Mbak Vega Ganti “Pusar”


Produk yang sudah berumur cukup lama, komponennya pasti ada yang rewel. Minta ganti baru. itu pula yang terjadi di karet tanki bensin motor saya, Vega R 2005. Karet tutup tangki itu prothol. Bensin pun muncrat dan merembes keluar tanki. Sangat berbahaya, karena premium merupakan jenis bahan bakar yang sangat mudah terbakar.

Mampir ke bengkel resmi, harganya ternyata murah banget, Rp 1.500. Walau murah tapi fungsinya sangat vital, untuk menutup “pusar” yang bodong tadi, agar bensin tak meler kemana-mana.

Memasangnya pun tidak bisa sembarangan, meski sangat mudah. Ini saya ketahui ketika salah pasang pusar, eh, karet. Kok, ketika dikencangkan terasa ringan. Ketika tangki diguncang, bensin masih tetap keluar meski sedikit.

Akhirnya karet “pusar” saya balik, bagian yang halus diluar. Cilukba! Barulah tutup tangki terpasang sempurna. Mantap ketika dikencangkan. Bensin pun tak lagi meler keluar tangki.

34 responses to “Mbak Vega Ganti “Pusar”

  1. Ping-balik: Membuat Wajanbolic Penguat Sinyal 3G « Abu Yusuf·

  2. Wah aku juga pernah ngalamin ganti pusar Vega ku, tapi waktu itu gara2 hilang (ntah kemana…gak ketauan mungkin terlepas waktu ngisi bensin) tau2 habis isi bensin (full lagi…)pas sdh nyampe rumah ehhh masih bau bensin aja, waktu dicek ternyata bensin dari tangki meler kemana-mana (akibatnya cat disekitar lubang udelnya ngelupas…)
    Karena darurat saya bikin dari karen bekas ban dalem….eh karetnya jadi klawar-klewer, setelah diganti yg ori sampe sekarang aman…..

  3. “Karet tutup tangki itu prothol. Bensin pun muncrat dan merembes keluar tanki. Sangat berbahaya”
    ——
    bener banget mas, kalo karetnya prothol, terus muncrat atau merembes, sangat berbahaya…

    *eh…yashila punya adek…..:mrgreen:

  4. dulu jupiterku juga gitu mas, tiap ngisi full mesti langsung bau bensin alias tutupe katernya udah ga rapet, akhirnya darurat tak ganti pake karet bekas bisa juga tapi karetnya ga tahan lama”nedhas” ga kuat, jadi emg mendingan ganti karet ori aja ternyata murah ya,,

    • Klo ga salah.. semakin tinggi oktan, butuh kompresi lebih tinggi untuk bisa “meledak” tanpa percikan api listrik busi..
      (makin dikompress = suhu bahan bakar makin naik.. dan di suhu tertentu akan meledak sendiri, tapi dikompress bukan karna demam yah!)

      dengan kata lain, Premium ga butuh suhu terlalu panas untuk bisa kebakar sendiri..
      (klo tangki udah panas, trus ada bahan bakar yg tumpah keluar tangki dan kena panas mesin / percikan api dari kelistrikan maka bisa bahaya kebakar..)

      CMIIW.. sotoy mode..πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s