Ban yang Terluka


ban luka
Cek ban kendaraan mutlak dilakukan seorang biker. Tidak hanya soal tekanan angin, tetapi juga kondisi tapak ban. Saya sendiri mengeceknya hampir tiap hari.
Kebetulan saya punya pengukur tekanan angin digital dan pompa angin portable yang dicolok ke listrik. Begitu diukur tekanannya kurang dari rekomendasi pabrik, langsung pompa listrik bekerja menambah tekanan angin.

Jangan lupa untuk memeriksa kondisi tapak ban.
Suatu ketika saya menemukan ban belakang telapaknya “terluka”. Ada bagian yang mengelupas di beberapa bagian. Mirip kulit ari yang terkelupas.
Saya menduga, hal ini terjadi karena ban saya menapak aspal panas di siang hari ketika berhenti di jalan (lampu merah).
Atau ada bro sekalian yang tahu penyebabnya? Sekali waktu, saat mengecek ban, saya menemukan
pecahan kaca tertanam cukup dalam di ban belakang.

Nyabutnya susah banget, sampe menggunakan tang lancip. ban-belakang-luka2.jpg

Kaca itu tertanam sekitar 0,5 cm dalam posisi miring.
Nggak mau resiko, saya langsung ganti dengan ban yang baru.
Padahal, ban yang tertusuk kaca itu baru saya beli 3 (tiga) hari lalu!
Alhamdulillah, saya bisa terhindar dari resiko kecelakaan yang mungkin terjadi di jalan. Bro sekalian, plis cek kondisi ban setiap saat.

One response to “Ban yang Terluka

  1. wah,
    seandainya anda mengenal tire guard,
    hal tiu tidak akan terjadi

    tire guard, formula anti ban bocor
    melindungi ban anda dari luka akibat tusukan paku, pecahan kaca atau benda tajam lainnya

    harganya murah, kualitas ok!

    buktikan bro

Tinggalkan Balasan

