Me and Husky (Part 2) : Fuel & Oil


isi bensin shell super extra

Bahan bakar apa sih yang digunakan Husqvarna 125SM? Di buku manualnya tertulis, rasio kompresi  8,8:1. Berarti bisa dong minum premium atau bahan bakar beroktan dibawah 92? No! meski spesifikasi yang diminta adalah unleaded gasoline, tapi tidak disarankan untuk mengkonsumsi premium dan sekelasnya.

“Minimal oktan 92, seperti Pertamax,” kata Wahono, Manajer Servis PT Sentra Kreasi Niaga (SKN), distributor resmi Husqvarna di Indonesia.

Oleh sebab itulah saya memilih kasta tertinggi bahan bakar yang diniagakan di Tanah Air: Pertamax Plus dan Shell Super Extra. Soalnya kedua merek ini stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) relatif tersebar luas dibanding Petronas atau Total yang baru masuk awal tahun ini.

indikator oli samping

Husqvarna 125SM yang saya jajal itu bermesin dua langkah (2 stroke/2T). Pabrikan merekomendasikan merek Agip untuk oli samping dan oli mesin. Kebetulan oli samping sudah waktunya diisi ulang.

Tandanya, indikator oli di panel speedometer menyala merah. Oli rekomendasinya adalah Agip Speed 2T Full Syntetic. Volume 1 liter. Harganya Rp 150 ribu.

oli agip 2T speed full syntetic

Cara mengisinya sih biasa. Cuma proses buka tanki olinya yang unik. Seperti ini:

Kait jok dibuka dengan cara diputar ke kiri.

kunci sadel husky125sm

Jok dilepas. Bentuknya seperti ini.

sadel husky125sm

Di bagian bawah jok terdapat part number penting.

label part di bawah jok

Terlihat tangki oli dan kabel sensor.

tangki dan sensor oli

Oli siap dituang.

tuang oli agip 2T

Iklan

7 responses to “Me and Husky (Part 2) : Fuel & Oil

  1. wew… bro ne motor 2 tak ya?? masih ada yg baru gak bro??
    btw itu pengabutannya masih pake karburator atau udah direct injection?? soalnya ada tulisan ECU 2 di speedometernya?

  2. gimana kalo kita tukaran motor bro? gak masalah kok Suzuki Smash teromol edition dituker Husky.gw rela,gw ikhlas,apalagi satu paket sama helm AHM..
    sip tenan..

  3. Udah dites dijalan raya semplak dan daerah menteng bogor belum? gimana ya rasanya? 😀

    Udah ditest harian Bro, Cibinong-Jakarta pp. Untuk ligt off-roadnya saya jajal di kawasan Jonggol. Emang ada apa dengan Jalan Raya Semplak dan Menteng Bogor? Ancur ya bro?

  4. td sambil mbayangin jumping2 nglibas polisi tidur di kompleks yg tiap 10 meter ada, kyknya asik pake SM ini hehehe… di tunggu part action nya 🙂

    Kalo cuma sleeping police aja langsung libas bro. Suspensi depan Marzocchi dan belakang Sachs emang tiada duanya.

  5. bawa ke hutan donk. biar tau gmana feel nya.

    Mas kuro, yang saya bawa itu jenis supermotard (SM), jadi gak cocok kalo dibawa ke hutan. Lha wong bannya tipe jalan raya. Kecuali yang Husqvarna model cross country, dual purpose, motocross, atau enduro. Begitu. Salam.

  6. cakep abis.. wajarlah klo pertamax plus.. ato minum dr benua asal nya sj.. shell/total. hiks2.. coba mampu beli.. bro review action nya dung.. pas jumping2 gitu.. di test ga?

    action nantikan part selanjutnya. Kalo untuk naik tanggul setinggi orang sih enteng. Tuh, lihat di gambar tajuk blog. Jumping2? emang kuda lumping? hehehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s