Silat Palang Pintu, Aksi Pantun dan Beladiri Betawi


Bosyen ah, ngomongin motor melulu. Sekali-kali nulis soal budaya dan adat istiadat setempat. Nah, pertengahan Juli lalu, adik ipar menikah. Kebetulan, baik pengantin pria dan putri, asli Betawi. Maka, sebelum ijab kabul, digelar pertunjukan Silat Palang Pintu. Apaan tuh?

Konon, pada masa lalu, seorang calon pengantin pria yang hendak menikahi sang gadis pujaan harus mampu mengalahkan penjaga si gadis. Si penjaga itu bisa terdiri dari saudara kandung, ponakan, atau saudara dekat lainnya.

Sebelum “bertanding” silat, kedua kelompok jawara itu saling berbalas pantun. Dari irama serius hingga pantun nan kocak. Lempar melempar pantun itu berlangsung sebagai pemanasan. Begitu suasana “memanas” kedua kelompok mulai mengadu jagoan masing-masing hingga jagoan pengantin putri(terpaksa) kalah. Begitu (kelompok) si priaberhasil mengalahkan sang pengawal, ijab kabul pun segera dilangsungkan. Soale selak kebelet :mrgreen:

Kini, jaman telah berubah. Silat Palang Pintu berevolusi menjadi budaya yang musti dilestarikan. Lho, kenapa? Soalnya, tradisi ini kian langka digelar oleh masyarakat Betawi sendiri. Wajar mengingat untuk menggelar adat ini butuh biaya yang tidak sedikit.

Soalnya jumlah para pemainnya lumayan banyak, sekitar 10 – 12 orang yang terbagi dalam dua kelompok: jawara pengawal pengantin pria dan jagoan penjaga mempelai putri.

Untunglah, sejumlah sanggar dan komunitas Betawi melestarikan tradisi nenek moyangnya ini. Seperti gelaran Festival Palang Pintu di Kemang, Juli lalu.

*********

BONUS 1 : VIDEO SILAT PALANG PINTU

Ini saya sertakan video Silat Palang Pintu yang saya rekam saat pernikahan adik istri di Batu Ampar, Condet, Jakarta Timur, Juli silam. :-D

*********

BONUS 2 : Jagoan Palang Pintu era Web 2.0 :mrgreen:

About these ads

164 responses to “Silat Palang Pintu, Aksi Pantun dan Beladiri Betawi

    • eh bang cilincing pager tembok
      beli meninjo due gobangan
      eh bang lu kencing kage cebok
      laler ijo pade kondangan

      • eh bang kedongdong di taro di atas piring.
        bang lungomong jangan sombong tar bibir lu gue bikin suing

  1. gue suka ma budaye betawi..
    eh bang jangkrik bukan sebarang jangkrik
    jangkrik berantem dibawah kolong
    ni cingkrik bukan sembarang
    cingkrik
    ni cingkrik asli dari rawa belong.
    by:yolan dari petukangan

  2. eh bang jangkrik bkan sembarang jangkrik
    jangkrik berantem di bawah kolong
    ni cingkrik bkan sembarang cingkrik
    ni cingkrik asli dari rawa belong

  3. ekh bang

    bulan roe jangan di itung
    makan bengkoang di atas awan
    malu gw ame roh nye bang pitung
    kalo anak betawi gk bisa maaen pukulan

    FB:Ferdi Tumbal Pitung

  4. eH Bang Rumah Gedongan Rumah Belande
    Pagernye kawat tiangnye besi
    eH Bang ini Rombongan Dari Mane Mau Kemane Bang
    Lewatin Sinii Kudu Permisi ..

    eH

  5. eh..bang jalan-jalan ke cimahi
    mampir dlo ke ciapus
    kalo ue dah kena berkelahi
    rt/rw loe ue bikin mampuis
    rt

  6. jalan jalan beli tomat
    beli nya sma bang kate
    eh bang nie kenalin gw amad
    ank jawara dri gang sate

    • sh em’mank metik tomat
      air mateng sampe luber
      emank sh amat jawara
      tapi kalah ganteng ma Dhaber

    • Kalo mao tau dalemnya empang
      ente mandi ampe kedarat
      kalo ente mao tau anak buahnya jampang
      ne kenalain bang sidi yang punya jakarta barat

  7. pohon sagu jatohnya di tebang
    pohon duku di bikin sarang
    jgn ragu jgn bimbang
    cinta ku hanya untuk mu seorang

    H.Dhaber cucunya H. Sulam

  8. ASSALLAMUALAIQUM.
    ncang, encing, nnya, babe.
    aye mau ngasi kabar ni….kalo ade nyang mau pake arak-arakan penganten adat betawi(marawis,hadroh,palang pintu,ondel-ondel,gambangkromong Dll)
    bisa hubungin aye dari sanggar betawi tulen.
    jl.cipinang pulo rt.009/012 no:15 jakarta timur
    atao tlpon aje(021 85583749/089604211683 A/n wanna Albatawi)

  9. Asalamualaikum..
    Bang aye numpang pasang iklan nih..
    Yah itung-itung buat nambe penghasilan, juge buat ngelestariin budaye betawi..
    Jadi kalo ade nyang butuh arak-arakan penganten betawi, palang pintu, ondel-ondel dll, bisa hubungin aye:
    SANGGAR ARDI BETAWI
    Jl. Johar baru utara 3 no.37 jakarta pusat
    Tlp 02193280183 / 02141504896

    Makasih ye..
    Wasalam..

    • eh bang..!
      meninggan lu sekarang bikinin gua kopi pait
      jng sekali2 lu gulain
      di sni ga sampe semenit
      nyawa lu bakalan gua kalain

      wasallam….
      LEVEN 298

      • jalan-jalan beli ikan tenggiri .
        beli*a sama norman kamaru .
        ehg bang lu kenalin nhe gua si badri .
        anak jawara kampung baru .

        wasallammm
        badri .

  10. Makan sayur terasa hambar
    kalo d’mkan jdi kurang nafsu

    menuntut ilmu harus dengan sabar
    jangan smpe salah mncari guru !

  11. anak cina pulang ke cina
    sampai di cina bermain panah
    biar lu ganteng kaya arjuna
    kantong kosong ga berguna

    • eh bang golok gue dari ciomas
      separo batu separo emas
      eh bang klo ngomong jgn bikin hati gue panas
      tar pala loe gue cacak kaya nanas

  12. betawi punye gaye. aye cinte betawi, aye cinta budaya betawi.
    bangsawan darah betawi

    salam dari betawi kebayoran lama

      • beli benalu d* yokyakarta
        jngan lpe bli rskin ame buah pir
        eh bang gue mlu wrge jkarte
        yg mimpin orang kafir

        anek cine ngaji yasin
        ngaji*a stengah ayat
        klo cnta lhir btin
        insya Allah sampe dunia&akhirat

    • masak aer biar mateng
      si tutut pergi kekerincing
      eh lo jgn sok ganteng
      muka lo kaya buntut kucing

  13. seRampang serim ping jambu mateng dalem selampe . .
    ada siapa tu bang dsamping
    tamu ganteng baru nyampe. . hehe

    • ambil penggilesan cuci selampe
      beli nasi uduk di kampung sawa
      klo abang baru sampe
      silakan duduk di bawah

      H.Dhaber and Ramdhani titisan sie pitoeng

  14. eh bang bulan roah jangan di itung-itung
    baca rawi pelan-pelan.
    eh bang aye malu ama almarhummnya bang pitung.
    kalo anak betawi kaga bisa maen pukulan …

  15. selamat pagi pak, foto2 ini komunitas betawi yah pak ? saya butuh aksi pantun nh pak untuk acara saya ‘festival cilincing 2011′. bapak masih menyimpan contact person mereka tdk ? tolong diblz secepatnya yh bapak, nh no Hp saya 085710243878. mohon sekali yah pak bantuanya. makasih

  16. Nah… bisa nitip tanya buat sodaranya yang betawi asli ??

    pertanyaan : Kenapa di betawi, lambang kesetiaan perkawinan diwujudkan dalam bentuk (roti) buaya ??

    imho, buaya (apalagi yang jantan) demennya mah kawin sama betina2 di areanya.. kalo ada penjantan lain pasti akan berantem dulu… tul gak..

    terus secara global, kalo cowok “keong racun” kan sering diistilahkan buaya darat.. :D
    Apa mereka tidak tahu ini atau punya pandangan lain

    hayo.. monggo dijawab tuntas

    • walopun ane bukan orang betawi, tapi ane coba jawab.. :D
      AFAIK, kenapa orang betawi melambangkan kesetiaan dengan buaya, karena buaya (beneran, bukan buaya darat) emang setia..selama hidupnya seekor buaya jantan hanya punya satu pasangan..dan bahkan ketika pasangannya mati, si buaya jantan tidak mencari penggantinya..
      nah, kalo istilah “buaya darat”..katanya berasal dari perilaku dia saat mencari mangsa…semuanya dilahap :mrgreen:
      CMIIW

    • Mas…para sesepuh Betawi memang punya pandangan lain tentang pilosofi buaya tadi, ternyata menurut nenek moyangnya orang Betawi justru buaya itu adalah mahluk yang paling setia terhadap pasangannya. Kadang symbol memang tidak sama artinya untuk masing-masing daerah…

    • karna buaya hidup di dua alam,
      di darat & air…
      yg artinya klo bini kita nati mau di ajak susah mau pun seneng..

  17. Suka rada ngeri kalo nontonnya di paling depan. Keliatan jelas bak bik buk nya. Kuatir yg meragain ngedadak emosi hehehe :-D

  18. Dgn biaya tidak sedikit..hmmm..wah,berarti keluargane wong sugih kabeh kie…. :mrgreen:
    -setset..pasang ajian semplakan maut,buat jaga2..-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s