Buku Baru Saftari, Si Tukang Oprek


Boleh dibilang “perkenalan”  saya dengan Saftari, terjadi secara kebetulan. Pada 2006, karena urusan pekerjaan, saya pun menjelajah dunia maya.

Pencarian saya tertambat di situs Saft7.com. Firmansyah Saftari, demikian nama lengkapnya, mengelola web pribadi (weblog/blog) yang tulisan-tulisannya sebagian besar berisi tip-tip menarik dunia otomotif.

Tidak hanya roda empat dan roda dua saja, bapak dua anak ini juga mengupas soal navigasi dan fotografi. Dua dunia yang secara teori jauh dari urusan otomotif, namun dari segi praktikal dan gaya hidup menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam otomotif modern.

Sesekali yang memberikan komentar atau pertanyaan jika dia menulis sesuatu yang menarik minat saya di webnya. Namun, seingat saya, komentar saya itu tak pernah direspon :mrgreen: . No problem. Toh, komentator lain, kadang justru memberikan jawaban secara tidak langsung.

Pekan lalu, melalui milis Komunitas Blogger Otomatif Indonesia (KoBOI), ada ajakan untuk menghadiri peluncuran buku terbaru Saftari: Utak-atik Otomotif 2. Wah, kesempatan langka bisa ketemu dengan si tukang oprek yang sering saya baca tulisannya.

Usai mendaftar online, saya mendapat konfirmasi dari Saftari untuk datang di acara peluncuran buku ke duanya itu. Oh, iya, pada 2006, buku pertama Saftari, Utak-Atik Otomotif diluncurkan.

Jumat malam pekan lalu, di Garda Aula, Gedung Asuransi Garda Buana, TB Simatupang, saya pun berkesempatan bertemu langsung dengan Saftari. Cukup banyak tamu yang hadir. Sekitar 150 orang yang berada di ruangan. Ada komunitas  mobil, kerabat, anggota milis, maupun anggota klub otomotif lain.

Tidak heran, karena Saftari aktif di 87 milis! Waks, saya sampai heran, bagaimana dia menyediakan slot untuk puluhan milis itu. Tapi begitulah pergaulan sosial, dia bisa mewujud dalam bentuk apa saja. Apalagi sekarang sudah eranya web 2.0.

Saya belum sempat membaca bukunya hingga saat ini. Mungkin isinya tidak jauh berbeda dengan yang ada di web pribadinya tiga tahun terakhir.

Saftari juga menjadi narablog kesekian yang menerbitkan tulisannya menjadi buku. Gaya tulisannya yang sederhana, tip dan panduan yang detil, penggunaan bahasa yang baik, dan tema-tema yang inspiring, menjadi salah satu modal untuk menerbitkan buku.

Saya menganggap, blog dan buku yang diterbitkan dari tulisan di blog, menjadi pelengkap kekurangan masing-masing media itu. Artinya, yang “tidak atau belum” mempunyai akses ke dunia maya dapat membacanya secara off-line.

Sementara yang sering berkunjung ke blog Saftari, dapat memanfaatkan edisi cetaknya sebagai back-up informasi. Siapa tahu koneksi internet sedang down, padahal lagi asyik ngoprek gaya Saftari. 🙂

Ke depan, alangkah lebih baiknya, Saftari menerbitkan edisi e-Book kedua bukunya itu. Memudahkan pembaca yang tak mau repot membaca buku secara konvensional. Apalagi jika dapat diunduh secara free. Wow!

Soal buku terbaru Saftari, menariknya, dua tahun belakangan ini, di webnya, porsi tulisan safety driving-riding lebih dominan. “Ini dilandasi keprihatinan saya terhadap situasi jalanan di Jakarta,” kata dia di sela-sela acara.

Ikhtiar ini patut didukung, apalagi metode kampanye – jika boleh diistilahkan begitu – safety ala Saftari lebih menekankan asas manfaat daripada punishment. Pendekatan inilah yang menurut saya paling kena di hati para pengguna kendaraan.

KoBOI dan Firmansyah Saftari

Paling tidak setelah membaca buku ini atau menengok di situsnya, hati nurani para driver-biker tersentuh, lalu berubah menjadi lebih baik. Lebih santun di jalan raya. Semoga.

Foto-foto : nyantol dari blognya Bro Stephen dan Bro Henry. 🙂

4 responses to “Buku Baru Saftari, Si Tukang Oprek

  1. isi bukunya dominan safety rider ga? soalnya saya prihatin dgn gaya “balap” rider jalanan yg kebanyakan merasa dirinya valentino rossi – padahal ga pakai helm dan bannya gundul :hammer:

  2. Kulo tumbas anu mawon,halah anu..
    Tumbas solar, :mrgreen:
    Wah,keren tuh bro saftari mantep tuh, mosok 87 milis, anak2 n keluargax keurus ga tuh,hhe
    Mas nadi g ikt2n bkin buku mas? 😀

Tinggalkan Balasan

