Boros Air


gayung air

Berapa liter air yang kita gunakan untuk mandi saban hari? Diri sendiri? Istri / suami kita? Anak?

Iseng-iseng saya menjajal berhitung. Gayung di kamar mandi saya isi penuh. Untuk mengetahui berapa liter isi gayung itu, saya gunakan botol bekas minuman kemasan ukuran 1,5 liter.  Setelah air saya tuang, botol terisi 3/4-nya.  Kira-kira gayung itu bila penuh volumenya 1 liter.

Saya pun mandi sambil berhitung. Untuk sekedar membasahi rambut dan badan saya perlu enam (6) kali mendayung, alias enam liter. Proses bersampo dan bersabun tiga (3) gayung. Paling banyak waktu membilas, butuh 12 gayung!

Total saya perlu air untuk mandi 6 + 3 + 12 = 21 gayung (21 liter). Itu untuk sekali mandi pagi. Bila dua kali mandi sehari = 42 liter! Belum untuk keperluan buang air kecil dan sebagainya. Taruh kata saya “membuang” air 45 liter sehari. Bila di rumah ada tiga (3) anggota keluarga,artinya untuk keperluan mandi saja butuh air sekitar 135 liter! Itu hampir sepertiga tanki air di rumah saya yang berkapasitas 500 liter.

Bagaimana bila dalam satu rumah ada empat, lima, tujuh anggota keluarga? Untuk mandi saja pasti membutuhkan ratusan liter air per hari.

Saya mempunyai program berjangka untuk berhemat air dan memanfaatkan limbah air mandi dan cuci yang sering disebut sebagai grey water itu.

1. Mengganti gayung dengan shower.
2. Mengolah grey water ala Ir Ratna Hidayat dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air (Pusair) dengan ecotech garden.

Solusi pertama itu paling mudah, cuma belummada rejeki lebihuntuk menata ulang instalasi pipa air. Yang penting khan niat dulu.
Yang kedua, saya belum sempat bersilaturahmi di komplek Ibu Ratna yang sudah mengaplikasikan ecotech garden, itu, di Bandung. Niat dululah, sapa tahu ada kesempatan untuk bertemu dan menimba ilmu.

Dari guru kompos saya, Pak Sobirin, saya sudah mendapatkan kontak beliau. Kembali ke pengiritan air mandi. Untunglah saya sering mandi sehari sekali. Pulang mburuh udah larut malam, males mandi, hihihihi…..

7 responses to “Boros Air

  1. biasa adus numpang neng sekre kok kon modal, yo madul. Sing jelas dasar gemblung! Wong edan ra adus ra po po dudu alasan lingkungan maneh. Pancen jorok!

  2. Ping-balik: I am A.m. » Blog Archive » Suara apa itu?·

  3. biar irit air, coba mandi ala pelaut. dua gayung untuk membasahi badan, sabunan, dua gayung untuk membilas dan dua gayung terakhir sebagai salam perpisahan. irit, khan?

    ngemeng-2 jadi selama ini sampeyan cuma mandi sekali, ya? nggak heran kalo di kantor bau. hahahahahahaha….😛

  4. Oya Mas, air yang untuk cuci plastik sudah dihitung belon….. Banyak lho butuhnya, apalagi kalo anak yg disuruh nyuci. Anakku kalo aku suruh nyuci kotak susu malah ngabis-abisin air. Jadi sekarang aku kasih air secukupnya di ember habis itu airnya untuk siram tanaman.

  5. Kalo saja mandinya tiga hari sekali atau seminggu sekali mungkin airnya bisa ditampung di tong terus ditambah gula secukupnya bisa jadi MOL tuh Mas…..
    hahahahahahaha…………………………

Tinggalkan Balasan

