Sobekan 3/4


Kadang sesuatu yang kecil, sepintas tak bernilai, terlihat tak berarti, namun bisa membawa efek signifikan di kemudian hari. Saya teringat iklan: seseorang memungut sampah kecil di dekatnya. Perbuatan itu diikuti orang di sekitarnya. Begitu terus menerus. Berantai.

Seperti sampah plastik bekas tutup kemasan galon di atas. Saya tidak merobeknya terpisah. Tutup galon hanya saya kupas 3/4, agar tutup bisa dibuka.

Sebelumnya, plastik segel juga saya sobek, sekadar dapat terkelupas dari kemasan. Terakhir, bungkus tisu disinfektan, juga saya sobek 3/4, agar tisu gampang diambil.

Kenapa begitu? Ini agar sampah plastik tidak berceceran kemana-mana. Intinya, meskipun kita tidak bisa mengurangi penggunaan plastik secara drastis, namun kita bisa mengurangi penyebarannya. Terutama sobekan plastik yang kecil-kecil.

Misalnya, bungkus permen dibuka 3/4 aja, bungkus bumbu mie instan juga disobek 3/4, begitu seterusnya. Siapa tahu, ikhtiar kecil ini berguna bagi lingkungan kita.

2 responses to “Sobekan 3/4

Tinggalkan Balasan

