Kawasaki KLX 150S, It’s OK but…


riding position klx vixion

Saya memang belum menjajal light trail anyar Kawasaki ini. Soalnya, saat peluncuran Sabtu (16/5) pekan lalu, saya datang malam hari. Jatah test ride sudah lewat berjam-jam lalu. Namun melihat beberapa KLX 150S terparkir rapi di area test ride, saya langsung  jajal numpak dan foto-foto. Di keremangan malam itu, hasrat saya untuk kembali memiliki sebuah motor trail meluap. Dulu saya saban hari kuliah menggunakan Yamaha DT 100 buatan 1979. Kini Kawasaki menawarkan kerinduan saya akan motor dua alam yang lebih modern.

Namun, malam itu saya mencatat beberapa poin penting yang sepertinya bakal memupus cinta lama akan trail jalan raya yang dipasarkan on the road Jakarta Rp 21,7 juta ini.

ban 16 inci

Pertama, lingkar roda depan dan belakang terlalu kecil – motor terlihat “mini” – dibanding tinggi badan saya yang 171 cm.  Roda depan 19 inci, belakang 16 inci, terlihat terlalu pendek untuk motor trail. Kaki memang menapak sempurna di aspal, bahkan lutut sedikit tertekuk. Sebenarnya posisi ini aman bagi rider, karena kedua kaki sempurna menjejak tanah.

las kurang rapi (3)

Kalau untuk boncengan sepertinya wagu ya?

Kedua, terkait diameter ban belakang yang 16 inci itu, rasanya agak sulit untuk mengganti ke ukuran lebih besar (18 inci belakang dan 21 inci depan – seperti Suzuki TS 125). Sebab jarak antara ban dan swing arm sudah mepet. Saya tidak tahu apakah swing arm itu bisa juga diaplikasi pelek lebar 3,5 inci untuk ban aspal tapak lebar (supermoto style).

ban 16 inci (1)

Ketiga, panel indikator spidometer terlalu simple. Bahkan saking sederhananya, indikator bahan bakar tidak ada. Ini akan merepotkan sang rider. Apalagi kapasitas tangki KLX 150S hanya cukup untuk 5 liter bensin. Pengendara harus sering mengintip tangki untuk memastikan  kondisi bensin. Solusi soal ini mungkin memasang fuel meter after market. Bisakah?

panel indikator minim

Keempat, las bodi kok terlihat kurang rapi. Terutama rangka depan tempat klakson dan braket cover tangki.

las kurang rapi (1)

las kurang rapi

Kelima, spion jadul amat. Kaya kue apem. Ataukah itu spion model raket tenis? Mungkin jika disubtitusi menggunakan spion produk AHM yang serba runcing itu akan lebih trendy.

spion raket

Bagaimana pendapat Anda?

About these ads

75 responses to “Kawasaki KLX 150S, It’s OK but…

  1. JUAL KAWASAKI KLX 150 S th. 09 KM. 3700 STANDARD LENGKAP
    POSISI DI MENTENG. HARGA 19 JT NEGO.

    CP. 0819 787 1401

  2. @Bayu KX
    jgn2 anak kasku* yach
    join donk di forum KLX

    udah banyak yang custom, + kumpul bareng, main motor cross bareng,
    off road bareng

  3. kalo buat adventur gimana tuh?klo depan 20 belakang 17 bisa ga?arm belakang apa ada yg jual yg lebih lebar,,pake apa?

  4. Hehehe… inilah Indonesia ! selalu dibodohi sama luar negeri, sebenernya kawasaki KLX150 ini adalah produk grade 2 ato istilahnya surtiran dari KLX140 yg di pasarkan di USA dan yg lainnya, nah gimana ?

  5. Kebetulan aku kerjakan sendiri KLX 150. spek spt Super Moto pake pelek TDR Ushape 2.5″ 17 Ban Depan 110/170 dan Blk 130/70 Battlax BT 45. Knalpot Zoxx Thailand, Hand Guard ZETA, Engine Guard Nojikawa, Gir Zdepan 13 Mata Kaze, CDI BRT Dual Band. Sticker body SSR, Stang AHRS.

    Kalo dealer di Jakarta belum ada ya, paling bengkel khusus Trail seperti Chaos Custom (Lerry) di Pancoran atau Robby Steam di Kelapa Dua, Jak Bar.
    Ini kalo mau lihat photo KLX yang kupakai sehari-hari.

    Harga Upside down second untuk KX 85/YZ 85 sekitar 8.5 jt. barunya sekitar 17 jt. kalo made in Taiwan/Thailand paling banter 3 jutaan.

  6. @Bro Bayu KX : Bengkel yang sanggup ngerjain klx ada dimana yah? (Jakarta only)
    sekalian nanya belanja part racingnya dimana? and harga up side down KX 85 berape ye kire2.. thax’s

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s