Jatuh cinta olala rasanya. Mengantar kekasih menerobos hujan pun serasa berendam di kolam jacuzi. Mencuci baju pujaan hati, seakan memeluk mesra bodi nan aduhai. Oh indahnya.
Stop dulu gita cinta dari SMA. Saya akan membagi cerita, mencuci motor (sendiri) itu mampu meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi tunggangan kita.
Setiap kali mencuci motor, selalu saya sempatkan untuk mengecek kondisi perangkat bergerak, seperti; handle rem depan belakang, setang, suspensi, rantai, standar samping dan tengah, serta yang paling utama adalah ban.
Seringkali saya temukan, pecahan beling menancap cukup dalam di permukaan ban depan dan belakang. Tidak banyak, tapi menurut saya, berpotensi menimbulkan kerusakan.
Bahkan, beberapa kali, saya mencabut patahan kawat, potongan kecil paku, yang tertancap di ban. Tidak terlalu dalam, namun jika dibiarkan, dan permukan ban aus, pasti menimbulkan bocor alus.
Walau saya menggunakan ban tubeless, inspeksi ban tetap penting saya lakukan, terutama setelah motor dicuci bersih. Soalnya, kalau belum dicuci dikhawatirkan ada “ranjau alam” yang menempel. :mrgreen:Bahaya to?
salam kenal mas nadi, kemarin motor saya kena paku juga. tapi karena di tempat saya susah cari alat tambal ban tubeless seperti diatas, akhirnya nekat main oplosan B3. dan syukur berhasil sampai sekarang gak bocor. kalo berkenan monggo mampir ke http://riderkampung.wordpress.com
maturnuwun!
salam biker blogger bro… wahh bagus postingnya jadi lebih sadar keadaan jalan dan berhati2…
bro boleh tukar link brother friend:
Silakan dipajang linknya Mas Arif. Salam kenal.
kemarin saya kena ranjau di daerah slipi … gak ada yang nolong ganti ban 😦 sedih banget rasanya.
waduh…lain kali kontak kita aja mbak. ntar kita kontak temen2 yang lain. kasian euy cewek2 ganti ban sendiri.
kalo di tangerang si, saya siyap lah
Ya benar, Jomblo siyap menodong hiiiiii syeureeum ….
Waaah, mbok diceritakan bagaimana sedihnya. Sebagai bahan renungan bagi driver/biker perempuan. *rayuan gombal* 😀
wah . . .ranjau-ranjau cinta?
wah aku pernah tuh mas panjang 4 cm nancap dan menembus ban tubeles si pinky . . . ini gambarnya
http://ninja250r.files.wordpress.com/2008/05/paku_vario.jpg?w=300&h=220
🙂

wah malahanten paku bukannya wajan
masi mending brooo, gw waktu itu baru beli ban pirelli dragon, 2 hari pake langsung kena paku 😦 di samping lagi, yang belakang lagi … untung yang depan dibeli sama bro rizal, yang belakang di beli sama pak jedi 🙂 dengan harga diskon tentunya … huff
wah tankyu infonya..
ganti ban mati ae kang, kayak forklift
ha.ha…ha (ngakak saya baca komen sampeyan) nggak pake ban andong sekalian mbok dhe! malah sudah pake velg racing juga lho!
bhuahahaha…
luwih gendheng sampeyan tho… 😆
jatuh cinta emang paling mantep rasanya…. :
Walah…bane keneng kiriman santet…beling paku kawat …Wuih…serem…
wah sering tuh ane lakukan saat mencuci “Geledekan”…hehheehe
kenapa ban banyak yg sobek kayak gambar nomer 2, padahal batikan nya masih bagus lho. apa bahaya dan apa perlu di ganti aja ya
Di Jakarta banyak jalan beton yang terbelah. Juga banyak pecahan kaca, ranjau paku yang berserakan. Wajar jika ban sebagus apapun bakal sobek jika menghajar lubang jalanan yang tajam.
Bro Nadi
Penambal ban tubelles yg beli di Ace hardware merk ny apa ?? n harga ny brp,??
Soal ny pngn beli buat jga2 klo c baja item ban ny bocor
Mereknya saya lupa, kegunting waktu mau saya masukin ke jok. Harganya sekitar Rp 60-80 ribu, tergantung banyaknya isi penambal. Nih, lihat contoh fotonya :
Siapin lem power Om, ini pegalaman ogud 😛
http://yvcbogor.wordpress.com/2009/04/21/terbukti-tambal-ban-tubles-pake-power-glue-emang-kuat/
emang betul2 pengalaman pahit apalagi kalo lagi jalan ama celengan terus ban kempes, wualah naas tenan bisa ndorong
klo sobeknya agak lebar & dalem dilem aja pake powerglue mas, dijamin tjespleng
tambahan…
cek juga kondisi busi dan copnya..he..he.. serta kekencangan mur baut… pengalaman ane 2 hal itu yg bikin ane mumet…he..he..
Ooo pantesan nggak jadi solo turing ya mas? 🙂
mencuci motor kok bisa seperti memeluk bodi aduhai,padahal motor laki lo.maho ya om?xixixi..
Jadi inget dulu pernah kena paku dalem juga.
Pertama kali ngeliat di tempat cuci, saya suruh cabut pakai tang, nggak berani. Bengkel ke dua juga nggak bernai, mereka bilang keliatannya dalem, kalo dicabut malah anginnya keluar.
Yang ketiga beneran nyabut… dan angin beneran keluar, pakunya dimasukkan kembali… bengkel ke-4 baru bisa nyabut dan nambal 🙂
Absen dulu aja
sekalian ecerannya
kalo yang namanya tyre guard itu ya cairan pelindung itu apa semacam lapisan tambahan di dalam ban?
Belum pernah nyoba. Selama ini pakai penambal tubeless yang beli di ACE Hardware. 🙂
Premium
mas tyre protector-e nganggo apa?
siapa bisa direkomendasikan yang biasa dipake?
Pertamax kang
kalo barangnya dikumpulin dalam satu tahun dapet berapa kg tuh
lumayan kan?
🙂 😀