Bebek Bambu van Klaten


bebekbambu

Bonggol bambu, bagi pekerja kreatif dapat menjadi barang unik dan mempunyai nilai jual. Contohnya para perajin bambu di daerah Karangwuni, Klaten, Jawa Tengah. Akar bambu  yang bagi kebanyakan orang dianggap sampah itu disulap menjadi patung bebek yang menarik.

bebekbambu2

Dengan sedikit sentuhan seni, bebek-bebek itu siap menjadi penghias taman di rumah. Harganya juga murah meriah. Saat mudik lebaran lalu, saya membelinya seharga kurang dari Rp 20 ribu per biji. Yang ukuran kecil dilepas seharga Rp 7 – 10 ribuan.

bebekbambu4

Modelnya macam-macam. Ada bebek yang masih terlihat untaian akar bambunya, maupun bebek yang sudah klimis plus divernis. Saya sendiri lebih menyukai bebek berambut karena terlihat unik. Cocok dipajang di halaman rumput depan rumah.

bebekbambu3

Ibu pemilik workshop, saya lupa namanya, mengaku dapat menjual 500 patung bebek bambo per hari selama musim lebaran. Sementara hari-hari biasa laku sebanyak 200-an patung.  Para perajin mengandalkan bahan baku bambu yang banyak terdapat di desa-desa sekitar Klaten.

bebekbambu1

Tertarik? Lokasi para perajin bebek bambu  ini ada di sepanjang Jalan Raya Solo – Klaten, tepatnya di daerah Karangwuni. Di kanan-kiri jalan raya itu terdapat sejumlah  workshop milik para perajin bonggol bambu itu.

Iklan

5 responses to “Bebek Bambu van Klaten

  1. ingin buka cabang di bandung bisa tidak?????
    soalnya disini terdapat cukup banyak Bahan baku untuk membuat Bebek dari bonggol bambu itu.
    kalau bisa gimana caranya

  2. tadinya ini kelakuan iseng kreatornya.ngeliat bonggol bambu mirip bebek dijadiin bebek. Alhamdulillah,membuka lapangan kerja bagi penduduk sekitarnya…

  3. Wah mantap bener nih bebek-bebekan ….

    Soalnya kehabisan melulu bebek gorengnya Pak Slamet, Solo. Kalau ini khan awet Mas Iksa. Penawar kecewa nggak sempat nyoba bebek goreng Pak Slamet yang katanya mak jooozzz itu….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s