Speedometer versus GPS : Kenapa Menyimpang?


Menjajal fasilitas assisted global positioning system (aGPS) yang tertanam di ponsel ini cukup menarik. Dengan program Wisepilot yang terinstal di dalamnya, saya mencoba “merekam” perjalanan dari rumah menuju kraton gawean.

Saya ingin membuktikan benar nggak sih ada “penyimpangan” antara kecepatan speedometer dan GPS? Ternyata benar! Tadi pagi saya memacu hingga 80 km/jam (speedometer). Namun, GPS mencatat angka berbeda, yaitu 75 km/jam.

Sementara kecepatan rata-rata (average) hanya 35 km/jam. Weleh, alonrider beneran nih.

Untuk lebih jelas soal uji coba perbandingan kecepatan speedometer versus GPS silakan melongok websitenya Bro Saftari. Pertanyaan lanjutan, perlu nggak kita memiliki alat ini? Nah, silakan ngejunk berkomentar di warungnya Bro Stephen. :mrgreen:

Dia merupakan saksi hidup uji coba speedometer lawan GPS yang digelar Bro Saftari.

Iklan

8 responses to “Speedometer versus GPS : Kenapa Menyimpang?

  1. GPS seperti garmin 60CS x yang sudah menggunakan chip SiRFstar III . . .merupakan GPS yang nggak terlalu terpengaruh oleh tebalnya mendung langit . . .karena chipset ini termasuk yang high sensitifity . . . dan untuk sekedar memastikan keakuratan spedometer..alat ini sangat-sangat layak lah . . .
    bahkan ditengah topiary hutan belantara sekali pun, chipset ini masih bisa memperoleh sinyal satelit

    emang sih kalo di pake di tengah gedung seperti basement parkiran..susah..tapi apa iya mo ngetes performa motor di parkiran gedung? . . . dan yang pasti GPS memaang sering digunakan karena memang mudah diperoleh

    btw aku sendiri sudah mencoba mengukur keakuratan speedo vixi dengan GPS lho mas . . .

    bisa baca di sini : http://ninja250r.wordpress.com/2008/12/30/nyobain-gps-garmin-60csx-di-v-ixion/

    sebagai bahan bacaan referensi :

    http://en.wikipedia.org/wiki/High_Sensitivity_GPS

    http://en.wikipedia.org/wiki/SiRFstar_III

  2. Speedometer boil maupun kuda besi sdh diset pabrikan utk lebih cepat drpd kecepatan yg sebenarnya, hal ini berkaitan dgn unsur safety.Jd hal itu emang sengaja dibuat spt itu.

  3. @nadi
    Selama ini belum ada yang membandingkan dengan data logger ya?kalo GPS tergantung satelit,cuaca tak mendukung, mendung,ada gedung jadi kurang akurat.
    Ah tumben gw serius nih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s