Kenapa Mesin New Megelli 250 Ngowos?


Kebetulan saya kembali bersua dengan Pak Jasin Jazid, Plant Division PT Minerva Motor Indonesia (MMI) di arena Pekan Raya Jakarta (PRJ), Jumat, pekan lalu. Langsung saya tanyakan penyebab kenapa dua Megelli 250R ngowos, dan satu unit Megelli 250 S (naked) rem belakang ngadat. OK, berikut penjelasan Pak Jasin.

1. Radiator jebol disebabkan klem selang atas radiator lepas. Wah, kok bisa? Menurut Pak Jasin, pemasangan klem yang tidak benar merupakan penyebabnya. “Klemnya miring, kami tidak memeriksa, karena dari asalnya sudah terpasang begitu. Kami hanya merakit,” kata dia.

Kondisi normal reservoir radiator coolant full
Kondisi jebol, reservoir radiator coolant pun tiris :mrgreen:

Lho apa tidak diperiksa oleh QC tanya saya? “Sudah dicek, dan itu menjadi masukan bagi kamiuntuk membuat semacam Pre Delivery Order Inspection (PDI) – semacam cek keseleruhan kualitas sebelum dikirim ke konsumen. Motor yang dites di Sentul memang dibiarkan apa adanya untuk mendapat masukan saat ditest.

Air radiator muncrat hingga ke rear hugger 😦
Air radiator juga nempel di baut as swingarm 😦
Klem selang miring (difoto ketika sudah diperbaiki). Biang keladi radiator bocor. Eh, klemnya kok mirip klem kompor gas? :mrgreen:

Waks! Untung saya alonrider waktu ngetesnya batin saya. :mrgreen:

2. Mesin Ngowos, nggak ada kompresi, langsung mati total di trek lurus Sentul. Penyebabnya, Jasin Jazid menjelaskan, karena setelan klep terlalu rapat. “Jadi ketika panas, klep terkunci, tidak ada kompresi. Setelah disetel ulang di pabrik, mesin kembali normal. Itu juga setelan dari pabrik mesin apa adanya.”

Waw, untung TMC nggak kenapa-napa waktu Si Megelli 250 anyar ini ngowos di straight 😀

3. Rem belakang Megelli 250 naked ngadat. Dijelaskan oleh Pak Jasin, itu karena per pembalik tuas rem pemasangannya tidak benar. “Ini murni kesalahan kami dalam memasang per. Setelah diganti, rem belakang normal lagi.”

Begitu penjelasan Jasin Jazid kepada saya. Bagaimana bro? What do you feel? 😀

*NOTE : foto paling atas nyantol dari TMC saksi perngowosan :mrgreen:

55 pemikiran pada “Kenapa Mesin New Megelli 250 Ngowos?

  1. Motor megelli 250 re dirumah rontok.baru beli sebulan bolak balik dealler puluhan kali. spare part di jamin gak bakal bisa dapet walaupun maksa. mekanik dealer autodidak, nggak profesional, matketing after salesservice yg buruk. Mending jgn beli, udah pasti Rugi. Dijamin. garansi 3 tahun dijamin Turun mesin.

  2. harusnya negara ini bertanggung jawab untuk semua prodak yg masuk indonesia ngak cuman dapet pajaknya saja . . . . lindungi dunk konsumen yang katanya rakyatmu he he he he . . . . . . peace cook ! ! !

  3. negara ini harusnya bertanggung jawab juga untuk semua product yg masuk ke indonesia (prlindungan konsumen), jangan ambil pajaknya doank he he he he . . . . peace cook !!!!

  4. Yg perlu saya tanyakan,kenapa spare part megelli seperti stang seher dijual 1 pacage dengan bandul,apa minerva mau mencari untung sedemikian besar dari konsumen yg notabene mempopulerkan nama produk motor yg dibilang org” adalah motor fashion?????
    Tolong diberikan penjelasan oleh pak jasin……karena saya tidak puas dengan pelayan penyediaan spare part yg ada di Indonesia……..

  5. mas bro…
    numpang liwaattt…
    atpm satu ini lebih serius di pasar indonesia.
    patokannya satu, bangun pabrik di karawang.
    mana atpm lain? wkwkwkk

    numpang jemuran, mas bro
    tvs tormax 70 jam nonstop uji ketahanan di sentul

  6. mas bro…
    numpang liwaattt…
    atpm satu ini lebih serius di pasar indonesia.
    patokannya satu, bangun pabrik di karawang.
    mana atpm lain? wkwkwkk

    numpang jemuran, mas bro
    tvs tormax 70 jam nonstop uji ketahanan di sentul

  7. Saya pakai Megelli 250RE sehari-hari gak ada masalah. Biasanya sih orang cuma liat jeleknya aja. Reasonable price juga produk ini,jangan dibandingin ama merk Jepang yg udah mapan, nggak fair juga namanya.

    1. santai aja kali gan,,
      ane rasa ckup fair kalo dibandingin sama honda
      ,,lha harga cuma beda 5 jt sm cbr 250 ?!?!

  8. MMI emg ibarat bayi yg baru lahir dan lg mencoba buat merangkak, blm waktunya buat belajar lari, apalagi balapan lari ama kakaknya yg dr kawasa**
    salut buat minerva, smg komplain dr produk yg lama g muncul di produk yg baru ini

  9. untung rider nya ga sampe tewas… klo sampe tewas… gimana ceritanya, “mao tes motor apa adanya”… i think, ini pemikiran yg salah besar. klo mao tes apa adanya, mending sewa stuntmaster/kelinci percobaan test bawa sentul seharian nonstop, kondisi apa ada nya. klo dihadapan wartawan, kudu full testing! kecuali memang wartawan, skaligus jadi tester gratis? hehe, eh, sorry just newbie thought. eniwei, salut… berani menjawab pertanyaannya. fair enough…
    tapi ya, semoga ga ada pembeli yg jadi tester gratis lagi, seperti rider megelli gen1. peace…

  10. Yah namanya juga pabrikan baru. Masih harus banyak belajar. Mungkin kalau umurnya sudah selama Tiga pabrikan jepang, baru bisa dipercaya. Lah kalau gitu kenapa Bajaj dan TVS bisa ?

    Kan Bajaj dan TVS, Sudah lama ada di India. Apalagi Bajaj masih full CBU semua, di Indonesia tinggal Check n Recheck. Kalau Minerva baru-baru ini gencar jualan motornya. Berusaha Menghapus image mocinnya, dengan mengeluarkan varian premium(bagi pasar indonesia).

  11. beda banget pas jajal naik Suzuki Titan.gak ada pre delivery apapun. tinggal pastikan bensin ada, tekanan angin di ban cukup,ngacir dehhh…
    puas banget betot nih motor…
    gak ada maksud promo,kenyataan demikian !
    bebek emang lebih unggul !

  12. menurut saya alasan dr pihak minerva sangat klise, sama kaya kejadian wkt test megelli 250R di sirkuit lippo karawaci yg selang intake nya robek.

  13. miris juga ngeliat klemnya . . .
    yang model baut kan ada kayak di pulsar 200. . .
    tapi ada untungnya klem bisa dibeli dimana aja . . . asal ada warung jualan elpiji pasti ada tuh klem :mrgreen:

    keep brotherhood,

    salam,

  14. Minerva kalau ndak mampu jualan montor seprot dagang bebek wae laaaghh…!!!

    jual aja tuh bebek ngowos 5 juta…pasti laku…alamat yang bawa jumpalitan pating krompyang yaa…taim will tell deeeehhh…!!!

    *ketularan juraganrondo*

  15. “…….membuat semacam Pre Delivery Order (PDI)…”

    sing bener sing endi cak, Pre deliv. Order kudune PDO, lha nak PDI = Pre Deliv. Irder..

    😀

  16. Ehm, buat test media aja kayak gini..apalagi produk asli keluaran pabriknya??
    Apa ndak ada uji test ketahanan oleh Intern minerva sendiri?
    Atau jangan2 konsumen yg dijadikan tester..kalau ada komplain baru ditindak lanjuti. Semoga aja ga ada konsumen minerva yg mengalami kejadian yg fatal akibat kerusakan pada komponen yg vital…ngeri kalau remnya ngunci atau mesin ngowos mendadak saat dipakai dikecepatan tinggi..bisa fatal bro!!
    * merk ndak jelas asal usulnya, ndak jelas kualitasnya, cuman punya lisensi doang….

  17. sorry, I don’t buy it. yang namanya barang untuk dipajang apalagi mau dipakai, HARUSNYA sudah dicek semua.
    pake logika aja, kalo kita mau menunjukkan sesuatu kepada orang lain, tentunya sudah kita persiapkan segala sesuatunya.
    mohon maaf kepada minerva, saya kurang respek sejak anda tidak mau memasukkan minerva 150R ke website anda.
    :mrgreen:

  18. itu namanya bunuh diri.. motor untuk keadaan apapun harus perfect. apalagi kalau disuruh Media untuk mentest drive. gue sih nggak percaya.. either kualitas motornya kurang baik, atau kualitas pengetahuan tentang PDI nya 0 besar;

  19. SEAHARUSNYA U/ KLEMNYA DI GANTI YANG MODEL NIPLLE SEPERTI HOSENYA POWER STEERING / HOSE SIRKULASI PUNYA SATRIA FU & PULSAR 200

  20. BTW berarti kemarin test drive, wartawan – blogger diundang bukan untuk merasakan motornya. Tapi berarti kemarin para wartawan u kelinci percobaan?

    Gileeeeh!!!

  21. ibarat bayi, mmi memang bener bener belum rapi internalnya
    pabrikan jepang udah jenggotan masalah QC
    kalau mau bersaing, QC dan after sales harus minimal sama dengan pabrikan jepang

  22. Itu kejadiannya di sirkuit.. Gimana kalo kejadiannya udah di tangan konsumen dan di jalan raya????!!
    Dan kejadian2 rem blakang macet, rem depan gak center, dll.. Gw baca2 udah banyak yang kejadian.. Jangan cuma ngomong ntar QCnya diperketat tapi realisasinya gak ada… Bener2 PR besar buat Minerva..

  23. hmmm PDI-nya untuk alasan :D, seharusnya malah mau ditest itu motor dikondisikan ke performa terbaiknya, biar nanti pemberitaannya positip! :D,klo maslah test motor seharusnya dilakukan tidak oleh kalangan media dan blogger, citra buruk euy!

  24. Pertamax?

    Masa’ QCnya cuma nurut dari sana? Di sini ga dicek ulang..? Setelan klep juga harusnya ada standar, nytelnya pake fuller gitu kan, bukan pake perasaan.. Hmm.. Agak meragukan.. Dari sedikit yg nyentul, udah 3 yg bermasalah..

  25. kok klemnya kaya gitu ya?menyedihkan 😦 padahal motor harganya mahal, mekanik MMI jgn2 belum bisa nyetting itu mesin baru? tapi liat mesinnya bagus juga finishingnya 😀

Tinggalkan Balasan ke gaplek mania Batalkan balasan