama part itu tertulis Bearing, Steering Upper. Saya nggak tahu angka-angka itu kode apa. Yang jelas harganya Rp 318 ribu.

Komstir satunya lagi, anehnya, nggak ada merek. Polos. Telanjang. Mirip artis-artis  JAV itu. :mrgreen:

Komstir JAV itu, eh, polos itu lokasi pemasangan di bagian atas. Terdiri dari race ball 1, race ball 2, dan retainer. Harganya murah. Total ketiganya Rp 71 ribu.

Ini dia penampakan protolan komstir oblak Vixion 😦

Kiri : komstir bawah (bearing steering upper), kanan : komstir atas (race ball 1, 2, retainer ball bearing, dan cover race ball 2)

Setelah saya teliti, dan berdasar analisis awam, sepertinya yang terluka cukup parah adalah Si Koyo yang ada capnya Japan itu. Dindingnya baret-baret. Kok kualitas Japan begitu ya? Hmm…

Komstir Vixion saya mulai gejala tidak beres di kilometer 20 ribuan. Sempat sekali diservis komstirnya, namun tak bertahan lama. Akhirnya si oblak harus diganti baru.

Masih berminat membeli Vixion? Wani piro? :mrgreen:

Salam oblak !!!!

36 pemikiran pada “(Komstir Vixion-2) : Ini Protolannya…

  1. Mas bro vixi ane kena yg bawah aj jarah tempur 40k, qra2 bsa bli ketengan gak iy d dealer yg bwah donk biar murah,,,

  2. Saya ikut nimbrung masbro… 7 Tahun New Vega R110 sy, baru oblak kemaren.. baru 98.000km-an lah.. nah masalahnya ini komstir mahal gak? mau sy pasang sendiri…

  3. motorku dulu baru kilometer 2ribu sudah bunyi juga! ku biarin sampe kilometer 20 ribu akhirnya tak tahan juga,ku ganti dgn merek skr harga 75ribu!

  4. ternyata vixiku setelah 30000…oblak juga.padahal dalan lek sitik wae tak ati2 mlakune..tetep mas bro oblak komstire.

  5. hari ini tgl 30 Mei 2011, sy beli komstir vixion,
    no parts 5BP F3875 00 Rp. 30ribu,
    no parts 5BP F3873 01 Rp. 81 ribu,
    No parts 183 WF234 00 Rp. 67 ribu
    Total Rp. 178.000,-
    Apa udah turun ya?

  6. analisa orang awam seperti saya :
    dari sisi desain Vixion itu nungging, otomatis titik tumpu beban cenderung kedepan, ditambah lagi rangka deltabox yang rigid dan suspensi depan yang liat. otomatis komstir menjadi korban tumpuan beban dan getaran. kalau materialnya gak jempolan bisa dipastikan bubar jalan. 😀
    kalau analisa saya salah biarkan saja wong saya orang awam kok! :mrgreen:

  7. omahmu ki wis melu wilayah indonesia pora,..ko vixion anyar oblak,..dalan nggonmu ki bekas kali yow akeh krikil watu kang,…kikikikkkwkwwkwkwkkwk

  8. Dicatet kang… bar diganti anyar kabeh, kuat pirang ewu kilo ??

    KOmstir GL-Pro… gak pernah oblak !!!!

  9. motorku stelah menembus 50 ribuan kilometer baru ganti komsteer mas, tapi skarang udah di kilometer 69 ribuan, ada indikasi deteksi mekanik gejala rumah komsteernya yang ‘kena’

  10. hm…kok malah yg dari japan yg kualitas ny jeblok, tpi ane dpt info dr mekanik beres ad komstir alternatif 275rebu aja…kyk ny yg 275rebu ini buatan lokal (ato mungkin komstir motor merk lain yg kebetulan sama plek bs masuk)…hm…
    *ikutan kompor jgn beli vixion, harga komstir nya nggilani…xixixixi

    1. ganti koyo cabe wae kang biyar murah meriah,,,,
      klo menurut q memeng bnar beban smua brtumpu di depan, trus design nya jg jelek gx sesuai karo beban yg d pikul, kudune designere di pecat wae ganti aku.
      salam laker oblak…..

Tinggalkan Balasan ke lekdjie Batalkan balasan