Pak Polantas yang Baik


Polantas Safety Riding

Jumat siang itu lampu lalin di perempatan Radio Dalam, depan Pela Ban, sepertinya ngadat. Mobil dan motor semua tampak ragu-ragu bergerak. Antrian semakin panjang.
Dari belakang merapat Scorpio warna putih menjejeri motor saya. Oooh..Pak Polantas. Tampaknya dia belum sadar kalo lampu lalin sedang brekele. Hampir 3 menit gak ada perubahan warna dari semua jurusan.

Saya sibak pergelangan tangan kiri. Ngintip jam. Terus lirik lampu lalin. Belum ijo juga. Pak Polantas juga ikut-ikutan lirik jam tangannya, dan menoleh sekilas ke lampu merah. Klakson mobil dan motor yang berderet di belakang pun kini bersahutan. Pasti udah geregetan dengan lampu mbelgedes itu.

Kendaraan dari arah lain mulai berhamburan menerobos lampu statis itu. Tanggap, Pak Polantas segera menepikan Scorpio dinasnya, dan mulai mengatur lalu lintas.

Mungkin kita berpikir itu sudah tugasnya. Tapi saya, saat itu, menangkap aura yang berbeda. Perasaan saya mengatakan, Pak Polantas itu sebenarnya sedang dalam perjalanan lain. Mungkin ngantor, atau justru pulang dinas. Itu saya rasakan sejak dia pertama kali ikut antri di samping motor saya. Beberapa menit ikut antri, dan akhirnya memutuskan untuk bertindak sesuai kapasitasnya.

Bisa saja Pak Polantas itu cuek, dan menuntaskan urusannya. Bisa saja dia bilang,”Bukan wilayah saya. Bodo amat.” Tapi tidak. Sekilas saya menangkap “bahasa” dirinya. “Saya harus melakukan ini.”

Ingin saya acungkan jempol kepadanya. Tapi tak kuasa karena saya buru-buru melaju karena kendaraan di belakang dengan ributnya mengklakson.

Semoga Anda mendapat kebaikan dunia dan akhirat Pak.

2 responses to “Pak Polantas yang Baik

  1. Kenapa kita ngerasa aneh kalau ada polantas yang baik? Bukankah seharusnya memang demikian? πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

