Beberapa kali saya membaca postingan juragan Ducati, Pak Nugroho ketika melakukan turing ke sejumlah daerah luar Jawa. Yang menjadi pertanyaan saya adalah bagaimana dengan bahan bakarnya? Ini mengingat SPBU Pertamina yang ada di luar Jawa fakir Pertamax.
Apakah terpaksa Si Kuda Besi Italia minum premium? Apa tidak merusak mesin? Bukankah Ducati memiliki kompresi tinggi?

Jawaban didapat dari Bro Jade, Ketua Ducati Desmo Owners Club Indonesia (DDOCI), “Nggak masalah pakai premium, dan nggak ngaruh ke mesin. Gimana lagi? Di luar Jawa SPBUnya sebagian besar hanya ada premium,” kata dia saat peresmian ruang pamer terbaru Ducati Indonesia, Minggu lalu.
Nah, untuk mengakalinya, Nugroho dan peserta turing menyediakan octane booster. “Namun tidak selalu dipakai, lihat dulu kondisi pompa bensinnya,” kata dia.
Back-up car atau servis car pun selalu ngintil jika turing jarak jauh. “Cadangan bahan bakar dan part pendukung,” kata Gunawan Sudrajat, sekretaris DDOCI, yang juga artis itu. Jadi, mesin Ducati nggak manja dong? Mau nenggak premium….jika terpaksa.
*Foto 1 dan 3 nyantol dari blognya Pak Nugroho 🙂
hehe…jadi malu ama Pak Nug. Oot Pak Nug, saya dulu punya bos di surabaya, namanya Pak Michael Halim. Kira2 beliau member DDOCI gak ya? karena dirumahnya ada Ducati.
Wah, saya gak begitu up date soal member DDOCI. Mungkin mesti Sekretaris club tuh yg jawab. Hehehe
Alhamdulillah, sudah dijawab tuntas..tas…tas oleh juragan Ducati Indonesia. Thx Pak Nug. 🙂
@ kang taufik karena ada pertamax, info: di bandar lampung pertamax tersedia di spbu nunyai jl. z.a. pagaralam dkt terminal rajabasa.
gak dapet podium teladd bangettt
komment mas MK menggelitik . . .kenapa Pertamax Plus yang premium kenapa Premium bukan yang paling premiun . . . padahal namanya premium
* bingung
10 besar saja. oooo begitu to..Motor Premium ya harus bisa minum Premium juga
Iya Bro. Kalo jalan di Sumatra jarang sekali bisa ketemu Pertamax, apalagi Pertamax Plus. Kalo di Jawa-Bali sih gak masalah..
Kepepet Premium sih oke2 aja. Ada Pertamax lebih baik, Pertamax Plus lebih baik lagi.. 🙂
Kiro2 yen ban e bocor,ditambal po langsung diganti yo?!
Umpamane tambal ban pinggir dalan mesti bingung,la kunci2ne kok ra gathuk kabeh..
😀 😀 😀
Tambal Bro. Pakai tubless (Semua ban Ducati tubless). Biasanya untuk jaga2 diantara peserta touring juga ada bawa sendiri peraratan tambal tubless + Pompa listrik kecil, cukup praktis dan nyaman… 🙂
Wah,mbokdhe aneh2 meneh ik.. 😛
Trus opo yo safety car bw bnyk spare part to?
Mengingat yg jual spare part ducati d pggr jalan hampir g ada
Ducati MS pk side box manteb bgt bwt touring tuh..
Hanya bawa beberapa parts yg diperkirakan mungkin diperlukan dalam keadaan emergency aja Bro. Kita gak pernah berharap melakukan repair besar2an dijalan. Makanya kuncinya adalah pemeriksaan motor sebelum berangkat. Saya sudah jalan diatas Multistrada 1000 saya lebih dari 34.000 Km menjelajahi Sumatra, Jawa, Bali, Malaysia. Alhamdulillah so far gak pernah rewel motornya.. 🙂
Kalo terpaksa banget, malah bisa beli bengsin eceran kayaknya nih…
yang pake botol jemblung
Penah juga terjadi tuh… Ada yg bandel gak ikut rules rombongan. Biasanya kita selalu isi bensin full tank setelah menempuh jarak sekitar 150 Km dan rulesnya saat titik2 pengisian seperti itu semua harusnya ngisi full tank, walalupun merasa isi tankinya masih cukup banyak. Lalu satu orang yg merasa masih punya bensin banyak di tankinya itu gak ngisi dan kehabisan bensin dititik yg diharapkan karena Pom Bensin disana juga kehabisan bensin. Jadi aja terpaksa beli bensin eceran untuk sampai ke Pom Bensin berikutnya. Sebel emang kalau ada peserta touring yg rewel dan gak mau diatur.. Ujung2nya ngerepotin yg lain.. 🙂
bukan gw lho! nggak pernah ikut turing! kalo mogok dijalan di jakarta karena kehabisan bensin mah sering
sorry , pake akun DDOCI abis update blog soalnya … di ulangi, pas turing nggak pernah keabisan bensin coz gw ga pernah turing
paling jauh cuma bandung !
Sattar habis bensin di jalan Jakarta gue udah sering denger tuh. Cuma nggak tega nulisnya di sini. 🙂 Terbayang raut mukanya waktu nungguin 848 dipakai muter SCBD
bingung kesian mas taufik kalo kudu dorong2 motor, coz lampu kuning udah nyala di dasbord 😆
Mlm kang giri ?
sialan gak dapat podium…
nge-junk sampe tanggal muda,ngeblog lagi…
Ketigax.
tak borong sisan !
Keduax
Alhamdulillah bsa pertamax jg,
rekor pencapaian terbesar dlm sejarah saya menyimak blog2 otomtif.
oh ya salam knal ma bro yg pnya warung.
nyimak dlu deh !