“Bug” di Minerva-Sachs Megelli 250M Belum Tuntas?


minerva 250 m

Menarik membaca tulisan rekan saya Bro Triatmono di sini. Menjawab pertanyaan ini :

26. 4dw4rd – Juni 6, 2009
menurut mas adhi
(https://alonrider.wordpress.com/2009/04/29/test-ride-minerva-sachs-250-supermoto/#more-438) ada bbrp keluhan waktu test ride dulu :
1. mesin ngeden waktu akselerasi awal, akselerasi lemot kyk kampas kopling
terkikis.
2. perpindahan antar gigi keras, & u/menetralkan susah (hrs matiin mesin)
3. perseneleng tll jauh dr footpeg.
bagaimana pendapat pribadi mas tri atas 3 keluhan tsb ?
mksh🙂

Bro Tri menjawab seperti ini :

35. triatmono – Juni 6, 2009
@4dw4rd
Pendapat gue, yang telah mencoba motor Minerva ini :
– Untuk akselerasi, menurut gue sedang saza… nggak terlalu lemot banget… nggak terlalu menghentak banget… !!! Jadi kalau ditanya akselerasi.. gue bilang biasa…. so-so laaagh… !!!
– Untuk perpindahan gigi malah gampang banget… Sekali congkel.. udah naik… !!! Perpindahan gigi smooth kok… mau netralin… kalau untuk yang sport dan naked.. langsung netral setelah berhenti… !!!

Kalau tadi yang supermoto… seinget gue … 2 kali nyoba… baru netral.. !!! Tapi itu bisa disebabkan setelan cable kopling aza… !!!

– Relatif untuk supermoto lebih jauh dikit… namun kalau posisi kaki nya pas… agak majuan.. yaggh enak-enak aza… !!! Kalau supermoto gue cuma nyoba bolak-balik aza (udah mepet jam nya red.)… kalau yang sportz dan naked… gue nyoba sampe berkali-kali…  !!!😀

Sepertinya “bug” di persneling Minerva Sachs-Megelli 250M belum sembuh. Coba baca di sini.

Soalnya Bro Tri mengaku jika perlu 2 kali congkel untuk bisa netral. Jika itu persoalan setingan kabel kopling, kenapa tidak segera diperbaiki dari dulu paska peluncuran?

persneling 250m

Mengenai persneling yang jauh dari footpeg, saya merasa demikian. Saat mengetes, walau sesaat, paska peluncuran, saya yang menggunakan sepatu Tomkins size 41, merasa kesulitan mencongkel tuas persneling.

Dari foto-foto Bro Tri sewaktu ngetest, sepertinya menggunakan boot khusus standar balap. Jika benar begitu, rasanya tak bakal susah mencungkil tuas persneling. Sepatu balap kan beda jauh dengan sepatu biker jalanan.

Bro Tri test minerva 250

Seandainya PT Minerva Motor Indonesia (MMI) memberikan unit untuk dijajal harian oleh Bro Tri, Bro Stephen, atau biker blogger siapa saja, minimal seminggu, pasti reviewnya akan lebih komprehensif. Bukankah ini motor untuk harian bukan untuk lintasan balap? Lagi pula, sudah lazim, unit test ride pabrikan – apalagi merek baru, pasti dipilih yang terbaik (golden choose).

Secara keseluruhan saya apresiatif dengan inovasi yang dilakukan MMI. Berani mendobrak kebekuan model sport yang itu-itu saja. Konsumen pun semakin punya banyak pilihan yang sesuai keinginan dan kantong.

12 responses to ““Bug” di Minerva-Sachs Megelli 250M Belum Tuntas?

  1. dlu nh mtor merkny LONCIN nh linkny http://www.radarbanten.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=18872 jdi m*nerva cma bli bwt copy body m*gelli (resmi) mesinny berasal motor merk tiger yg mrpkn mtor lokal dari thailand (ini bukan produk mtor h*nda) klw yg jiplak tnpa ijin sma h*nda yh niru model cbr. Mesinny m*nerva m*gelli dari thailand nh linkny, ktany lumayan kwaliatsny? https://alonrider.wordpress.com/2009/04/28/mesin-minerva-sachs-megelli-250-dari-thailand

  2. Minerva 250m saya sudah sampe dan udah seminggu dipake bolak-balik kantor.

    Vonisnya:
    Quality Control dari Minerva Motor Indonesia sangat2 belum maksimal (bukan jelek2in ya, ntar kayak Prita lagi ehehe…) Pas motor dateng, cek list di buku garansi yang harus di ttd sama Dealer, gak diselesaikan sama sekali. Jadinya saya panggil mekanik MMI, atau saya gak mau nerima motornya. Kelar diperiksa,

    seminggu kemudian STNK kelar, dipake ngantor. Pulang kantor mesin brebet. ternyata kabel pengapiannya longgar (bener kan QC-nya yang gak teliti) besoknya bolos😛 ke MMI benerin semuanya. Pengapian beres, udah enak tarikan mantap, ya berhubung gw awam dan gak tau tentang kebut2an + sebelumnya naik Thunder 125, jadi gw anggap tarikan 250M sudah cukup (mau ngebut dimana sih di JKT yng super macet ini?)

    Persneling, yes! emang susah netralinnya, tapi itu kadang2 aja. Kadang gampang banget, kadang mesti 1 ke 2 br netral keras banget.

    Shocknya keras banget, gw berharap sih empuk kayak motor trail ternyata nggak, ini masih mau nyari subsitusinya. Jok, MasyaAllah, kayak naik kuda keras banget, kemaren baru ganti busa eh malah kempes banget, sampe kena rangkanya, heuuuh….

    Pokoknya 250m gw belom selesai deh. emang bukan tipikal motor yang sekali beli dateng langsung beres (gak tau juga ya merk lain)

    Thx.

  3. aniwe gw anak malang. gw tertarik bgt sm test drivenya minerva. klo blh tau kapan diadakan test drive di malang.

    klo pas test drive lgsg cocok, kan bs lgsg bli.

    kepgnnya sih yang naked. huehuehueheu….

    thanx

  4. yups…Setujuh Bro.!!

    Kalo bisa sayah kebagian test MINERVA 250R (ngarep banget!!)..nanti biar reviewnyah saya kabari langsung pas menginjak hari ke-8 pukul 00:01..he..he…

  5. waduh jadi ga enak nih bro.. hehe g cm pgn ty aja sih apa udah ada perbaikan dr pas launching dl gt..

    aniwe ini komentar yg lain dr bro Ian Minerva Riders Community, unt memperkaya pengetahuan aja🙂

    terus terang g masih pnasaran dg daya tahan mesinnya ?
    ide test ketahanan 24 jam di sentul smoga bs di adakan🙂

Tinggalkan Balasan

