TVS Rockz, Si Bebek yang Bernyanyi


Duo TVS Rockz

Terobosan anyar dilakukan TVS Motor Company Indonesia dengan meluncurkan TVS Rockz, sepeda motor underbone (bebek) bermesin 125 cc. Rockz memungut semua fitur unggulan TVS Neo : i-Ride, i-Econo, i-Start, Duralife Engine, maupun i-Space.  Tentu tidak hanya itu inovasi yang disematkan ke TVS Rockz.

Setidaknya ada empat  fitur baru yang dijejalkan ke sepeda motor yang baru diluncurkan di pabrik TVS Motor Company Indonesia (TVSMCI), Kawasan Industri Suryacipta City di Karawang, Jawa Barat, tadi siang.

Yang paling unik adalah Integrated Music System (IMS). Panel kontrolnya ada di tengah bodi. Mirip tombol remote control televisi. IMS mampu memutar MP3 dan radio FM. Untuk memainkan MP3, pengendara hanya perlu mencolok flashdisk yang berisi lagu-lagu MP3 ke dalam USB yang tersedia di bawah setang kiri.

TVS IMS & speaker

Tekan tombol on pada panel control dan music pun terdengar dari speaker yang terpasang di kanan-kiri sayap dalam. Hebatnya lagi, panel control dan speaker yang terpasang diklaim tahan air dan cuaca. “Kami sudah melakukan sejumlah test ketahanan khusus fitur IMS,” kata Kulkarni P.V, Head Enginering TVSMCI, kepada saya sewaktu mendapat kesempatan berkunjung ke pabrik TVS Motor Indonesia, Kamis pekan lalu.

TVS speaker stereo

Adalah Rudi Kurniadi, teman baik saya yang kini menjadi bos Majalah MotoRev, yang berinisiatif mengajak sejumlah teman untuk berkunjung ke pabrik TVS, Kamis pekan silam. Sebuah kesempatan langka tentunya. Melihat dari dekat proses perakitan motor-motor TVS dan bertemu dengan jajaran manajemen TVSMI antara lain B.L.P Simha, Presiden Direktur, K. Vijaya Kumar, Director-Sales and Marketing, dan Nurlida Fatmikasari, Corporate Communications.

Saat itu, ketika ditanya apa saja test yang dilakukan terhadap perangkat IMS, Kulkarni menjawab ,”Kami semprot secara berkala dengan air dan dipanaskan di matahari berulang-ulang.” Oleh karena itulah TVSMCI menjamin penuh durabilitas fitur IMS. “Konsumen dapat mencuci motor sambil mendengarkan music,” kata Vijaya Kumar.

Fitur baru kedua, kunci ganda anti maling (double anti theft lock).  Dioperasikan melalui kunci bagasi yang menyatu dengan standar tengah. Jadi sekali gerakani, mesin mati, standar tengah pun terkunci. Tak hanya itu, di dekat bagasi terdapat tombol untuk memutus arus pengapian.  Fitur anti maling yang bertingkat ini adalah yang paling lengkap dibanding motor-motor yang diproduksi di Indonesia.

TVS Rockz gas shockbreaker n triangle muffler

Inovasi ketiga ada pada shockbreaker belakang yang sudah dilengkapi tabung gas. Fungsinya untuk memaksimalkan kinerja per keong sewaktu dikendarai. Secara tampilan model shockbreaker gas ini memang lebih sporty. Apalagi dipadu knalpot berdesain segitiga. Kesan sporty langsung terasa.

TVS LED sign front

Terobosan keempat yang disandang TVS Rockz adalah penggunaan lampu light emitting diode (LED) pada sein depan dan belakang. Sinar LED lebih terlihat walaupun di siang hari yang terang benderang.

LED juga terpasang di bagasi yang cukup luas. Ketika pengendara membuka jok dan akan mengambil barang-barang yang tersimpan di bagasi akan dengan mudah menemukan benda yang dicari.  Fungsinya mirip dengan lampu kabin di mobil.

TVS Lampu LED bagasi

Aplikasi sejumlah fitur unggulan itu penting mengingat TVS Rockz bermain di pasar yang kompetisinya sangat keras. Di kelas ini ada Honda Supra X 125 (karburator dan injeksi/PGM-Fi), Suzuki Shogun 125 (karburator dan injeksi). Ada pula Kawasaki Athlete 125 dengan tampilan yang cukup garang.

Sedikit diatasnya, ada Yamaha Jupiter MX 135 dan Kawasaki ZX 130. Sementara di bawahnya, di segmen 110 cc terdapat Honda Blade, Absolute Revo, Yamaha Jupiter Z, Suzuki Smash, dan sebagainya. Intinya medan perang yang dimasuki TVS Rokcz mirip perang Bharata Yudha. Ramai dan ganas!

Maju tak gentar, TVS menjawab tantangan itu dengan mencangkokkan fitur-fitur unggulan di sepeda motor produksinya , terutama TVS Rockz.  B.L.P Simha Presiden Direktur TVSMCI dengan gayanya yang kalem namun optimis, menegaskan, sejumlah fitur inovatif yang dipasang pada TVS Rockz merupakan kebutuhan konsumen Indonesia.

“Sebelumnya kami telah melakukan riset lebih dari setahun. Kami mencari tahu apa saja yang diinginkan konsumen motor di  Indonesia. Jawabannya adalah Rockz,” kata Simha.  “Sesuai dengan konsep TVS – Anda Inspirasinya,” ujar Simha. Harga yang ditawarkan pun cukup bersahabat, kurang dari Rp 14 juta.

Pekerjaan rumah paling berat yang harus dilakukan TVSMCI adalah meluaskan layanan 3S ke sejumlah kota-kota potensial di Tanah Air. Membangun citra sebagai motor berkualitas dengan fitur inovatif juga perlu dilakukan secara simultan.

Salah satu cara sederhana membangun kepercayaan konsumen adalah menyediakan unit test ride di semua dealer TVS. Berikan kesempatan kepada calon konsumen untuk merasakan sendiri bagaimana riding style, riding feeling, riding ergonomic motor-motor TVS. Karena konsumen kini makin cerdas. Mereka perlu bukti sebelum menentukan pilihan. Bagaimana TVS? Ready to Rock and Roll?

73 responses to “TVS Rockz, Si Bebek yang Bernyanyi

  1. wadoohhhhh,,, tvs rockz!!! gak sesuai yg d promosiin,,,
    getaran motonya gk nahan,,
    oper gigi jga nyangkut mulu..,,,

    yg diandelin dr tvs musick n radionya ok jga koq,,,

  2. Hmmmm…
    bgus sih!! Tp, lampu depannya kurang menarik,.,..,
    Coba lampu depannya di desain lebih Serem lagi .,,,..,

    Bwt apa ada ims nya, klo g bleh d pke smbil di kendarain ???

  3. spesifikasi mesin blelakangan lah mengingat tvs berani memberi garansi mesin selama 5 tahun yang penting fiturnya itu lho ada tambahan++

  4. Lampu depan mirip Vega ZR…area sein depan mirip Shogun 125, sayap depan mirip Jupiter MX…gimana jeroannya? Rangkanya model apa, spek karburatornya, bore x stroke, sekalian ditunggu hasil test lengkapnya, torsi, top speed, stabilitas rangka, getaran mesin (TVS apache saat kenceng bodinya getar banget), konsumsi BBM…spare partsnya mirip ama honda atau tidak?

  5. sejak TVS muncul…. gw cukup respect dengan kemunculannya, kualitas motor ini ga bisa dianggap enteng. Cukup inovatif.
    Mirip bukan berarti flagiat…
    karena originalitas itu sendiri tidak absolut…. ketika motor2 baru muncul, dapat dipastikan karena adanya acuan dan inspirasi dari bentuk motor lain. Pabrikan manapun seperti itu……………….
    jadi, ga bisa sembarangan ngatain flagiat..
    Coba kita flash beck:
    Supra x adalah bebek pertama di indonesia yg mengaplikasi body dan sayap padat, setelah itu ada jupiter Mx yang juga bersayap kekar.
    satelah itu juga muncul arashi yang berbody kekar. mereka mengusung konsep yang sama,walaupun dibilang bebek tanpa sayap. tapi tidak bisa dibilang saling meniru……..
    Orang Indonesia jangan terlalu Jepang minded lah… buktikan dari kualitas……
    Mau India, eropa, arab…apa kek…. kalo kualitas bagus ya…. jangan mencibir seenak perut. Lebih objektif bro.
    Begitu juga dengan lampu sein di bawah, itu termasuk trend baru tahun 2004

  6. GILA benerrr tuh si India harga irit fiturnya nyang selangit, coba produk motor nasional kita yg sperti itu, pasti nya lebih yahuuud. Ayo produksi sepeda motor nasional tunjukkan tajimu jgn kalah ama goyang indihe meregehese.

  7. Gw appreciate kreativitas TVS menancapkan fitur entertain ke motor. tapi kalo menurut gw fitur itu gak terlalu worthed fungsinya. paling berguna pas nongkrong bareng temen. kalaupun dinyalain di jalan, malah ganggu pengendara di sekitar. kalo emang motor yang disematin fitur beginian kayak motor Honda Goldwing, alias emang buat turing dengan kenyamanan tiada duanya, bolehlah… tapi ini kan motor BEBEK.

    Mungkin ini upaya TVS meningkatkan brand image kali ya… sukses deh TVS!

  8. waaah TVS emang kereeeen…

    buat yang sirik, klo emang loe ga cocok ma TVS mending beli noh motornya rossi atau apalah yang menurut loe cocok hahhaha

  9. Ping-balik: TVS Rockz, Si Bebek yang Bernyanyi·

    • saya sudah banyak lihat yg pakai sepmor tvs dl langsa body nya keren apalagi yg motor gedeknya sporty abiz. kalau boleh saya saran coba tvs luncurkan yg metik kayaknya mankin seru apalagi fiturnya sama ama rockz pasti muantap karna di aceh lagi maraknya metik . tolong dipertimbangkan ya boz .pecinta tvs kayaknya dah mulai bermunculan di aceh. bek trep-trep beh.

  10. mba mieke katanya TVS mo keluarin motor seri terbaru lagi selain rockz … yang baru ini katanya lebih gelo lagi .. semua fitur rokz masuk .. plus GPS (global positioning system) bener ngga ya? makin heboh aje nih motor India?? tukang ojek ngga nyasar lagiii…dua jempol buat TVS..

  11. Thanks a lot…
    Rame banget tentang TVS RockZ 125 cc.

    O ya, mau informasikan juga untuk yang berminat membeli TVS RockZ 125 cc, bisa testride dulu di area test ride TVS Motor di Jakarta Fair Kemayoran yang akan berlangsung sampai dengan tgl.12 Juli 2009. Pembelian bisa dilakukan disana.
    Secara nasional, TVS RockZ 125 cc bisa didapat setelah tgl.15 Juli 2009.

    Untuk program pembelian di Jakarta Fair,
    ada penawaran menarik setiap pembelian unit motor TVS di stand TVS Motor, setiap minggunya ada hadiah undian menarik Black berry Bold, TVS LCD dan Communicator.

    Di akhir periode Jakarta Fair akan ada hadiah undian utama : motor yang dibeli akan menjadi Hadiah alias Gratis.
    Misalnya pembeli yang namanya ikut diundi mau beli TVS RockZ 125 cc, dan setelah diundi namanya keluar sebagai penerima hadiah utama, maka TVS RockZ yang mau dibeli itu, jadinya gratis.
    Oke banget kan? 🙂

    Best Regards,
    Mieke

    Diatas adalah informasi dari Mbak Mieke Corporate Communication TVS Motor Company Indonesia. Thanks Mbak Mieke, sudah bersedia mampir. Salam dan sukses selalu.

  12. Rupanya ni dia motor yg pernah nyalip gw, pas gw lg perjalanan ke bandung, di daerah tomo sumedang.

    Gw tau, ni motor lg tes ride, soalnya biker nya pake wearpack balap. Gw cm liat sekelebatan, yg gw inget cm bentuk lampu belakang sm knalpot segitiga doang. Tu kejadian dah bbrp bln lalu.

    Gile nih motor kenceng amir, pdhl gw pk Jupiter MX.

  13. wah, motor cuantik…(koq cantik? kayak luna maya aja)
    ada musiknya ok banget, juga gak repot ada anti maling segala.
    sistem anti malingnya kayak apa ya?

  14. mantap ni motor kayaknya. saya dah nyoba yang neo110, untuk perjalanan jauh sangat stabil (gak goyang). jadi pingin nyoba nyang 125 ni…bole tuker tambah gk ya? 😀

  15. sayang y.,.,.,.,,,.,.
    fitur bagus ,pi modelna ABSOLUDREVO ABIES,.,.,.
    pa ni strategi penjualan, yo biar d sangka KAYAK MONGTOR HONDA(pi bukan/tiruane)

  16. @ Nadi
    thx bro atas infonya………gw jg user TVS, Apache RTR160…en mengenai nongolnya si the Rockz…hal ini pernah dibicarakan oleh pengguna TVS (liat di blognya Kang Awi..)en gw juga pernah disurvei ama salah satu org ATPM TVS mengenai penambahan fitur2 tsb…waktu itu gw sampaikan, selama fitur2 tsb tdk mengganggu dlm riding…silahkan..dan tolong dikasih sticker peringatan….toh kalo ternyata ada (sticker) syukur dech…gw harap si user the Rockz bisa mengerti en tau sikon kapan menggunakan fitur tsb…mengenai komponen anti maling en lampu di bagasi..wuihhhh..salut..

  17. wuihh….
    keren gila…!!!
    tadinya sih gw mw beli H**** B****
    tapi setelah liat nih motor,kayaknya patut jg dipertimbangkan..
    saat santai bisa denger musik n gak perlu takut kemalingan..sudah ada kunci ganda anti maling ditambah gembok di cakram depan…pasti aman…
    soal desain yg mirip2 ma motor jepang sih,gak peduli…
    tolong ya mas,ntar kasih tw spesifikasi lengkapnya..

  18. @bro yadakuzuma
    setau gua bahan tvs bagus bgt tu,pas di dealer pernah tu di coba injek2 tu board depan gak patah / pecah….jadi menurut kalo jato pun masih perbaikan kecil kale…..
    makin PD ne pake brand nya TVS….asal TVS inget tu purna service nya di tingkat kan !!!!setuju ???

  19. 🙄 baguz juga, tp itu kalo jatoh gimana ya, 😐 paling gak selain kluar duit bwt ganti kuping pasti jg ganti speaker ato malah ganti ims semuanya lagi ❓ ❓ ❓

  20. kapan tvs rockz kluar??
    truz harganya qra2 smpe brp ya???

    Kata orang TVS Juli baru ada di dealer. Harganya paling mahal Rp 13,7 juta (CW).

  21. Salute buat TVS yg mluncurkan Rockz dgn fitur audio di motor. Tapi apakah fitur ini benar2 yg dibutuhkan ama konsumen Indonesia, perlu diingat…gw pribadi liat orang naek motor trus sambil ber-hp ria aja udeh empet alias kesel…apalagi tambah satu fitur ini…apakah ga mengganggu pengendara yg laennya…klo dinyalain pas brhenti sech no problem…nah kalo dijalan….bisa2 makin ga konsen aja nech..please Ride with Care….en be Ride Safe

    • Mas Punkasila, di atas peranti IMS, tertempel stiker peringatan yang intinya “Jangan menyalakan IMS sewaktu berkendara, demi keselamatan.”
      Pihak TVS, ketika saya tanyakan masalah ini juga tidak merekomendasikan IMS dinyalakan saat berkendara. “Putar musik hanya ketika motor berhenti, ketika hangout atau beristirahat,” begitu kata Vijaya Kumar.
      Toh semua berpulang kepada si biker. Sama seperti ketika mengemudi mobil sambil menelpon atau memutar musik kencang-kencang bukan?
      Yes, saya setuju Ride with Care and Safe. Salam.

  22. Lampu depan mirip Vega ZR…area sein depan mirip Shogun 125, sayap depan mirip Jupiter MX…gimana jeroannya? Rangkanya model apa, spek karburatornya, bore x stroke, sekalian ditunggu hasil test lengkapnya, torsi, top speed, stabilitas rangka, getaran mesin (TVS apache saat kenceng bodinya getar banget), konsumsi BBM…spare partsnya mirip ama honda atau tidak?

  23. TVS itu motor apa tivi? gue baru ngeh kenapa honda revo iklannya kaya gitu ,ternyata ini dia sebabnya , teknologinya ngga kekejar bro keder jadinya , kalo motor jepang dengan fitur bebek super ini pasti harganya selangit, makanya ngga pernah ada fitur seperti ini di bebek jepang , takut kemahalan apa ngga kepikir ya? masa kalah sama motor india , good job lah buat TVS.

  24. busheet dengan semua fitur itu harganya cuma 14 jutaan .. nih india bener2 nekat … jual rugi ngga mungkin lahhh .. India gitu loch … tapi kok bisa murah ??? … kalo qualitas gue ngga ragu lagi … soale neo tetangga gue sampe hari ini masih ngacir ga ada masalah .. yang ngga masuk akal harganya bro? ada yang bisa kasih pencerahan ? dan delalernya di jakarta timur dimana ya?

  25. MAntab, semakin percaya dengan kualitas motor TVS, setelah saya pake Apache RTR 160 yang kuat, cepat, irit …

  26. coba harga bebek dibikin mahal.. harga batangan dibikin murah
    then.. yang komentar bebek bakal bilang..
    huh.. cuma motor BATANGAN!

    btw.. ga bisa ngebayangin di lamer banyak ROCKZ semuanya pake loud speaker full volume, tapi lagunya beda2.. dah mirip lapak cd bajakan di mal-mal ;))
    tapi tetep salut.. dan masih ga bisa ngebayangin kalo fitur2 di rockz ada di motor2 jepun.. pasti motor jepun harganya jadi selangit :p

  27. mantab abissssssss……………..buat ilangin BT waktu jalan jauh ini baru mantap.buat tau situasi jalan macet bisa denger via FM mantap coy……
    inspirasi berikut kasi DVD pasti yang laen abis d…..

  28. wah najis banget sih, stop lamp ma front lamp depan..
    ngikut supra125x ma NewShogun125,…
    padahal smua fitur da oke..sayang bgt, desainnya plagiat.

  29. Ping-balik: Minerva Sachs 250R Paling Laris Dipesan « Lesehan di awiguna BLOG·

  30. Ping-balik: Nama Motor Bebek 125 cc TVS: Rockz « Lesehan di awiguna BLOG·

  31. Ping-balik: Nama Motor Bebek 125 cc TVS: Rockz « Lesehan di awiguna BLOG·

  32. wuiihh fitur IMS-nya boleh juga tuh, lucu juga kaya’nya, daripada modif2 sendiri nambahin music system di motor.

  33. asyik juga
    asal jgn cuma bisa nyanyi dan goyang india aja.
    he..he..
    lucu deh naik motor pantat sambil geal-geol.
    🙂

  34. Perangkat IMS nya rawan dicuri ng? alias dicongkel gitu. mirip tape mobil. aman ng klo ditinggal di parkiran..?

    Hemm, kayaknya agak repot buat dicongkel. Soalnya, unit pemutar dan USB port terpisah. Mungkin diambil sekalian dudukan setangnya hehehehe….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s