Suzuki Dukung PKS


skydrive-red

Akhirnya nama Skydrive Dynamatic disematkan menjadi salah satu produk skuter otomatik (skutik) Suzuki terbaru. Model purwarupanya sempat nongol di arena Jakarta Motorcycle Show 2008 (JMS), Desember lalu. Saat itu PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) memamerkan dua produk purwarupa skutik: SD-01 dan SD-02.


Inisial SD – yang bukan inpres itu, ternyata adalah Skydrive Dynamatic. Senin lalu (30/3), SIM meluncurkan Skydrive Dynamatic 125, di Pondok Laguna, Parkir Timur, Senayan, Jakarta.

Usai peluncuran para jurnalis yang hadir diberi kesempatan menjajal Skydrive di lintasan yang sudah disiapkan pihak Suzuki. Sayang lintasan test ride terlalu pendek dan minim untuk menjajal produk anyar Skutik Suzuki Indonesia itu. Lagi pula, saat itu Senayan sedang dipenuhi massa Partai Keadilan Sejahtera yang sedang berkampanye.

Tak heran, Gunadi Sindhuwinata, Presiden Direktur SIM, terlambat hadir di lokasi acara. Pak Akang, begitu dia biasa disapa, begitu muncul di ruangan langsung melempar pernyataan,”Suzuki mendukung PKS.”

Para jurnalis dan tamu undangan pun untuk sekian detik terdiam. Wah, apa lagi itu? Apakah Suzuki ikut berpolitik dan para petingginya nyaleg?

skydrive-silver-frontal

Ternyata, PKS itu, lanjut Pak Akang, akronim dari Produk Kebangkitan Suzuki.

”Skydrive akan menjadi PKS!,” lanjut Pak Akang dengan tangan terkepal.

Oalah…..barulah para pewarta dan undangan lain terkikik-kikik geli.

OK, back to Skydrive. Mesin 125cc Skydrive sama persis dengan Spin maupun Skywave. Perbedaan menyolok adalah pada desain dan positioning produk. Desain Skydrive – yang merupakan kepanjangan dari SD, skutik purwarupa Suzuki di JMS, lebih futusitik. Bodywork yang menyaput Skydrive tampil lebih sporty.

Mario Omanyuda Dept Head Marketing 2W SIM menegaskan, Skydrive memang terinspirasi dari skutik konsep SD-01 dan SD-02. “Terlihat dari tampilan yang futuristik dan terkesan agresif,” kata dia di sela-sela peluncuran.

Gunadi Sindhuwinata Presiden Direktur SIM, dalam kesempatan yang sama menjelaskan, meski menggotong mesin terbesar di kelasnya, Skydrive terhitung efisien bahan bakar. “Tes internal membuktikan, Skydrive mampu menempuh 41 kilometer per liternya,” kata Gunadi.

Walau menggendong dapur pacu dengan kapasitas sama, segmentasi yang disasar Skydrive berbeda dengan Spin maupun Skywave. Skydrive diposisikan berada di antara Spin dan Skywave. ”Sasaran kami adalah anak muda usia 19 tahun hingga 23 tahun,” ucap Setiawan Surya, Assistant Dept Head Marketing 2W SIM.

Dengan demikian harga yang dipatok pun juga tidak terpaut jauh dengan Spin maupun Skywave. Di pasaran Spin dihargai antara Rp 11,8 sampai dengan Rp12,8 juta. Sedangkan Skywave diniagakan dengan rentang harga Rp 14 juta hingga Rp14,5 juta.

Sementara Suzuki Skydrive dibanrol Rp 13 juta, OTR Jakarta. ”Di luar Jakarta harga Skydrive bervariasi, tergantung peraturan pajak pemerintah daerah setempat,” kata Edi Darmawan 2W Marketing – Promotion & Dealer Dev. SIM.

Meski harganya saling berdekatan, Gunadi Sindhuwinata yakin ketiga model itu tidak akan saling mengganggu. ”Justru konsumen akan diuntungkan karena ada pilihan yang baru,” ujar dia.

SIM menargetkan penjualan Skydrive sebanyak 12 ribu unit per bulan. Peluncuran skutik anyar Suzuki ini menambah model-model skutik yang sudah beredar di Indonesia. Yamaha selama ini mengandalkan Mio Series, sedangkan Honda menyediakan Vario dan Beat.

red-back-side-skydrive

Pasar skutik di Tanah Air memang sedang menanjak. Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menyebutkan, pada 2007 pangsa pasar skutik sebesar 18,4 persen. Sedangkan pada 2008 meningkat menjadi 26 persen. AISI memperkirakan pada 2009 pangsa pasar skutik akan naik diatas 36 persen. ”Trennya memang bergeser, dari bebek ke skutik,” jelas Gunadi yang juga Ketua Umum AISI.

Iklan

9 responses to “Suzuki Dukung PKS

  1. haLah proDuk suzuki iTu GAG BANGET DEYH
    kcuaLi “Thunder”
    aquwh pLing aNti ma produk Suzuki
    terBukti skRng suzuki jRang diminaTi oLek konsumen
    ikLan nya Pun jGa mLai jRang

  2. oyeahhh bangkit..?? ngimpi aja kerjaanya pak huhehehe benerin dulu tuh kualitas produk ama ketersediaan spare part ama bengkel baru ngomong 😀

    and satu lagi.. rombak total lini produk..

  3. Bukannya PKS itu pojok kanan atas, partai keren sekali, partainya kiay dan santri, dlsb…semoga Suzuki sekonsisten dan semilitan PKS dalam pelayan.

  4. kirain teh kampanye PKS…jgn ikut2an ah…ntar ada yg ga suka PKS trus ga jd deh beli suzuki nya….hidup PPP (Pokoke Pikirane Pada) kabeeeh…

  5. Kalo Produk Kebangkitan Suzuki, kenapa masih di bawah Skywave ‘n di atas Spin ?

    mungkin ini Produk “Kejepit” Suzuki 😛

    Awas..didemo massa bro…..hihihihihi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s