Yamaha Xeon 125 Lebih Murah Dibanding Vario CBS Techno, Siapa yang Tersingkir?


Keputusan Yamaha Indonesia yang memasarkan Yamaha Xeon 125 Rp 15,5 juta sudah tepat. Lebih murah dibandingkan Honda Vario CBS Techno yang dilego Rp 15,790 juta.  Tentu, masing-masing punya kelebihan sendiri. Satu-satunya “kesetaraan” kedua skutik itu adalah penggunaan radiator sebagai penstabil suhu mesin.

Dari sisi kubikasi mesin, Yamaha Xeon lebih besar daripada Vario CBS Techno yang 110cc itu. Namun, untuk fitur safety Vario CBS Techno lebih unggul karena menyertakan side stand switch, combi brake, dan parking brake lock. Menurut saya wajar jika Yamaha Indonesia menjual Xeon dengan harga dibawah kompetitor terdekatnya itu.

Tentu soal pilihan tergantung konsumen; apakah senang dengan mesin cc besar berkarakter trengginas, atau lebih mementingkan fitur safety? Nah, pertarungan merebut konsumen inilah yang tampaknya bakal panas. Pasti ada korban dari pertempuran duo gigantis pabrikan motor itu.

Ibarat kata pepatah “Dua gajah bertarung pelanduk mati ditengah-tengah”. Siapa yang jadi pelanduknya? Motor skutik 125 lainkah? :-D

*Only Time Will Tell – Nelson* :mrgreen:

57 responses to “Yamaha Xeon 125 Lebih Murah Dibanding Vario CBS Techno, Siapa yang Tersingkir?

  1. menurut saya vario lebih unggul…..mulai pertamakali muncul langsung dapat tempat di hati………mulai dari fiturnya yang canggih suspensi vario lebih lembut ketimbang generasi mio……..keras banget…..bisa membuat bulu kuduk berdiri….soalnya saya punya vario dan mio….akhirnya yang harus tersingkir mionya……saya carikan tuan baru……dan barusan bulan oktober tahun 2011 saya mencoba membeli motor matik lagi buat ortu saya….sebelumnya saya juga sempat bingung antara vario tecno, xeon,hayate,…….masalah xeon dan hayate sama2 ungul di teknologi mesin walaupun xeon lebih kenceng sedikit dari hayate…..tp sayang xeon masih membawa darah mio…..mulai mesin kasar sampai suspensi dan pelg keras sekali……hayate unggul…..tp akhirnya pilihan jatuh ke vario tecno…….karena cocok, mulai safety riding, mesin halus, body elegan dan futuristik………………

  2. Kalo menurut gw,vario cbs lebi unggul dari pada xeon,selain body nya yang keliatan m0dern,dan ga kalah keren..gw sndri jga pake. .
    Xeon cuma unggul kapasitas mesin aja..
    Safety first. .
    Skarang jalanan it rame,mo ngebut?butuh safety pastinya
    Xeon menurut saya masi butuh pengembangan tekn0l0gi lagi. .

  3. mau motornya apapun itu tergantung pemakaian gan,mmg sih xeon agag boros,tp disitu kita mendapatkan kepuasan berakselerasi,kepuasan menggeber dan gk kalah ma motor2 bebek yg ber CC sama.:P
    ane udh mbuktiin gan klu vario terkenal pas start bunyi mesinnya kyk mesin bleanderan juice,kasar bgt,tp klu xeon halus.

  4. Maaf ya mas mas ku yang baik hati…
    Saya tadi lagi browsing2 info ttg motor matic dan kebetulan jadi masuk di sini…. Kebetulan saya dalam waktu dekat ini berencana membeli motor kelas matic tapi krna baca coment2 mas saya jadi bingung…. Soalnya saya suka motor yang tarikannya kenceng, tapi saya juga suka kalo itu irit, karna sesuain ma kantong mahasiswa yang kuliah jauh dari orang tua… Tapi saya setuju soal keamanan itu emang tergantung pengendara kalo pengendaranya juga ga hati2 n seenaknya dewe naik motor ya bsa kcelakaan juga…. Jadi mohon saran yang baik2 ya dari kalian semua yang tau baik ttg matic ga usah pake otot tapinya hehehee… Plus info dealer motor yang terdekat kampusku di sleman, maguwoharjo, jogjakarta terimakasih :)
    tolong bls atau email saya di nieetaa91@yahoo.com
    sekali lg makasih… :)

  5. Maaf ya mas mas ku yang baik hati…
    Saya tadi lagi browsing2 info ttg motor matic dan kebetulan jadi masuk di sini…. Kebetulan saya dalam waktu dekat ini berencana membeli motor kelas matic tapi krna baca coment2 mas saya jadi bingung…. Soalnya saya suka motor yang tarikannya kenceng, tapi saya juga suka kalo itu irit, karna sesuain ma kantong mahasiswa yang kuliah jauh dari orang tua… Tapi saya setuju soal keamanan itu emang tergantung pengendara kalo pengendaranya juga ga hati2 n seenaknya dewe naik motor ya bsa kcelakaan juga…. Jadi mohon saran yang baik2 ya dari kalian semua yang tau baik ttg matic ga usah pake otot tapinya hehehee… Plus info dealer motor yang terdekat kampusku di sleman, maguwoharjo, jogjakarta terimakasih :)
    tolong bls atau email saya di nieetaa91@yahoo.com
    sekali lg makasih…

  6. Gw dah tetapkan pilihan bwt beli xeon krn faktor bentuk yg sporty. Walaupun gw blom test drive nih motor.
    Sbg orang awam tentang motor dan baru mencoba utk beli motor matic, pertimbangan beli motor cuma satu, gaya.Masalah boros sih tergantung keuangan orang yg mau beli. Kalau xeon dipakai bwt ngojek ya sangat tidak disarankan hehehehe

  7. waduh ngapain pada ribut….. klo mau kelebihannya jgn lupa kekurangannya…. klo mau kenceng ya pasti boros lah…. sama ja kayak cari cewek.. harus brani korban,,,, klo gk ya??????

  8. Udah Biasa pake mio. Mio dipake ditanjakan berbocengan masih lebih unggul dari matic lainnya. bahkan bisa mengalahkan Revo, padahal umurnya udah 3 taon. Apalagi ini yang Xeon. Yamaha memang unggul di Matic.

  9. tp perasaan yg banyk celaka ko Honda ya di jalan,
    yng membesar2kan kan safety riding, jd betul safety tuh gmn rider ama kondisi jalan, bentuk futuristik mesin jadul, kelaut aje

  10. Menurut ak Vario CBS akan mengalami penurunan penjualan?!!Dibeberapa bulan kmaren apalagi bulan2 kedepan,gak beda dengan Vario CW. dan yang tersingkir pasti Merketing Honda,Yamaha,SuZuki,Kawasaki,tau Yang mana Produk nya mulai Jarang dilirik oleh Pecinta Motor Sekutik, Karena Produk terbaru selalu ditunggu oleh Baiker Metik. Yaa Muda2han gak ada yg nyesel udah beli motor sebelumnya, & Skarang ada yg Lebih XCTION,

  11. ane udah beli yamaha techno so far so good lah tarikan juga berasa banget soal boros sih standart aja kalo menurut gw udah ada peningkatan di mesin.

  12. Heran ya, zaman sekarang masih aja mentingin gaya walaupun keselamatan terancam. mendingan pilih yang aman, namun tetap bisa gaya dong.

    • alaaaahhh….omong besar fitur safety lagee nih….
      dimana2 safety riding itu yg berperan besar ya rider dan behavior-nya di jalanan, bukan cuma fitur aja. fitur itu cuma pelengkap.
      situ punya data yg pakai fitur safety angka kecelakaannya lebih rendah?? atau efek kecelakaan lebih ringan???

  13. Yang ini lebih parah lagi nih emosinya, gak ada kasiannya juga sama orang susah, Lo tau enggak, kalau boros yang repot kan orang susah, bukan orang kaya kayak loe.

  14. Kalo ngomongin boros-irit mendingan loe minggir aja deh…………Kalo mau irit jalan kaki aja………gak perlu beli motor n g usah beli bensin…….Boros irit tuh suka2 orang…buktinya masih ada aja yang mau pake jeep/ motor 2 tak…..
    Kesukaan setiap orang beda2 ,irit ada kelebihannya , boros ada kelebihannya … jadi g usah jelek2in …kalo mau beli aja motor yang loe suka……

  15. @vixioner
    Begitu saja kok marah, entar cepat tua, kalau kita sih bilang yang bener aja,emang bangkrut jika beneran boros, lagian kalau emang bener, ya ngaku aja, gak ada yang marah juga.

    • jaman sekarang tu banyak yang haus kepuasan engine mas,, buktinya masih banyak motor standar d rubah2 yar lebih kenceng,, krn mreka pgn kenceng kan, psti boros kn,, bagi mereka ga masalah qlo pas buat kpuasan batin mereka…

  16. kalo di analisa… ternyata masih keren Vario CBS brow..! safety dan modelnya lebih unggul Vario. hahahaha.. Xeon 125 keunggulannya cuma kapasitas mesinnya doang lebih gede.

  17. hmm, kalo mnurut gw cc gede si xeon cuma untuk menutupi akselerasi yang berkurang akibat ngejar efisien BBM, karena ymki pasti udah sebel selalu dikritik motornya motor boros bensin…

    nah siapa yang menipu, siapa yang ketipu dan siapa yang ditipu….lets ask the audience

    • weits, kalo mau yg irit pake vixion bro 1 L : 55 KM….motor honda kalah bro iritnya, tapi kalo buat matik sih ya gitu lah paling beda – beda tipis 3 KM ya masih ok lah.

  18. Kalau gue sih lebih milih yg ada fitur safetynya dong, selain bs gaya, kenyamanan pengendara jg terjaga, jadi wajar kalau harganya lebih mahal sedikit. Apalagi saat ini tingkat kecelakaan sangat tinggi, jadi jelas yg lebih melindungi yg lebih OKE :-)

  19. @kilaubiru emang ada sedan lawas seharga 16,5?hi..3x.Kykx beda harga d jawa sm d jakarta cm beda 200 ribu mas…

      • kalo beda harga saya setuju mas, cuma beda 200-300rb, tapi kalo ‘nyampe’ jogja ya tambahnya 1 juta :mrgreen:

        btw, kok ane serasa jadi admin ya di blog kang nadhi, balesin komentar :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

    • mana mungkin bro, dari dulu harga jogja ama jakarta gak beda jauh, bahkan jogja kadang lebih rendah, 2 bulan awal jupi z dijogja cuma 14,35, sekarang 14,5. Solo masuk area jawa tengah, setau gue sekitar 50-100 rb lebih mahal dari jogja.
      Sooo… jangan bikin isu gak bener deh….

      • hehehehe :mrgreen: salah mengartikan ni bro..
        maksudnya tu kalo saya beli di jakarta trus saya bawa ke jogja, biayanya 1 juta.. bawanya pake pesawat.. wkwkwkwk… :P
        sorry, no offence :D

  20. masing2 punya kelebihan n kekurangan. kalo mau beli tinggal sesuaikan kebutuhan. aku pernah punya matik tanpa seabrek fitur ini itu dan nyatanya fine2 aja….please….ah

    • fine2 aja ya, bisa bicara gitu karna kamu belum punya pengalaman buruk dengan matic, kalau kami udah pernah punya sampai bundas endasmu dijamin kamu bakal beralih ke motor yang lebih safety. kalau komen dipikir dulu, nggak semua orang kayak kamu…

      • hihihihi…menurut saya komen mas good ini kok emosional sekali. safety riding itu nggak cuma dari fitur motornya aja mas…
        safety riding itu ya penekanannya lebih pada rider dan behavior-nya di jalanan.
        mas, saya juga dah bolak balik liat motor dg fitur2 yg dianggap canggih soal safety toh endase bundas (celaka) juga dan bukan karena faktor kendaraan lain lo ya. artinya fitur safety bukan jaminan kalo orangnya ga concern ama safety riding

      • saya juga pernah baca soal rider matic yg nyaris celaka karena bawa anak yg tiba2 tarik gas, sekali lagi itu juga soal kewaspadaan rider yg lebih berperan. sebenarnya dg motor manual juga sama, kalo motor ketika di stater sudah dalam kondisi gigi masuk, kalo ada anak yg tarik gas juga bisa langsung jalan itu motor, bahaya juga kan?

      • shantai mas,,!
        sy punya berbagai motor, dn berganti2 matic ampe skarang, krna sy hoby ngrasain motor yg berbeda,, dan jam terbang sy dah ampe kmana2, mu ngebut mu shantai,, alhdllah aman2 saja, sbener nya kndaraan itu gmn pmakeinya, kndaraan se safety ap jg qlo pemakainy lalai ga hati2 y celaka,!

    • betul gan kalo ga mampu beli ya udah….
      kalo punya duit beli dua2nya baru test.
      awal ane pake matic is mio thn 2005. i think its the best.
      pas ada orang gadein beat ane pake conmfort juga.
      sama2 ada minusnya tuch…..

Tinggalkan Balasan

