“Tuk-tuk-tuk”
Bunyi itu terdengar setiap roda menerabas lubang jalanan. Pun saat melintas halangan di jalan sepelan apapun. Gejalanya muncul tiga bulan belakangan ini. Deteksi mekanik di bengkel resmi (beres) adalah komstir kendor. Dikencengin tetap saja bunyi mengelutuk. Penerawangan kedua, oli shockbreaker berkurang, meski tak ada tanda kebocoran. Ditambah oli shockbreaker, bebunyian itu tetap stagnan. Akhirnya, Minggu kemarin, kepala mekanik beres memutuskan menelanjangi kaki-kaki dan komstir untuk dicek.
Komstri dibongkar total. Dibersihkan dan dicek alur dan bantalan peluru (gotri). Indikasinya, pelumas (gemuk) mengering. Untungnya, bantalan peluru dan alurnya tidak masih OK. Pasang lagi dan dioles pelumas (gemuk).
Tahap dua, kuras oli shockbreaker. Ealah, olinya kok udah encer? Maklum, walau umur Ki Cepot baru 13 bulan tapi kilometer sudah mendekati 23 ribu 😀 .
Usai dibersihkan, langsung dituang oli shockbreaker anyar. Ternyata, “perut” shockbreaker Ki Cepot butuh 3,5 botol oli 😦 . Usai dipasang seperti semula, mulailah test jalan. Alhamdulillah, bebunyian ala lenong itu punah. Tuntas, tas, tas!!! Lega rasanya. Soalnya, sinyalemen terburuk adalah musti ganti komstir yang harganya plus ongkos pasang nyaris setengah juta rupiah. 😦
Lesson learnednya. Jika odometer sudah mencatat angka dikisaran 22 ribuan kilometer (lebih bagus di 20 ribuan kilometer) sebaiknya ganti oli shockbreaker dan ganti pelumas komstir. Demi keselamatan di jalan bro! 😀
Di buku manual memang tidak terperinci untuk mengganti oli shockbreaker ataupun melumasi ulang bantalan peluru komstir pada kilometer tertentu. Masukan bagi ATPM manapun, sebaiknya dalam buku manual juga dituliskan penggantian berkala oli shockbreaker dan pelumas komstir. Bagaimana?
asekkkkkkkkkkkkkkk,………………………….mahal motornya ya wajar
Vixy ane udah 65.000 km, kata orang BERES komstirnya kena harganya 425.000 termasuk ongkos pasang 😦 😦
ada yang tahu hara komstir vixy yang murah….
Ganti oli shock kena berapa mas bro ?????
gan mw nanya nih….
kmu punya motor udah pernah ganti air raditor ga….??
cz saya blum pernh gnti2 nih tktnya nanti ad apa2….
dah dua thn gan…..
kalo liat dari kebersihan spidonya sepertinya ini motor terawat, beda ma vixy ane gan baru 19rb dah kucel T.T
Hhmmm… aneh menurut saya… vixion sayah udah 61700 km buat luar kotanan terus dan lom pernah ganti oli sok sama sekali kok gak papa sok dpnnya ya??.. Hmmm… harus dianalisa dulu nih…
ya kl KM 61 ya tgal makenya gmn komandan,kl makenya sering jeglong2 ya g awet emang smua kendaraan pemakainya sama?????
hemmm….
smashku dah nyampe 31 rebuann,,,mesti ganti oli shock ya,,,
minta ah ma anak ka**ba,,hehehhe
*cari gratisan.com
Ongkos servicenya piro mas ??? dirinci dunk soale Vixi-ku nyaris 20rb KM 😀
Ongkos bongkar komstir dan shockbreaker Rp 30 ribu. Oli shock breaker depan @ Rp 12 ribu x 4 = Rp 48 ribu.
Total Rp 78 ribu.
Murah to? 😀
*prosesnya yang lama 2 jaman
**bisa sambil ngetwit ampe batere drop
bang nadi.. tak uuk

bany nadi.. tak uuk
air matamu bang..menetes dipipi..
wooo uwoo uwoo…
Wah, neng kene malah kumat maning
default’e pancen kumat ngono…. nak lagi “waras” berarti tanda2 sirah’e bar ketatap mejo
wah motorku keknya harus ganti oli shockbreaker dan ganti pelumas komstir neh, udah 45.000-an fufufu 😀
Numpang Promosi om : 50 tahun Suzuki di kancah Balap Dunia (Habis)
http://motorkencang.wordpress.com/2010/08/17/50-tahun-suzuki-di-kancah-balap-dunia-part-5-2000s/
om nadhi, vixi ku 2th dah 52000km…, koq ngalamin yang kya om nadhi bilang y?
cuman sekarang tarikan ny yg agak lemot apa hruz genti kanpas kopling…? coz di buku servis ga djelasin juga kpan hruz genti kampas kopling…., ada yang tau ga km brp kira” hruz gnti kampaz kopling?….
mohon pencerahanny….
Mas dicek ketebalan kampas koplingnya di bengkel. Ada kok alat ukurnya. Nanti ketahuan harus ganti kampas kopling atau ganti motor sekalian. Ups!
gnti mtor byson y maz…..? good idea…hehehe thanxz om
Huuuusss, kreditnya belum lunas. Lebih trengginas Vixion ah 😀
Vixiku dah berumur 22 bln dgn pencapaian 23,9rb km. Alhamdulillah shock / komstir masih normal. Cuman kemaren ada gejala bunyi nguuung…spt ban nggesek benda. Aku cek gak ada gesekan ban. Dicek lagi suara kyk brasal dari radiator, aku cek air radiator normal. Kalo ditambah kecepatan tambah kenceng suaranya. Tapi cuman jarak 1 km. Abis itu gak nongol lagi suara itu, ya udah tak cuekin. Kira2 apa penyebabnya bro Nadi…?
Waduh, aku juga gak tahu mas. Coba dicek kipas radiator. Siapa tahu kotor dan putaran gak lancar waktu panas. 😀
sehari berapa kilo bro mantab bener tuh kilometre
Sehari cuma 80 km pergi-pulang. 🙂
cdi,kontak,master rem nduwur,kempol rem mburi,kampas mburi,blum servis+ganti oli mesin..
Masih nambah flasher,aki,klakson,starter pancal,standar tengah juga tampaknya..
3minggu yg melelahkan akibat kebo yg ngambek..hiks
Ganti NMP wae kang. Kebo lawas dimahari buat DP 😀
Oooo pantes pan bonceng itu rasanya nggak enak banget
***gong.com**
Huahahahahaaaa…..
Itu karena yang bonceng p*nt*t ndeso kang
jarene motor ndesa juga
***cibinong ndesa to?**
Ndeso cuma buat parkir saja.
*Urip kuwi muk mampir gombe*
nice artickel…
Kalo air radiator biasanya ganti tiap berapa bln sekali bro?
air radiator tiap 10 ribu kilometer. Di buku manual ada infonya. 😀
ya.. namanya servus motor kan dimulai dari kelas 1000-an km, kemudian servis besar 5 ribuan, jadi sebenarnya ini sudah diantisipaso termasuk ganti oli shock dan ganti parts yg kecil-kecil.. jangan nunggu sampe 20 ribu.. kelamaan bro.. :-))
Soalnya, di buku panduan gak ada imbauan untuk ganti oli shock tiap berapa ribu kilometer. Begitu pula dengan pelumasan komstir. Jadi, ya, wajar jika konsumen banyak yang alpa. Termasuk saya. Hiks 😦
sing nduwe ora gemati
Apalagi yang bonceng. Wedangan gretongan pula
tiger hitam sampe hari ini alhamdulillah komstirnya tetap sehat tetap semangat, tapi sok depannya dah ancur…(kena lobang nggak keitung, nabrak mobil frontal sekali, nabrak trotoar di thanrin sekali, ngelindes motor orang yang jatuh sekali sampe terbang dan mendarat dengan sangat tidak mulus hihihihi)
Honda terbukti awet…
*kabooooooooorrrrrrr
BWM klasik lebiiih awet! 😀
*ngejaaaarrr pakai BSA 1956