Kuliner Mudik (2): Ayam Kampung Mbah Karto, Gurih Tenan!


Jika Anda singgah sementara waktu di Solo, cobalah menyempatkan diri ke Sukoharjo, 15 kilometer arah Selatan Kota Solo. Tepatnya di Jalan Jaksa Agung R. Soeprapto No.8. Bukan sembaranng tempat, karena di situlah lokasi Ayam goreng kampung Mbah Karto yang kondang itu.

Jangan bandingkan dengan ayam pedaging atau petelur yang ginuk-ginuk. Ayam kampung Mbah Karto ini ukurannya relatif kecil, sekitar 3/4 ayam pedaging. Meski begitu, ketika sudah siap dimakan, wooooo….. bisa lupa menghitung uang di kantong:mrgreen:

Rasanya benar-benar gurih. Dagingnya empuk, sedikit kenyal tapi lunak. Dipadu dengan sambal trasi mentah, nasi bakul panas, dan lalapan, nyamleng tenan! Minumnya, kalau siang hari paling cocok es teh manis yang bukan teh celup itu.  Alis es teh manis tubruk.

Berapa harganya? Nah, ini yang saya lupa. Waktu mudik Lebaran lalu, sehabis makan lupa ngitung. Langsung bayar saking enaknya!:mrgreen:

Sertifikat higienis🙂

Pokoknya, ayam kampung yang merupakaan menu warisan turun temurun ini – saat ini dikelola anaknya – sangat direkomendasikan untuk tujuan wisata kuliner.  :-)

Oiya, warung makan ini juga unik, karena berbentuk limasan, kas rumah Jawa Tengah. Dindingnya gebyok (papan kayu). Di dalamnya terdapat meja panjang berderet. Jadi, sembari makan silakan menikmati suasana ala pendopo yang unik.

Ini lokasinya:  7° 40′ 22.24″ S 110° 50′ 16.79″ E . Silakan diklik, besarkan, dan cari tanda panah hijau. Dengan bantuan Google Maps temukan arah dan panduan ke lokasi.

*Bonus : Di warung Mbah Karto ada makanan jajan pasar yang disebut Madumongso. Terbuat dari beras ketan hitam yang dibuat tapai. Namun dibungkus dengan kertas krep (kertas minyak) warna-warni. Agak sulit sekarang ini menemukan Madumongso. Mungkin di pasar-pasar tradisional masih ada yang menjual.

14 responses to “Kuliner Mudik (2): Ayam Kampung Mbah Karto, Gurih Tenan!

  1. kayaknya beda ya rasa madumongso made in solo/yogya dengan madumongso jember?
    yang jember rada kering, kalo yogya basah dan berminyak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s