Kebetulan saya kembali bersua dengan Pak Jasin Jazid, Plant Division PT Minerva Motor Indonesia (MMI) di arena Pekan Raya Jakarta (PRJ), Jumat, pekan lalu. Langsung saya tanyakan penyebab kenapa dua Megelli 250R ngowos, dan satu unit Megelli 250 S (naked) rem belakang ngadat. OK, berikut penjelasan Pak Jasin.
1. Radiator jebol disebabkan klem selang atas radiator lepas. Wah, kok bisa? Menurut Pak Jasin, pemasangan klem yang tidak benar merupakan penyebabnya. “Klemnya miring, kami tidak memeriksa, karena dari asalnya sudah terpasang begitu. Kami hanya merakit,” kata dia.


Lho apa tidak diperiksa oleh QC tanya saya? “Sudah dicek, dan itu menjadi masukan bagi kamiuntuk membuat semacam Pre Delivery Order Inspection (PDI) – semacam cek keseleruhan kualitas sebelum dikirim ke konsumen. Motor yang dites di Sentul memang dibiarkan apa adanya untuk mendapat masukan saat ditest.



Waks! Untung saya alonrider waktu ngetesnya batin saya.
2. Mesin Ngowos, nggak ada kompresi, langsung mati total di trek lurus Sentul. Penyebabnya, Jasin Jazid menjelaskan, karena setelan klep terlalu rapat. “Jadi ketika panas, klep terkunci, tidak ada kompresi. Setelah disetel ulang di pabrik, mesin kembali normal. Itu juga setelan dari pabrik mesin apa adanya.”
Waw, untung TMC nggak kenapa-napa waktu Si Megelli 250 anyar ini ngowos di straight 😀
3. Rem belakang Megelli 250 naked ngadat. Dijelaskan oleh Pak Jasin, itu karena per pembalik tuas rem pemasangannya tidak benar. “Ini murni kesalahan kami dalam memasang per. Setelah diganti, rem belakang normal lagi.”
Begitu penjelasan Jasin Jazid kepada saya. Bagaimana bro? What do you feel? 😀
*NOTE : foto paling atas nyantol dari TMC saksi perngowosan
Motor megelli 250 re dirumah rontok.baru beli sebulan bolak balik dealler puluhan kali. spare part di jamin gak bakal bisa dapet walaupun maksa. mekanik dealer autodidak, nggak profesional, matketing after salesservice yg buruk. Mending jgn beli, udah pasti Rugi. Dijamin. garansi 3 tahun dijamin Turun mesin.
harusnya negara ini bertanggung jawab untuk semua prodak yg masuk indonesia ngak cuman dapet pajaknya saja . . . . lindungi dunk konsumen yang katanya rakyatmu he he he he . . . . . . peace cook ! ! !
negara ini harusnya bertanggung jawab juga untuk semua product yg masuk ke indonesia (prlindungan konsumen), jangan ambil pajaknya doank he he he he . . . . peace cook !!!!
Yg perlu saya tanyakan,kenapa spare part megelli seperti stang seher dijual 1 pacage dengan bandul,apa minerva mau mencari untung sedemikian besar dari konsumen yg notabene mempopulerkan nama produk motor yg dibilang org” adalah motor fashion?????
Tolong diberikan penjelasan oleh pak jasin……karena saya tidak puas dengan pelayan penyediaan spare part yg ada di Indonesia……..
😀
mas bro…
numpang liwaattt…
atpm satu ini lebih serius di pasar indonesia.
patokannya satu, bangun pabrik di karawang.
mana atpm lain? wkwkwkk
numpang jemuran, mas bro
tvs tormax 70 jam nonstop uji ketahanan di sentul
mas bro…
numpang liwaattt…
atpm satu ini lebih serius di pasar indonesia.
patokannya satu, bangun pabrik di karawang.
mana atpm lain? wkwkwkk
numpang jemuran, mas bro
tvs tormax 70 jam nonstop uji ketahanan di sentul
Saya pakai Megelli 250RE sehari-hari gak ada masalah. Biasanya sih orang cuma liat jeleknya aja. Reasonable price juga produk ini,jangan dibandingin ama merk Jepang yg udah mapan, nggak fair juga namanya.
santai aja kali gan,,
ane rasa ckup fair kalo dibandingin sama honda
,,lha harga cuma beda 5 jt sm cbr 250 ?!?!
untuk test ride.harusnya bisa dipersiapkan lbh baik.ibaratnya kalo beli buah.contoh untuk dicoba pasti yg manis kan.
reservoir radiatornya mirip sabun cuci tangan…
wah yg telanjang harganya berapa tuch….. mangtabzzzzzzz
MMI emg ibarat bayi yg baru lahir dan lg mencoba buat merangkak, blm waktunya buat belajar lari, apalagi balapan lari ama kakaknya yg dr kawasa**
salut buat minerva, smg komplain dr produk yg lama g muncul di produk yg baru ini
Klem gitu kok dikomplen? ada-ada aja deh ente haha. Nih kutip dari forum kaskus http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3968247&page=53. lihat foto klem Kawasaki ZX6 (Harga 230juta cuy) http://u.kaskus.us/5/h1j1ew9m.jpg sama gak klem nya ama megelli?
v-ixion juga klemnya begitu 😀
untung rider nya ga sampe tewas… klo sampe tewas… gimana ceritanya, “mao tes motor apa adanya”… i think, ini pemikiran yg salah besar. klo mao tes apa adanya, mending sewa stuntmaster/kelinci percobaan test bawa sentul seharian nonstop, kondisi apa ada nya. klo dihadapan wartawan, kudu full testing! kecuali memang wartawan, skaligus jadi tester gratis? hehe, eh, sorry just newbie thought. eniwei, salut… berani menjawab pertanyaannya. fair enough…
tapi ya, semoga ga ada pembeli yg jadi tester gratis lagi, seperti rider megelli gen1. peace…
Yah namanya juga pabrikan baru. Masih harus banyak belajar. Mungkin kalau umurnya sudah selama Tiga pabrikan jepang, baru bisa dipercaya. Lah kalau gitu kenapa Bajaj dan TVS bisa ?
Kan Bajaj dan TVS, Sudah lama ada di India. Apalagi Bajaj masih full CBU semua, di Indonesia tinggal Check n Recheck. Kalau Minerva baru-baru ini gencar jualan motornya. Berusaha Menghapus image mocinnya, dengan mengeluarkan varian premium(bagi pasar indonesia).
beda banget pas jajal naik Suzuki Titan.gak ada pre delivery apapun. tinggal pastikan bensin ada, tekanan angin di ban cukup,ngacir dehhh…
puas banget betot nih motor…
gak ada maksud promo,kenyataan demikian !
bebek emang lebih unggul !
menurut saya alasan dr pihak minerva sangat klise, sama kaya kejadian wkt test megelli 250R di sirkuit lippo karawaci yg selang intake nya robek.
miris juga ngeliat klemnya . . .
yang model baut kan ada kayak di pulsar 200. . .
tapi ada untungnya klem bisa dibeli dimana aja . . . asal ada warung jualan elpiji pasti ada tuh klem
keep brotherhood,
salam,
huahahahaha….. simple answer
nah bagaimana kalau terjadi di jalan umum, apa ada garansinya ya hehehe.
http://ceritanovel.wordpress.com/
Minerva kalau ndak mampu jualan montor seprot dagang bebek wae laaaghh…!!!
jual aja tuh bebek ngowos 5 juta…pasti laku…alamat yang bawa jumpalitan pating krompyang yaa…taim will tell deeeehhh…!!!
*ketularan juraganrondo*
manajemene minerva…blajar manajemen mutu dulu….!
hmmph_
mirip2 alasan bos besar waktu test ride di Solo
yang 150VX ma matik GTr
“…….membuat semacam Pre Delivery Order (PDI)…”
sing bener sing endi cak, Pre deliv. Order kudune PDO, lha nak PDI = Pre Deliv. Irder..
😀
Sing bener Pre Delivery Inspection (PDI), yang bukan perjuangan
Thanks, wis tak tipex kae lho 😀
Ehm, buat test media aja kayak gini..apalagi produk asli keluaran pabriknya??
Apa ndak ada uji test ketahanan oleh Intern minerva sendiri?
Atau jangan2 konsumen yg dijadikan tester..kalau ada komplain baru ditindak lanjuti. Semoga aja ga ada konsumen minerva yg mengalami kejadian yg fatal akibat kerusakan pada komponen yg vital…ngeri kalau remnya ngunci atau mesin ngowos mendadak saat dipakai dikecepatan tinggi..bisa fatal bro!!
* merk ndak jelas asal usulnya, ndak jelas kualitasnya, cuman punya lisensi doang….
Mesti diperbaiki lg kinerja QC nya..wong mau show off koq gak ceck n receck
jiahhaha…klemnya kayak klem kompor gas…bisa2 tuh motor mbledug kayak kompor gas…xixixi

ow begitu toh, sebagai permintaan maaf pihak minerva akan memberikan motor gratis yang akan dibuatkan kuis hehehe
http://www.yamaha-friends.com/
waduh.. setidaknya sudah mengakui terjadi kesalahan perakitan pemasangan dll…
sorry, I don’t buy it. yang namanya barang untuk dipajang apalagi mau dipakai, HARUSNYA sudah dicek semua.

pake logika aja, kalo kita mau menunjukkan sesuatu kepada orang lain, tentunya sudah kita persiapkan segala sesuatunya.
mohon maaf kepada minerva, saya kurang respek sejak anda tidak mau memasukkan minerva 150R ke website anda.
Like This 😀
itu namanya bunuh diri.. motor untuk keadaan apapun harus perfect. apalagi kalau disuruh Media untuk mentest drive. gue sih nggak percaya.. either kualitas motornya kurang baik, atau kualitas pengetahuan tentang PDI nya 0 besar;
Ya ada harga….itulah RUPA-nya…hehehe
Ya ada harga….itulah RUPA-nya….hehehe
whooo begetho ye
@ Raden Inten
hati hati pake nickname pahlawan…
btw ente dr Lampung?
SEAHARUSNYA U/ KLEMNYA DI GANTI YANG MODEL NIPLLE SEPERTI HOSENYA POWER STEERING / HOSE SIRKULASI PUNYA SATRIA FU & PULSAR 200
ada indikator suhu mesin ga di dashboard ?
semua kejadian di test ride kudu dibenahi di pabrik..
BTW berarti kemarin test drive, wartawan – blogger diundang bukan untuk merasakan motornya. Tapi berarti kemarin para wartawan u kelinci percobaan?
Gileeeeh!!!
Hormat gw!
Transparan di jelaskan, fair 2 arah! mantebbbbb!!!
4 thumbs up!
ibarat bayi, mmi memang bener bener belum rapi internalnya
pabrikan jepang udah jenggotan masalah QC
kalau mau bersaing, QC dan after sales harus minimal sama dengan pabrikan jepang
Itu kejadiannya di sirkuit.. Gimana kalo kejadiannya udah di tangan konsumen dan di jalan raya????!!
Dan kejadian2 rem blakang macet, rem depan gak center, dll.. Gw baca2 udah banyak yang kejadian.. Jangan cuma ngomong ntar QCnya diperketat tapi realisasinya gak ada… Bener2 PR besar buat Minerva..
hmmm PDI-nya untuk alasan :D, seharusnya malah mau ditest itu motor dikondisikan ke performa terbaiknya, biar nanti pemberitaannya positip! :D,klo maslah test motor seharusnya dilakukan tidak oleh kalangan media dan blogger, citra buruk euy!
walah… ngowosh opo salak…
aku pake klem kaya gitu buat nyambung selang ke kran.
Ngowos kuwi opo tho mas?
Wkwkwkkwwk
Btw. Kacau juga QC mereka.
Haduuuhhh… Kok bisa ya..?
*Maih bagusan tunggangannya GiriGolo dong yah..?
Siram pertamaxx.
Pertamax?
Masa’ QCnya cuma nurut dari sana? Di sini ga dicek ulang..? Setelan klep juga harusnya ada standar, nytelnya pake fuller gitu kan, bukan pake perasaan.. Hmm.. Agak meragukan.. Dari sedikit yg nyentul, udah 3 yg bermasalah..
kok klemnya kaya gitu ya?menyedihkan 😦 padahal motor harganya mahal, mekanik MMI jgn2 belum bisa nyetting itu mesin baru? tapi liat mesinnya bagus juga finishingnya 😀