Mini Trail Lima Ribuan


balap mini dan ibu

Lima ribu rupiah, dan anak Anda dapat ngetrek enam putaran, yang sekali jalan kira-kira 200 meter. Motornya jenis mini trail, bermesin dua tak (2 stroke) 50 cc. Ada dua model yang digunakan, starter kaki yang mesinnya memakai radiator dan starter tangan (tarik) berpendingin udara. Tak kurang sepuluh mini trail tersedia di arena yang terbagi dua lintasan. Lintasan pertama khusus untuk anak-anak yang lumayan gede (mungkin setingkat SD kelas 6 lah). Mini trailnya pun yang pakai radiator. Arena ke dua, bagi anak kecil yang udah mahir bersepeda. Cukup menggunakan mini trail sederhana (starter tarik tangan).

balap mini
Arenanya cukup menggunakan lahan kosong seluas setengah lapangan bola yang berada di Jalan Raya Sukahati, Kabupaten Cibinong, Bogor, Jawa Barat.
Persisnya di depan SPBU Pertamina, Sukahati. Setiap akhir pekan (Sabtu-Minggu) arena dipenuhi puluhan keluarga yang mengantar anaknya balap di sirkuit semi permanen itu.

Bagaimana soal safetynya?Sori soal ini pengelola belum serius memperhatikan keselamatan para crosser cilik itu. Helem memang wajib dikenakan (pada awalnya ketika baru buka sekitar 3 bulan lalu malah nggak pakai helem sama sekali). Namun pernik lain, seperti sepatu, protektor, dan pakaian yang menunjang diserahkan sepenuhnya pada konsumen. Akhirnya ya seadanya. Ada satu keluarga yang datang, anaknya cuma pakai celana pendek, sendal, kaos oblong ya langsung tancap saja. Yang penting khan pakai helem…..mungkin begitu pikir ortunya.

Jatuh, lutut atau sikunya baret kena tanah jadi pemandangan biasa. Masih “untung” lintasannya tanah merah yang agak gembur. Apalagi anak kecil khan masih emosian bawa motornya. Sekali dia tahu caranya, langsung deh gas diplintir abis. Heran, kok ortunya diam aja, nggak ngasih tau anaknya gimana cara bawa motor yang benar. Atau ortunya juga gak ngerti? Waaah…gawat Ndro…(niru ucapan Dono di filem-filem Warkop).

Uniknya ada spanduk besar bertuliskan “Pastikan – Melatih Keberanian Anak Anda Kunci Sukses Di Masa Depan”. Betul sekali. Tapi mbok yao dikasih tau gimana cara BERANI naik mini trail dengan benar.

bantu dorong

Secara pribadi saya menyarankan para ortu yang membawa anaknya ke arena ini memikirkan perlengkapan keselamatan si anak. Kalo bisa nih, bawa helem sendiri (biar nggak pakai helem bekas pakai orang yang mungkin kena panu atau kudis….hihihihi…), pakai sepatu, celana panjang lain tebal (jins), sarung tangan, dan pelindung siku dan lutut.

Mahal? Waaah….jangan dibandingkan keselamatan dengan harga dong! Itu tak ada hubungannya sama sekali. Semahal apapun perangkat keselamatan yang Anda beli dibandingkan dengan “penjaga” keselamatan yang Anda dapatkan, maka harga perangkat itu tak ada nilainya sama sekali. Masa keselamatan mau ditukar dengan jutaan rupiah? Sopo sing gelem….

Motornya?


motor cross mini

Semuanya bermesin dua tak, 50 cc. Mereknya SQ Racing (buatan mana ini ya?). Yang bodinya agak besar (warna orange) dilengkapi radiator layaknya motor besar. Ini asli radiator, bukan fairing tempelan.
Kalo gak percaya nih saya foto dari dekat.radiator-mini.jpg
Rem depan belakang cakram.
Ban depan dan belakang ukuran sama. 2.50 – 10.ban-cakram-belakang.jpg

ban-cakram-depan.jpgPelek depan belakang sama, ukuran 1.60 – 10.
Sok depan teleskopik. Sok belakang mono.

Walau begitu, usaha partikelir ini cukup layak dipuji sebagai alternatif kegiatan out door anak-anak. Ya dari pada keseringan main game di depan teve sambil ngemil tersu kegemukan? Mendingan nyoba sensasi ala pembalap motor cross.

Lagi pula siapa tahu ada bakat tersembunyi untuk menjadi crosser atau racer dari anak-anak itu. Biar Doni Tata ada penerusnya di ajang balap dunia. Kalo yang ini pasti akeh sing gelem….

Iklan

38 responses to “Mini Trail Lima Ribuan

  1. brp harga 1 unit mini ttrail yg persis di gambar, n klo penyewanya jatuh cidera taggung jwbnya sapa pemilik persewaan ato tggung jwb sendiri? thx infonya segar bgt bos

  2. gan ane mo cari ban motor cross mini utuk anak ane yg ukuran ring 12 1/2. 2.75
    klo ada tlng kbri di nmr 0812 8022 6769. thx

  3. Crosser mania` dunia mini trail kian meriaah…. bro.. biar tambah ruame body set dan rangka skarang aku mau jual satuan. yg minat bisa kirim email ke“ soerast@yahoo.com nanti aku kirim gambar speknya.
    oya itu body dan rangka yg gak ada cuman tengki sama pelek depan.
    `thanks broo…. salam

  4. saya mau beli mini trail yg 50cc, kalo di smg ada cabangnya g?? tlg nanti infonya krim ke alamat email saya diatas…. makasih

  5. Tolong informasi harga dan telp yang dapat saya hubungi krn saya berniat beli sekitar 3 unit untuk usaha, terima kasih atas infonya

  6. harga mini trail 50 cc Rp 2,75jt bro
    spesifikasi:
    – Engine Type : 49cc single-cylinder/

    air-cooled/2-stroke

    – Fuel : Unleaded petrol + 2 cicle engine oil

    Volume of ratio : 25—-30:1

    – Start-Up-Manual

    – Brake : Front & rear disk brake

    – Tire : 12,5 inch

    – Max speed : 42 km/h (45km/h)

    – Maximum load : 155 lbs

    – Net weight : 42 lbs

    – Product size : 113 x 64.5 x 75 cm

    – Cartoon size : 111 x 29 x 77 cm

    – Range per tank : 20 km

    – Fuel capacity : 1.0 L

  7. moto mania `salam kenal. friends aku punya rangka dan body mini trail sama dengan yang digambar jumlahnya ada 50 unit belum dirakit. bila temen2 ada yang minat satu setnya aku jual 1500.000. `oya. itu rangka kalau dipasang mesin honda bebek sama persis jadi gak usah rubah dudukan. kalau ada yang berminat bisa dihubungi di nomor ini 08129001060 dengan catatan minimal ambilnya 5 unit. `Ok tank..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s