Ranjau-ranjau Cinta Roda Dua


Jatuh cinta olala rasanya. Mengantar kekasih menerobos hujan pun serasa berendam di kolam jacuzi. Mencuci baju pujaan hati, seakan memeluk mesra bodi nan aduhai. Oh indahnya.

Stop dulu gita cinta dari SMA. Saya akan membagi cerita, mencuci motor (sendiri) itu mampu meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi tunggangan kita.

Setiap kali mencuci motor, selalu saya sempatkan untuk mengecek kondisi perangkat bergerak, seperti; handle rem depan belakang, setang, suspensi, rantai, standar samping dan tengah, serta yang paling utama adalah ban.

Seringkali saya temukan, pecahan beling menancap cukup dalam di permukaan ban depan dan belakang. Tidak banyak, tapi menurut saya, berpotensi menimbulkan kerusakan.

Bahkan, beberapa kali, saya mencabut patahan kawat, potongan kecil paku, yang tertancap di ban. Tidak terlalu dalam, namun jika dibiarkan, dan permukan ban aus, pasti menimbulkan bocor alus.

Walau saya menggunakan ban tubeless, inspeksi ban tetap penting saya lakukan, terutama setelah motor dicuci bersih. Soalnya, kalau belum dicuci dikhawatirkan ada Β β€œranjau alam” yang menempel. :mrgreen:Bahaya to?

34 responses to “Ranjau-ranjau Cinta Roda Dua

  1. Ping-balik: Artikel-Artikel Tentang Ban Tubeless [Reblogs] « Learning To Life·

  2. salam biker blogger bro… wahh bagus postingnya jadi lebih sadar keadaan jalan dan berhati2…

    bro boleh tukar link brother friend:

  3. masi mending brooo, gw waktu itu baru beli ban pirelli dragon, 2 hari pake langsung kena paku😦 di samping lagi, yang belakang lagi … untung yang depan dibeli sama bro rizal, yang belakang di beli sama pak jediπŸ™‚ dengan harga diskon tentunya … huff

  4. kenapa ban banyak yg sobek kayak gambar nomer 2, padahal batikan nya masih bagus lho. apa bahaya dan apa perlu di ganti aja ya

    • Di Jakarta banyak jalan beton yang terbelah. Juga banyak pecahan kaca, ranjau paku yang berserakan. Wajar jika ban sebagus apapun bakal sobek jika menghajar lubang jalanan yang tajam.

  5. Bro Nadi
    Penambal ban tubelles yg beli di Ace hardware merk ny apa ?? n harga ny brp,??

    Soal ny pngn beli buat jga2 klo c baja item ban ny bocor

    • Mereknya saya lupa, kegunting waktu mau saya masukin ke jok. Harganya sekitar Rp 60-80 ribu, tergantung banyaknya isi penambal. Nih, lihat contoh fotonya :

  6. tambahan…
    cek juga kondisi busi dan copnya..he..he.. serta kekencangan mur baut… pengalaman ane 2 hal itu yg bikin ane mumet…he..he..

  7. Jadi inget dulu pernah kena paku dalem juga.
    Pertama kali ngeliat di tempat cuci, saya suruh cabut pakai tang, nggak berani. Bengkel ke dua juga nggak bernai, mereka bilang keliatannya dalem, kalo dicabut malah anginnya keluar.
    Yang ketiga beneran nyabut… dan angin beneran keluar, pakunya dimasukkan kembali… bengkel ke-4 baru bisa nyabut dan nambalπŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s