Secangkir Kopi di Bengkel Resmi


kopi GP Motor

Ada kejutan menyenangkan ketika menunggu giliran servis rutin di GP Motor, Jalan Raya Bogor Km 47, Nanggewer, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu pekan lalu. Karena sedang menjajal modem 3,5G AXIS, saya pun membawa laptop ke bengkel resmi Yamaha itu. Ruang tunggu konsumen di sebelah tempat servis saya pikir layak untuk browsing kecil-kecilan.

Soalnya, sinyal AXIS tak tertangkap di rumah saya di kawasan Pondok Manggis, Bojong Baru, Bojong Gede, di kabupaten yang sama. Mungkin juga karena lokasi rumah saya yang berada di “lembah” sehingga tak semua sinyal ponsel  terdeteksi.

GP Motor merupakan bengkel resmi (beres) langganan saya.  Sabtu pagi, sebelum servis, saya telepon dulu bagian administrasi bengkel untuk early regristration.  Usai mandi dan selembar roti isi selai strawberi, saya pun menuju bengkel. Daftar ulang, serahkan kunci kontak, dan menuju ke ruang tunggu konsumen.

Karena melihat ada meja kosong di bagian customer service, saya minta ijin numpang menggunakan kursi  dan meja. Laptop pun saya hidupkan, colok modem, dan sinyal 3,5G AXIS (WCDMA) pun terdeteksi walaupun tidak full. Sekitar lima menit kemudian seorang staf pria menghampiri saya dan berkata ,” Bapak mau minum kopi?”

Terus terang saya kaget, agak ragu-ragu saya pun mengangguk. Belum habis kesangsian saya, staf wanita, yang mungkin lebih senior, mempersilakan saya untuk menggunakan meja yang lebih privasi di bagian dalam. “Ada colokan listriknya pak.”

Tanpa pikir dua kali saya pun berpindah tempat ke sebuah meja kaca dengan empat kursi. Saya rada menyesal karena tidak membawa adaptor laptop. Ya, sudah toh baterai masih full, cukup untuk dua-tiga jam kedepan.

Tak berapa lama kopi instan pun datang. Saya ucapkan terima kasih, dan meneruskan browsing sembari membuka email, facebook, maupun blogwalking. Cukup lama juga saya ngenet di GP Motor, soalnya ada beberapa part yang musti diganti.

Previlege semacam itu baru pertama kali saya dapat di bengkel yang cukup besar ini. Bagi saya, itu lebih dari cukup bagi konsumen. Memang ada program coffee break setiap hari Jumat bagi konsumen yang menservis motornya di sini.  Kalau pun saya mendapat secangkir kopi di hari Sabtu, saya anggap itu sebuah pelayanan ekstra. Dan saya menghargai itu.

GP Motor Nanggewer

Apa karena saya menggunakan laptop? Sepertinya iya. Namun bukankah setiap konsumen perlu mendapat pelayanan sesuai dengan kebutuhannya? GP Motor, dalam hal ini, entah karena briefing dan supervisi dari top management, atau karena sadar konsumen, telah memberikan pelayanan sesuai kebutuhan pelanggan.

Pada Sabtu itu, saya, selain membutuhkan layanan servis dan part motor, juga “butuh” tempat yang memadai untuk ngenet. Dan kebutuhan sekunder saya itu dijawab dengan apik oleh staf GP Motor.  Saya membayangkan seandainya bengkel ini dilengkapi dengan layanan internet seperti Yamaha Flagship Shop, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, tentu akan lebih afdol.

Memang diperlukan investasi lumayan untuk menyediakan layanan internet bagi pelanggan. Tapi mungkin bisa menggunakan sistem kuota waktu. Misalnya, per pelanggan dijatah ngenet selama 20-30 menit – waktu rata-rata yang diperlukan mekanik untuk menservis sebuah motor.

Penggunaan diatur sesuai nomer antrian motor. Jadi waktu tunggu konsumen yang sekian puluh menit itu tidak akan membosankan, karena selain dapat menikmati tayangan televisi juga sekalian fesbukan.

BTW, saya sangat apresiatif terhadap layanan yang diberikan GP Motor itu. Jika layanan serupa diterapkan di beres-beres lainnya, saya yakin, itu akan menjadi nilai tambah bagi merek sepeda motor dengan simbol garpu tala ini. Bagaimana Yamaha Indonesia? Bagaimana merek lainnya?

4 responses to “Secangkir Kopi di Bengkel Resmi

  1. wqkkqkq mungkin mas dikira orang penting temannya yg punya bengkel. abisss ngenet tempat awalnya di meja CS, jarang ada customer berani xixixixi

  2. Jadi inget waktu serpis mubil di auto 2000 Yasmin

    Ruang tunggu Service seperti Lounge, ada snack, kopi, teh, mi instan sedu, plus . . . Kursi pijat elektrik

    nyamannya Puoool 😀

Tinggalkan Balasan

