Kipas Pendingin Modem USB


Temperatur yang meningkat adalah masalah klasik jika modem 3G/EVDO digunakan dalam jangka waktu lama. Suhu naik, modem menjadi eror, bahkan hang. Perlu direstart atau dicabut dari dudukan USB agar modem kembali normal.

Itu pula yang terjadi dengan modem saya, ZTE MF 622. Setelah dipasang antena wajanbolic melalui colokan antena eksternal yang terhubung melalui pigtail, panas modem meningkat.

Tanya kesana kemari dan gugling sana-sini, akhirnya, Mas Nono Elsabarto (lagi-lagi dia….grrrrhhhh) menunjuk blognya Mas Hadiyanta. Narablog pemanjat tower tipiwan Jogja ini mengalami masalah serupa – modem membara, dan mengatasinya dengan memasang cooler fan laptop.

Modem Mas Hadiyanta diikat pakai tali rafia :mrgreen:

Saya pun meniru caranya. Hanya saja, saya memilih cooler fan untuk netbook yang ukurannya lebih mini. Harganya terjangkau, cukup Rp 25 ribu rupiah. Efeknya signifikan. Modem menjadi adem.

About these ads

30 responses to “Kipas Pendingin Modem USB

  1. panas = kebanyakan download.
    tipsnya kalau udah panas stop dulu downloadnya… (apalagi pake IDM) hehehe…. tapi kebanyakan kok heatsink jaman elektro dulu sudah banyak yang makai yak..?!

  2. Ping-balik: Reuse Kipas Bekas PC utk. Pendingin Modem « Nono Elsa Barto Blog·

  3. Beberapa trik
    1> Kasih Ac aja beres gitu aja kok repot,,,,,,,,
    (lha sing nduwe aja ra makek ac yah)
    2> Kasih Pendingin prosesor, kalau nggal mau banyak setrum, dengan beberapa modifikasi, banyakan kipas brisik.
    3> kasih saya aja kalau bosen
    4> “terima” Kasih kalau dikasih saya

  4. Halah, nyari kemana-mana ketemunya ya di KOBOI maning son
    KOBOI = Komentantor Blog Otomotif Indonesia :)

    Btw itu yang di foto kok ANUnya mas Hadiyanta, digubed-gubed rafia?
    Sing modem gawan M2 kae ANUne sapa mas?
    Lha ANUUne sampean dhewe mana fotonya :lol:

    Btw piye yen pendingine nganggo radiator Vario CBS-e KB wae?
    nek ora golek copotan Kipas Vespa, Kipas Mio, Kipas Beat, Kipas YPCS Yamaha Force 1 apa kipas Jet Cooled Suzuki Tornado :mrgreen:
    Lebih terasa Otomotifnya, jare njenengan wartawankuli koran bagian otomotifpenghijauan

  5. kalo aku pake fan 20″! mantab gan yang didepan kompi juga adem, solna modem cuma nggletek di samping monitor…so yang bikin hang gara2 operhet yak?!

    • Salah satu yang bikin hang sepertinya kepanasan. Seperti motor, kalo overheat ya macet mesinnya. Malah bisa prothol.
      Modemku 5 meter dari PC, pakai kabel USB ekstension.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s