Ban yang Mengingatkan


ban sobek bolong

Sepertinya saya harus lebih bersyukur ketika ban belakang motor saya kempes. Kenapa?

Ketika dicek, Masya Allah, terdapat sobekan sebesar jempol orang dewasa di pinggir ban. Tapi bukan itu yang membuat saya tercenung. Penyebab kempesnya ban belakang saya itu ternyata akibat tertusuk paku kecil, seperti paku triplek, dengan panjang kurang dari setengah sentimeter. Hal itu diketahui setelah tukang tambal ban dekat rumah memeriksa secara teliti ban luar dan ban dalam motor saya.

Bagaimana dengan sobekan di pinggir ban tadi? Meski tembus hingga ke lapisan terdalam ban (bolong), ban dalam sama sekali tidak bocor. Hanya sedikit baret karena terjepit sobekan.

Inilah yang membuat saya mengucap syukur Alhamdulillah kepada Sang Pemilik Hidup. Jika saja, paku kecil itu tidak membuat kempes ban, bisa jadi saat riding, ban luar yang sobek itu membuat ban dalam meletus tiba-tiba. Hiii….

kode ban

Beruntung diler ban dekat rumah masih menyimpan stok ban belakang yang saya inginkan. Beberapa bulan lalu saya menggunakan model ini. Sekalian saja saya mencoba model yang ini untuk mengganti ban belakang berikut ban dalam.

ban baru

Saat menunggu ban dipasang, saya jadi berpikir, kadang Tuhan memberikan cobaan kecil kepada kita justru untuk memberikan perlindungan dari bahaya yang lebih besar. Ban yang kempes itu mengingatkan saya, agar tidak mudah berprasangka buruk kepada Allah SWT. Pasti ada hikmah yang jauh lebih besar dibalik setiap cobaan yang kita alami.

5 responses to “Ban yang Mengingatkan

  1. alhamdulillah ga kenapa-kenapa, berarti masih di sayang karo sing gawe urip yo kang hehehehe…..
    makanya ojo golek berita wae, tp di cek juga yg nganterin cari berita itu….
    hihihihi….

  2. ini ban FDR yang dipasang di Yamaha Vega-Ixion itu ya?
    hmm..
    terkadang Allah mengingatkan kita untuk senantiasa mensyukuri sebagaimanapun kecilnya,apalagi yang besar..
    btw,pertamax nih ceritanya..

    Cak Giri, bersyukur walau rem depan motor sampeyan masih teromol. Coba kalo nggak ada rem….hihihihihi…

Tinggalkan Balasan

