Untung Ada Tubeless Repair Kit


tubeless_kit.jpg

Sejak ganti ban tubeless saya langsung melengkapi diri dengan alat penambal ban tubeless (tubeless repair kit). Saya beli seharga Rp 60 ribuan di Ace Hardware. Repair kit itu saya simpan di bagasi motor V-Ixion. Just in case kalau bocor kena paku dijalan, langsung ditambal sendiri.

tubeless_kit.jpg (1)

Ndilalah seorang rekan, ban tubeless motornya, Yamaha MX135, kena paku beton. Jadilah tubeless repair kit simpanan beraksi menambal ban yang kena paku itu.

tambal_tubeless (18)

Begini prosesnya:

Paku dicabut menggunakan tang.

tambal_tubeless (23)

tambal_tubeless (13)

Tusuk bekas lubang paku dengan pen kikir. Gerakkan maju mundur 2-3 kali. Kayak Miyabi.

tambal_tubeless (28)

Siapkan karet penambal di jarum penusuk.

tambal_tubeless

Cabut pen kikir, masukkan segera karet kedalam ban.

tambal_tubeless (1)

Cabut perlahan jarum penusuk sambil agak dipuntir.

tambal_tubeless (2)

Karet penambal pun tertanam di dalam ban. Rapikan dengan cutter/silet. And ready to go!

tambal_tubeless (5)

14 pemikiran pada “Untung Ada Tubeless Repair Kit

  1. You actually make it seem so easy with your presentation but I find thgis matter to be actually something which I think
    I would never understand. It seems too complicted andd very broad for me.
    I am lookijng forward for your neext post, I’ll try
    to get the hang of it!

  2. kenapa ya setelah ane cb masukkan karet penambalnya dan saat akan tarik malah ikut ketarik keluar lagi.. ada tipsnya ga bro ?

    Thanks

    aa Ikhwan
    Red vixion – Tangerang

  3. Bro,
    1. ngomong2 kalo ganti standar MIO (brapa yah 16″
    yah? kalo ngga salah) bisa ngga sih ?

    2. trus ngaruh ke standar samping ngga yah?

    3. tambah berat dong yah ?

    tks yah..

    lam knal…

  4. itu ban tubles yang udh kena paku di cabutkan, terus pake pen kikir di masukin ke lubang bekas paku trus itu sampe tembus ke dalam ga ya si pen kikirnya??? tenks ya

  5. lha bekase tambalan koyo wudel bodong ngono mas? elik nhu hehe..
    bener mas elsabarto, yen bolonge cilik, ga perlu di gedeke nggo pen kikir mas, eman2 ban malah rusak mengko..
    thanx, artikel yg berguna

  6. cakep bro adhi .. beli juga ah *sambil cek dompet*, selain di ace hardware bisa cari dimana lagi? pernah nanya tukang ban dia bisa bantuin cariin yang kayak ditukang2 tambal ban, harganya 20rb-an … 20rb cuma karet nya doank kali ya ..

  7. wah mas klo aku sih lebih praktis pake lem superglue yg high quality, tinggal masukin moncong lemnya, tekan biar lem masuk merata ke sepanjang alur bocoran ban, tunggu 5 menit, boleh tambah angin lagi, selain itu serat gak tambah rusak ditojos, 😆

    lam kenal mas, aku jg cah solo 😀

    Wah brarti angin dihabisin dulu ya mas? Kalo pakai repair kit, angin nggak banyak keluar. Bisa ready to go dan nyari tukang pompa terdekat.
    Salam kenal juga. Nglemboro dimana mas?

    1. bisa dishare ga, selama ini pake super glue merk apa? bukan promo, niatnya hanya utk mempermudah pencarian yg recommended

  8. wahh jelas cing…
    trims atas rincian cara nambal tubeless nya.. but mo nanya klo klo mo ganti ban dari standar jadi tubles berapa beiayanya… musti ganti pelek jadi racing dulu yach.. trus yg bagus bengkelnya di jakarta dimana? ahas?
    motorku.. supra 125 tahun 2006 dgn velek standar.

    Mas is, coba hunting ke Jalan Otista, dekat Kampung Melayu, Jakarta Timur. Banyak pilihan disana.

    1. Kalau ban tubeless, kena paku nggak langsung kempis. Bisa 1×24 jam kempisnya, atau lebih (tergantung posisi paku, dan bukan paku yang berlubang tengahnya. Kalau paau jenis ini ya bablass angine).

      Waktu mencabut paku segera mungkin dimasukkan pen kikir. Fungsinya, selain menahan angin juga mengamplas pinggiran ban bagian dalam. Sehingga ketika karet penambal dimasukkan, langsung mengunci sempurna.

      Soal pompa memompa, karena angin di ban belakang masih cukup, hanya perlu 10 kali tekan pompa tangan, ban kembali keras. Begitu.
      *lagi males login dan nulis Boso Jowo*

Tinggalkan Balasan ke DFC Batalkan balasan