Danny Boy, Insaf Setelah Gagal Tiga Kali Bunuh Diri


Testimoni Danny Boy di Metro TV. Saya jepret menggunakan Casio Exilim Z75.

Testimoni Danny Boy di Metro TV. Saya jepret menggunakan Casio Exilim Z75.

Sabtu sore pekan lalu (8/11), saya kebetulan menonton Kick Andy di Metro TV. Menggetarkan. Acara itu menceritakan Danny Boy, seorang mantan pengguna narkoba, yang kini menjadi salah seorang motivator di Rumah Damai – sebuah lembaga mandiri perawat korban narkoba. Danny pernah mencoba tiga kali bunuh diri : memotong urat nadi, meminum racun serangga, hingga menyuntik narkoba overdosis.

Tapi, ketiga upayanya itu gagal. “Saya mungkin masih diberi kesempatan hidup untuk berbuat baik,” begitu kira-kira pengakuannya. Itulah yang menjadi titik balik dirinya untuk sembuh dari narkoba.

Ketika ditanya sejak kapan menjajal narkoba? Danny menjawab, sejak SMP! Dan itu dimulai dari MEROKOK! Sejak kenal rokok, lanjut Danny, pil koplo, ganja, minuman keras dan sebagainya menjadi langganan tubuhnya.

Yang menarik, dalam Kick Andy episode itu, Mulyadi Irawan, sang pendiri Rumah Damai, juga mengaku sempat putus asa dalam mengelola rumah penyembuhan itu. “Kesulitan dan keruwetannya tak terbayang, dan tak bisa diselesaikan dengan teori-teori yang saya pelajari selama ini,” ungkap dia dalam tayangan itu.

Mulyadi Irawan, pendiri Rumah Damai menuturkan pengalamannya merawat para pengguna narkoba. Sembuh dengan pendekatan hati, kata Mulyadi. Gambar saya jepret di TV menggunakan Casio Exilim Z75.

Mulyadi Irawan, pendiri Rumah Damai menuturkan pengalamannya merawat para pengguna narkoba. "Sembuh dengan pendekatan hati," kata Mulyadi. Gambar saya jepret di TV menggunakan Casio Exilim Z75.

Dalam titik putus asa, dia mendapat dukungan total dari istri tercinta, Felicia Sutanto. Mulyadi menuturkan, di saat keputus asaan itu, dirinya mendapat pencerahan dari Tuhan. Salah satunya yang dia ingat betul, ketika mau menyampaikan kata perpisahan sekaligus penutupan Rumah Damai, semua anak asuhnya menangis dan meminta dirinya meneruskan perawatan.

“Sejak saat itu perilaku anak-anak itu berubah drastis, dan bertekat sembuh total.” Pencerahan itu, kata Mulyadi, yaitu perawatan dengan menggunakan hati. “Seperti memeluk anak sendiri,” ujar dia.

Saya terharu. Dakwah kebaikan memang selalu terjal dan kadang menemui kegelapan. Tetapi, pasti dibalik gelapnya malam, pasti ada siang yang menyambut. Acara Kick Andy memang inspiring. Selain di Metro TV, Anda dapat mengekliknya di sini.

Di akhir acara, Andy berkata, semoga para pemirsa dan orang-orang yang menonton acara itu tergugah dan berubah untuk menjadi lebih baik. Saya posting tulisan ini, sebagai penerus pesan kebaikan. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kita semua.

One response to “Danny Boy, Insaf Setelah Gagal Tiga Kali Bunuh Diri

  1. Saya juga nonton episode itu, sampe merinding mengetahui ada seorang anak muda yg sdh akrab dg narkoba sejak SMP dan pernah mencoba bunuh diri 3X. Saya cuma bisa berharap semoga saya bisa menjadi sahabat bagi anak saya…

Tinggalkan Balasan

