Ganti Air Radiator, Kampas Rem Ikut Ganti


Sesuai petunjuk bapak presiden di buku manual, menginjak kilometer 9.600 sampai 10 ribu, air radiator wajib diganti. Untuk setersunya, penggantian cairan pendingin itu berlaku setiap 10 ribu kilometer. Karena penasaran saya tongkrongi mekanik saat menguras air radiator. Saya mengira penggantian dengan menyedot dari tutup atas atau dari tabung penyimpanan.

Ternyata menguras radiator di V-ixion mirip kalau kita menguras bak mandi. Ada sekrup di bagian bodi silinder sebagai lubang pembuangan. Letaknya di dekat lubang exhaust knalpot, persis dibawah radiator.

Usai ganti air pendingin, eladalah, mekaniknya bilang kalau kampas rem (brake pad) depan juga perlu diganti. Saya agak kaget, karena usia motor baru 6 bulan, kok, sudah ganti kampas rem depan? Namun, mengingat jarak tempuh dan kebiasaan saya menggunakan rem depan – 60 persen depan, 40 persen belakang, saya maklum. Apalagi setelah melihat alur kampas rem memang sudah menipis. Daripada celaka di jalan, langsung saya ganti.

Satu hal yang saya bertanya-tanya, proses servisnya itu yang alamaaaakkkkk…..suwe tenan. Dari mendaftar hingga serah terima kunci perlu waktu 2 jam. Saya mendaftar jam 09.30, kelar servis jam 11.30. Memang ruang tunggu beres Arista Cieteureup cukup nyaman: AC dan majalah motor (M+ dan Motodream).

Namun, menurut saya, untuk proses servis semacam itu perlu waktu 2 jam termasuk lama. Untung saya masih mabuk snaptu, sehingga tak begitu bosan menunggu.

Bagaimana menurut brother semua? Servis di atas termasuk lama? Standar? Atau biasa?

14 responses to “Ganti Air Radiator, Kampas Rem Ikut Ganti

  1. gimaca y cara memperbaiki kembali cakram depan,awal tmen saya mo ganti kampasnya eh,,,,,malah smuanya dah gk brfungsi neh/blong,,,,,,,bgi yg tau tlg infonya ke email q y

  2. kalo ampe 2 jam…lama sih,,,
    saya ud 18rb Km…1 th 4 bulan gthu dch…
    kampas rem dpn belakang baru mau penggantian pertama..padahal sering di pake ngebreak kalo lagi kebut2an…

  3. mirip Jomblo, Miminku Km 20ribuan lebih..
    kampas rem depan dah ganti2 x tapi kanvas belakang ganti 3x (1x karna bearing di velg kanan pecah, dan akhirnya bikin ban belakang oleng yg malah makan kanvas rem meskipun miring + piringan cakramnya juga kena)

    dulu lebih sering pake rem depan doang, tapi sekarang lebih sering rem depan+belakang (60% depan + 40% belakang)

    2 jam itu masuk kategori “kelamaan”, kmungkinan klo service resmi itu bagian administrasinya yg bikin lama..

  4. menurutku normal ganti kampas rem segitu
    feelingku, pancen motor yamaha itu rem depannya pakem banget, ditutul sedikit udah pakem.
    vixi ku nov 2008 km 23000, udah ganti kampas 3 kali.

    *opo aku sing abnormal yo?:mrgreen:

  5. Ati-ati mas wong ganti kampas dw wea iso gamping kok nyopot kampas ngarep. Nek 6 bulan kebangetan mas Motor Yamaha kuwi gawean Jepang loh kok dipadake Mochin… piye tho mekanike. Soale motor sampeyan motor larang .. tur ketho sampeyan duwe duwit… shag diabani apa wae gelem …Rem waton ora moni cit-cit beb wae. itu akal-akalene bengkel ben sampeyan tuku onderdil karena bengkele entuk komisi saka penjualan onderil plus masange.. kayo dokter kae nulis resep .. mengko entuk komisi saka Apotik utawa pabrik obat.

  6. apes,gak dapet podium..
    @MR
    keunggulan punya motor Suzuki,gak capek antri..
    beda sama Honda atau Yamaha yang harus setengah 8 aja,sudah ada yang antri..
    kebetulan,kemarin habis ganti kampas rem cakram depan belakang,yang depan sudah besi ketemu besi (abis banget)yang belakang sisa dikit.awalnya emang gak pakem,perlu penyesuaian ketebalan kampas rem dengan piringan.rasanya emang gak pakem perlu nekan lebih dalam kalo mau berhenti,tapi 3 hari sudah normal kok..ganti depan belakang habis 96 ribu berikut ongkos pasang itu dengan kartu member..

  7. wah aku gak due motor radiator n injeksi.
    kalo ganti kampas rem ya lumayan nambahnya kan? aku make suzuki,servisnya ga antri .kalo yamaha kan laris,waktu ngantri ikut nambah durasi.
    btw biasanya kalo habis ganti kampas rem cakram.awalnya malah tidak pakem.betul tidak?

Tinggalkan Balasan

