Seberapa Cepat Servis Motor Injeksi?


BOD_YMKI

Servis motor injeksi diyakini lebih cepat dibandingkan motor tipe karburator. Ini karena mekanik tak lagi bongkar pasang karburator dan cover bodi untuk membersihkan dan menyetel ulang karburator.

Untuk motor injeksi, seperti Yamaha V-Ixion, Honda Supra X125 PGM-Fi, Kawasaki KLX 250, dan Suzuki Shogun Fi, sang mekanik hanya tinggal mengecek dari Fi diagnostic tools. Colok dan periksa. Kalau OK, alat diagnosa pun dicabut. Praktis pekerjaan mekanik, ketika servis standar, hanya mengecek kondisi rantai, ganti oli, fungsi sein dan lampu, serta cek tekanan angin ban.

Lalu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menservis motor injeksi? Iseng saya menghitung saat servis V-Ixion tadi pagi. Jam menunjukkan 09.55 WIB ketika mekanik membawa motor ke stand hidrolik. Kelar servis, termasuk test ride mekanik, jam menunjuk 10.20 WIB.

cut engine

Dengan demikian total waktu yang dibutuhkan untuk servis V-Ixion saya adalah 25 menit. Apakah waktu 25 menit itu termasuk cepat, biasa, atau lambat? Saya merasa lebih cepat dibanding motor konvensional. Apalagi dibandingkan motor bebek karburator yang musti bongkar sayap kiri-kanan.

Memang saya juga belum membandingkan, misalnya dengan menghitung waktu yang dibutuhkan Scorpio Z, atau motor sport karburator lain, ketika servis standar. Tapi sepertinya juga lebih cepat. Karena ya itu tadi. Nggak perlu bongkar-pasang dan setel ulang karburator.

8 responses to “Seberapa Cepat Servis Motor Injeksi?

  1. Betul Bro paling yg lama entu cuma ngantrinya doang. Motor Vixion gw aje cuma ganti oli, seting co & limiternya cuma 15 menit kelar.

  2. emang sih cepet (klw tanpa setel klep, gnti air radiator, bersihin kampas rem belakang), yg dicek cma itu stelan injeksiny, putaran langsam, ganti oli, bersihin saringan udara. Cuma satu yg biasanya mekanik ogah melakukannya, bersihin lubang nosel injeksi (padahal ini termasuk krusial bagi mereka yg sering pake gonta-ganti BBM kadang premium kdang pertamax, atw malah premium terus), karena lubang nosel ini harus keadaan tanpa kerak, klw terjadi kerak (krena BBM ga bagus/bersih) maka semprotan BBM ke dapur pacu motor berkuarang yg berimbas pada tenaga motor yg ngedrop, bahkan klw penyumbatanny parah bisa bener2 tersumbat dan jadi rusak injeksinya. Mkany sebaiknya nosel injeksi itu di bersihin tiap 3 bulan sekali pake semprotan pembersih kerak, misal merek megacools harganya skarang 20rbuan. Klw mo tahu cara bersihin injeksi cari di google (sebenarny mudah gwe sdh sering melakukanny tapi inget pencopotan komponen injeksi dari dapur mesin harus hati2, jgn smpe kabel di sekitarnya ketarik smpe putus, klw putus takutnya kena bagian sensor2 komponen yg lain).

  3. iya cepet banget, kadang belum selesai baca koran dah lese…..udah gitu sebelum n sesudah servis motor injeksi rasanya sama aja (nggak tau deh kl cm perasaan aja) beda ama motor karburator

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s