TVS Rockz, Si Bebek yang Bernyanyi


Duo TVS Rockz

Terobosan anyar dilakukan TVS Motor Company Indonesia dengan meluncurkan TVS Rockz, sepeda motor underbone (bebek) bermesin 125 cc. Rockz memungut semua fitur unggulan TVS Neo : i-Ride, i-Econo, i-Start, Duralife Engine, maupun i-Space.  Tentu tidak hanya itu inovasi yang disematkan ke TVS Rockz.

Setidaknya ada empat  fitur baru yang dijejalkan ke sepeda motor yang baru diluncurkan di pabrik TVS Motor Company Indonesia (TVSMCI), Kawasan Industri Suryacipta City di Karawang, Jawa Barat, tadi siang.

Yang paling unik adalah Integrated Music System (IMS). Panel kontrolnya ada di tengah bodi. Mirip tombol remote control televisi. IMS mampu memutar MP3 dan radio FM. Untuk memainkan MP3, pengendara hanya perlu mencolok flashdisk yang berisi lagu-lagu MP3 ke dalam USB yang tersedia di bawah setang kiri.

TVS IMS & speaker

Tekan tombol on pada panel control dan music pun terdengar dari speaker yang terpasang di kanan-kiri sayap dalam. Hebatnya lagi, panel control dan speaker yang terpasang diklaim tahan air dan cuaca. “Kami sudah melakukan sejumlah test ketahanan khusus fitur IMS,” kata Kulkarni P.V, Head Enginering TVSMCI, kepada saya sewaktu mendapat kesempatan berkunjung ke pabrik TVS Motor Indonesia, Kamis pekan lalu.

TVS speaker stereo

Adalah Rudi Kurniadi, teman baik saya yang kini menjadi bos Majalah MotoRev, yang berinisiatif mengajak sejumlah teman untuk berkunjung ke pabrik TVS, Kamis pekan silam. Sebuah kesempatan langka tentunya. Melihat dari dekat proses perakitan motor-motor TVS dan bertemu dengan jajaran manajemen TVSMI antara lain B.L.P Simha, Presiden Direktur, K. Vijaya Kumar, Director-Sales and Marketing, dan Nurlida Fatmikasari, Corporate Communications.

Saat itu, ketika ditanya apa saja test yang dilakukan terhadap perangkat IMS, Kulkarni menjawab ,”Kami semprot secara berkala dengan air dan dipanaskan di matahari berulang-ulang.” Oleh karena itulah TVSMCI menjamin penuh durabilitas fitur IMS. “Konsumen dapat mencuci motor sambil mendengarkan music,” kata Vijaya Kumar.

Fitur baru kedua, kunci ganda anti maling (double anti theft lock).  Dioperasikan melalui kunci bagasi yang menyatu dengan standar tengah. Jadi sekali gerakani, mesin mati, standar tengah pun terkunci. Tak hanya itu, di dekat bagasi terdapat tombol untuk memutus arus pengapian.  Fitur anti maling yang bertingkat ini adalah yang paling lengkap dibanding motor-motor yang diproduksi di Indonesia.

TVS Rockz gas shockbreaker n triangle muffler

Inovasi ketiga ada pada shockbreaker belakang yang sudah dilengkapi tabung gas. Fungsinya untuk memaksimalkan kinerja per keong sewaktu dikendarai. Secara tampilan model shockbreaker gas ini memang lebih sporty. Apalagi dipadu knalpot berdesain segitiga. Kesan sporty langsung terasa.

TVS LED sign front

Terobosan keempat yang disandang TVS Rockz adalah penggunaan lampu light emitting diode (LED) pada sein depan dan belakang. Sinar LED lebih terlihat walaupun di siang hari yang terang benderang.

LED juga terpasang di bagasi yang cukup luas. Ketika pengendara membuka jok dan akan mengambil barang-barang yang tersimpan di bagasi akan dengan mudah menemukan benda yang dicari.  Fungsinya mirip dengan lampu kabin di mobil.

TVS Lampu LED bagasi

Aplikasi sejumlah fitur unggulan itu penting mengingat TVS Rockz bermain di pasar yang kompetisinya sangat keras. Di kelas ini ada Honda Supra X 125 (karburator dan injeksi/PGM-Fi), Suzuki Shogun 125 (karburator dan injeksi). Ada pula Kawasaki Athlete 125 dengan tampilan yang cukup garang.

Sedikit diatasnya, ada Yamaha Jupiter MX 135 dan Kawasaki ZX 130. Sementara di bawahnya, di segmen 110 cc terdapat Honda Blade, Absolute Revo, Yamaha Jupiter Z, Suzuki Smash, dan sebagainya. Intinya medan perang yang dimasuki TVS Rokcz mirip perang Bharata Yudha. Ramai dan ganas!

Maju tak gentar, TVS menjawab tantangan itu dengan mencangkokkan fitur-fitur unggulan di sepeda motor produksinya , terutama TVS Rockz.  B.L.P Simha Presiden Direktur TVSMCI dengan gayanya yang kalem namun optimis, menegaskan, sejumlah fitur inovatif yang dipasang pada TVS Rockz merupakan kebutuhan konsumen Indonesia.

“Sebelumnya kami telah melakukan riset lebih dari setahun. Kami mencari tahu apa saja yang diinginkan konsumen motor di  Indonesia. Jawabannya adalah Rockz,” kata Simha.  “Sesuai dengan konsep TVS – Anda Inspirasinya,” ujar Simha. Harga yang ditawarkan pun cukup bersahabat, kurang dari Rp 14 juta.

Pekerjaan rumah paling berat yang harus dilakukan TVSMCI adalah meluaskan layanan 3S ke sejumlah kota-kota potensial di Tanah Air. Membangun citra sebagai motor berkualitas dengan fitur inovatif juga perlu dilakukan secara simultan.

Salah satu cara sederhana membangun kepercayaan konsumen adalah menyediakan unit test ride di semua dealer TVS. Berikan kesempatan kepada calon konsumen untuk merasakan sendiri bagaimana riding style, riding feeling, riding ergonomic motor-motor TVS. Karena konsumen kini makin cerdas. Mereka perlu bukti sebelum menentukan pilihan. Bagaimana TVS? Ready to Rock and Roll?

Iklan

73 responses to “TVS Rockz, Si Bebek yang Bernyanyi

  1. wah keren juga ya rancangan motor ini ada mp3nya lgi bisa denger musik di perjalanan cocok buat ke neraka
    akibat ga denger klakson dri kedaraan laen, belum lagi helem standar yg mengurangi pendengaran pengendara akibat telinga tertutup, dasar lo, ni motor ga ada peringatan peraturannnya bahwa ni motor cocoknya buat yg ber istirahat di pinggir jalan, bukan untuk berkendara sambil dengar musik, jgn mau ktarik ama merek rock n mp3nya bisa2 lo ga nyadar di perjalanan akibat keasikan dger msik

  2. Ping-balik: TVS RockZ, Ini Dia Fitur Keamanan Gandanya « Learning To Life·

  3. mas bro semua.. maaf nih OOT mau numpang tanya..
    emang bener ya motor kalo ganti merk lain bermasalah?.. kebetulan ane dapet gratis nih Castrol Power1 dapet 3 botol..
    mau dijokul tapi sayang.. mendingan ane pake aja kali ya?.. masalah gak yee?..

    mohon pencerahannya.. 😀

  4. gak ada test ride nya dkaltim/kalsel (mngkn bhkn d borneo island)…..pdhl dkalsel tvs rockz pudium 2 road race……tp msyrkt ga brani beli krn ga ada bngkel nya jg……

  5. @ utk TVS

    oi coy……tlng smpaikn kpihak TVS ya,kl bisa mulai thn 2010 ini,lampu reting/sein (indikator belok) di motor TVS dbuat bisa jg mnyala dua-duanya(kyk mobil),
    biar lbh enak dbawa acara konvoi/touring dll…(gmn pndpt loe coy???stuju,ga?) ,& kl dpsimpangan biar pngendara laen bisa tau kl kita ngambil jalan lurus(spy ga sesat hehehe),kl cuma kiri/kanan doang mah udah lumrah,selangkah lbh unggul,kan lbh bgs drpd gitu-gitu aja…..jgn lupa aplikasikn k motor TVS yg msh drakit…..gw sih nunggu d aplikasikn k rockz…..sp tau udh bisa hdr 3 atw 4 bulan kdpn…..hehehe

  6. @ mba mieke

    kpn nih ada event test ride tvs d kota bontang_kalimantan timur????dealerx sih ada,tp undangan acarax blm prnh ada nih…..gw pnasaran bgt ama tvs rockz,kencengx bisa ngalahin motor jepang y*****MX135 ,mba,kpn TVS Mobile Service bs dnikmati dbontang?????bkin jg donk dealerx dkota amuntai kalimantan selatan…..dtungguin tuh

  7. TVS Neo Rock Z, nih penilaian ku:
    Body : bintang 4
    fitur: bintang 5
    harga: bintang 5
    kenyamanan berkendara: bintang 4
    Inovatif: bintang 5

    kelemahan: Gak ditunjukkan jeroan mesin, rangka, torsi mesin.

    yang aku mw tanyain:
    berapa top speed rata-rata TVS RockZ?
    kalo melihat dari garansi mesin yang 5 tahun,
    berarti motor ini menawarkan daya tahan mesin yang kuat?
    tapi untuk menu IMS nya apa ya sekuat garansi 5 tahun tersebut? apa gak rawan berkarat, adakah sparepart di cabang surabaya untuk IMS?

    seandainya meningkatkan performa mesinnya, kira-kira apa sajakah yang dibutuhkan yang cocok dengan Rock Z tanpa mengoprek jeroan mesin?

    Mohon dibalas ya pertanyaan dari kami Club Motor Driyorejo Motor Club! thank you..

  8. rockz is top abis,,sy baru membelinya,,musiknya nyaring n bodynya kuat dan tahan n mesinnya halus bertanaga tp bodynya msh tinggi cb buat lebih ceper lagi…

  9. @devdan
    Hati2 mas klo main2in top-speed, pikirkan baik2 baik buruknya, ada yang menunggu kehadiran kita di rumah.
    Speed is nothing, safety is everything.

  10. wah emang mantep ni motor.. gw baru beli 3 minggu lalu.. bener2 jadi pusat perhatian di jalan padahal gw ga pake musik… mungkin orang2 pada penasaran kali ya?… hahaha
    Apalagi waktu di kampus, bener2 kaya diiklannya aja ni motor dikrubutin temen2 gw kaya gula ma semut.. Untuk top speednya gw pernah nyampe 100km/jam

  11. hiduppp TVS….!!!!!B
    ener bener mantap lah, tinggal pilih Rockz ato Apache -nya…… cocok jadi alternative selain motor motor produksi japan (yang memang sudah ng -image)……hehehehe

  12. kalau gak salah nie borexstroke nya 57×48,8
    wah mirip samash pake piston thunder ya… smash(53,5×48,8) n thunder 125 (57×48,8)

    but aq paling seng yang over bore gini garang gituh… mesin tenaga atas .. mantep. tenaga TVS juga 9,8ps mirip tenaga soun125 9,6ps dan soun125 SP 10ps…

    sayang lum ada rejeki buat belinya…

  13. hebat bgt .,di tiap pameran yg aq lihat.,respon dri masyarakat antusias bgt.,
    semangat u/ TVS.,.klo ada uang aq pasti beli.,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s