Terus terang saya salut dengan PT Astra Honda Motor (AHM) yang memberikan waktu khusus kepada sejumlah narablog, terutama Komunitas Blogger Otomotif Indonesia (KoBOI) untuk menjajal skutik premium Honda PCX (Personal Comfort Xaloon), Sabtu ini. Sekitar 25 narablog akan bergantian merasakan sensasi riding skutik 125 cc ini. Lho kenapa baru sekarang? Bukankah launchingnya udah lebih dari sepekan lalu?
Eit, tunggu dulu. Yang pertama, justru disinilah jitunya AHM. Produsen motor Honda di Tanah Air itu memang sengaja memisahkan kapling antara media massa dan narablog. Bagi saya ini menarik, karena pendekatan antara kedua media itu (jika boleh disebut blog sebagai media) memang seharusnya berbeda.
Bagi saya sendiri, sebagai penikmat roda dua, tak terlalu peduli dengan acara launching Rabu minggu lalu itu. Paling juga seremonial, product knowledge, prediksi pasar, market share, dan bla-bla-bla . Touching yang diberikan AHM kepada media massa, terkait Honda PCX, untuk sementara ini, ya, sebatas itu. Boleh dibilang formal. Standar. Karena memang pendekatannya ke corporate kedua pihak.
Lain dengan narablog. Sensenya beda. Lebih personal, karena narablog mewakili individu bukan perusahaan dimana dia bekerja. Bagi saya lebih hot menjajal Honda PCX dibanding duduk manis nonton motornya doang . Biker ya sebisa mungkin jajal motor dong? Ya to? 😀
Yang kedua, sejak lama saya memperhatikan bahwa AHM itu memberikan porsi tersendiri kepada narablog. Sakleknya, memisahkan even dengan kalangan media massa. Memang sebaiknya begitu, karena seperti yang saya tulis di atas:pendekatannya berbeda. Walau di sela-sela acara khusus itu ada beberapa media yang hadir. Wajar, karena salah satu tugas media massa memberikan informasi terkini. 😀
Sekilas ke belakang, strategi “tabir surya” ini mulai dioleskan sejak kunjungan narablog ke pabrik AHM di Cikarang pada 2009. Buka bersama KoBOI di Plasa Senayan. Dan terakhir memberikan tenda dan parkiran khusus kepada KoBOI di acara launching Honda Scoopy di Parkir Selatan, Senayan, Jakarta, 5 Juni lalu.
Lagi pula AHM nggak pilih kasih ke narablog tertentu. Semua KoBOIers yang punya waktu luang diundang. Begitu pula narablog lain yang punya interest tinggi terhadap dunia motor. Kabarnya, AHM juga akan mengajak KoBOI untuk menjajal “New Megapro” dalam waktu tidak berapa lama lagi. Mungkin langkah ini yang membuat Honda berhasil mengalahkan Yamaha di segmen skutik Mei silam, tepat di jantungnya. Jleb!
[color=red]kagum dengan modelnya kreen bageeett tahun in aku pasti miliki ini motor[/color]
Saya telah memakai dari juli 2011 Alhamdulillah sampai saat ini belum ada kendala yang berarti kemarin awal kami pakai jarak 120 km sempat kami ragu ada yang bunyi di sobreker belakang saya bawah ke dealer sudah di ganti dan ok
Saya berpesan buat teman temanbahwua honda pcx 125 sangat nyaman di kendarai jarak jauh
hu ,, hu ,,, hu ,,, pingin beli ,,,,,
rencananya kapan mu di lounching sigh???
kayagna motor PCX ne ich wow juga…!!!
cepetan dagh kluarinnya…
numpang ngeluh bro…ada ide buat nempelin plat nomor bagian depan PCX ga ya…soalnya kalau dilihat dari test ride di PRJ, plat nomor yg ditempel di atas winshield terlihat bikin risih dan sangat mengganggu tampilan designnya…thks
Apa pun Motornya, Castrol Power 1 olinya. Dengan teknologi Trizone dan Formula Power Release, mampu meningkatkan akselerasi dan tenaga mesin. Sekaligus memberi perlindungan pada mesin secara maksimal.
Honda emg TOP..
Waahh.. Mas Nadhi hebat euy.. nyoba barang baru terus… katanya Blogger Koboi udah terkenal yah..? hehee
btw, Mas, tolong ulas masalah Oli dong.. kemaren kata temen dari bengkel bilang, jangan sembarangan pake oli motor, termasuk oli dari pabrikan. siapa bilang semua oli sama saja..?
Duhh makin bingung neh.. hehehe
Yang biasanya merasa makin di depan, sekarang makin kemana tuh?
PCX pasti makin menjadikan Honda rajanya matik, habisnya semua matik ada di Honda, mau apa lagi?
mana poto2nya ella…???
tak kopi nang statusku mz
pokoke kudu oleh
hehehehe_
blogger lebih bisa dipercaya daripada media masa lainnya… seringkali kalo wartawan lain kadang disuap… kadang-kadang lho…
http://otomercon.wordpress.com/2010/06/27/dua-hari-acara-launching-scoopy-berakibat-427-unit-scoopy-terjual/
“Tepat di jantung. Jleb
”
tapi nda mati mas !
Iya, karena sejenis zombie
na ini yang menarik..new megapro..secuil apapun info new megapro mohon dibahas mas y..
yamaha kebanyakan gosip mas…bikin bete…
apalagi itu tuh…motornya yg merknya yamaha bowsyen..he he
Lho? Bukannya udah dipasarkan lama? Sejak tahun 60an bro
siapapun yang menang dalam penjualan. Konsumen yang untung. Kecuali yang panatik, pas kalah pasti meradang
Eh kok disini urutan komenya dari bawah ke atas ga kaya yg lain jd aneh rasanya..
sambungan :
dilihat disini dapat diambil kesimpulan :
1. penekatan ahm lebih efektif, bener-ber low cost high impact. karena tujuan utama pemberitaan adalah penyampaian informasi.
2. Banyak bloger yg mnulis dg hati/sesuai mood, jadi walupun acara besar tapi kalo ga menarik hatinya ya ga di tulis panjang lebar.
contoh lounching new jup z (artikel om benny)
contoh lain lounching scoopy/pcx yang lbh menarik untuk ditulis dibandingkan dengan xeon yang terkesan biasa aja.
3. undangan test ride lebih terkesan personal, di mana bloger bebas menilai, dibanding undangan lounching atau di bawa ke Bali. kadang komentator merasa undangan-undangan semacam itu menyebabkan bloger menjadi kurang kritis/objektif, dibanding test ride bebas.
4.tambahan, kalo media di undang/ diajak k pulau dewata, maka bisa dapat porsi 1-2 halaman. beda dengan bloger, diundang ga diundang sama aja dibikin artikel satu halaman penuh.
ane lebih support atpm dukung kuis di blog-blog, dijamin lebih memikat konsumen, seperti TMC waktu beri hadiah goody bag dari YMKI (sepatu) lalu menampilkan tag laine yamaha semakin di depan, mengena banget…
wuih panjang bener
ayo gabung aja jadi blogger.. tulisan seperti diatas sudah bisa dituangkan ke blog, maka lahirlah seorang blogger baru… hehehe.. :-))
makasih mas, tapi ilmunya masih dikit banget, apalagi bawaanya cuman legenda kalah jaum ma Mastri apalagi ma bang One, kendaraan antik bersejarah… hehehe.
ane jg ngliat hal yg sama dari AHM , menilik dari lounching scoopy pcx,
bisa kita liat :
1.YMKI mengundang empat bloger ke pulau dewata (istilahnya menculik). hasilnya tarohlah satu bloger nulis 3 artikel.
2. AHM n gundang bloger tes ride scoopy, semua bloger nulis, bahkan sebelum dilounching,dan sebelum di test ride dah pada nulis. dengan artikel yang lebih banyak.
3. TMC walaupun ga diundang pd acara lounching pcx, jg nulis dengan cepat lounching merallui info dari link medianya.
mas enak tenan ya jadi blogger ngetop ibukota tiap ada produk baru dari pabrikan bisa jajal gratis habis launching product, lha kalo yang daerah musti nunggu berminggu-minggu dulu jeee….yo wislah ditunggu reportasenya aja
wah,enak tenan..
mantap. . . .
new wave marketing ( niru-niru istilahe Gus Tri )
oke dah. . .
ditunggu reviewnya ya mas . . .
keep brotherhood,
salam,
maap kang Nadi, saya ga isa dateng..
nanti salam ya buat mbak2 model PCX 😀
emang bener new megi mo brojol???????? tar mundur lagi kaya bison
ditunggu first impresinya naik pcx
mana… mana… numegapro…
tolah toleh…
siplah pertamaxnya…