Murbei Mulai Bersemi


tunas_mulberry_10_Okt_2009 (11)

Sebelas batang stek mulberry (Bahasa Jawa:besaran/murbei) ini saya impor dari rumah Solo saat balik ke Jakarta, Minggu (27/9) silam. Saat membawanya, tanaman yang di Cina disebut Sangye, ini, saya ikat jadi satu dan bagian pangkalnya saya bungkus kertas koran berlapis dengan disiram air. Saya masukkan ke dalam tas kresek.

Sesampainya di rumah, Cibinong, sehari kemudian, tunas kecil mulai bermunculan di batang murbei ini. Surprise! Saya tak menyangka pertumbuhannya secepat ini. Dugaan saya, itu karena pangkalnya terus dalam kondisi lembab.

tunas_mulberry_10_Okt_2009 (1)

Segera batang-batang stek itu saya tanam di polybag. Sebelumnya polybag saya isi dengan kompos buatan sendiri dari tong aerob dan tong an-aerob yang sudah saatnya dipanen. Setelah ditanam disiram air secukupnya, diatasnya saya taruh kertas koran bekas bungkus. Gunanya untuk mengurangi penguapan air.

Rencananya setelah cukup kuat akar-akarnya akan saya pindah ke halaman belakang. Sekalian untuk garis demarkasi hidup. Lagi pula murbei ini banyak manfaatnya, diantaranya mengobati darah tinggi, kencing manis (diabetes), demam, batuk, malaria, rematik. Coba baca-baca di sini.

Foto-foto dibawah ini proses murbei sejak 1 Oktober lalu.

Murbei 1 Oktober 2009

tunas_mulberry_01_okt_2009 (3)

tunas_mulberry_01_okt_2009

Murbei 5 Oktober 2009

tunas_mulberry_05_okt_2009 (4)

tunas_mulberry_05_okt_2009

Murbei 10 Oktober 2009

tunas_mulberry_10_Okt_2009 (9)

tunas_mulberry_10_Okt_2009 (4)

7 responses to “Murbei Mulai Bersemi

  1. mgkin mas lbh berpengalaman soal murbei. Sy punya bakal bonsai dirumah (sy tgl ∂ï srbaya) , sy bawa δάƦî rumah ∂ï batu mlg. Sdh 1 minggu ini sy rawat, tp knp bbrp 2 harian ini saya menemukan pucuk2 daun baru nya ∂ï diami ulat. Чªñƍ akhirnya membuat bakal buah mengering. Apakah anda punya saran untuk saya.
    ♏∂ƙ∂șîħ

  2. Tambah semangat menanam nih, kebetulan saya baru saja beli bibitnya di pameran flora dan fauna, katanya sih murbei bangkok, bener nggak sih ada murbei bangkok?

  3. harusnya langsung aja tancepin ke tanah biar di adaptasi langsung kayak di depan rumah saya. gak pake disemai dulu. tanaman ini kan lumayan bandel

  4. hehehe.. aku jg tanam murbei tp di pot. Murbei adalah camilanku wkt kecil dulu… Pohonnya tumbuh di pinggir kali di belakang rumah.

    Sayang, murbei yang sudah saya pindah ke halaman belakang gagal hidup. Pertama, karena batangnya keinjak orang lewat. Kedua, saya terlalu buru-buru memindah ke tanah pas akhir kemarau. Mungkin, pas musim hujan baru dipindah. So sad.

Tinggalkan Balasan

